Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Volkswagen.

Ilustrasi Volkswagen.

Volkswagen Suntikkan 15 M Euro ke Pasar Mobil Listrik Tiongkok

Selasa, 29 September 2020 | 07:42 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

FRANKFURT AM MAIN, investor.id – Raksasa produsen mobil Jerman, Volkswagen (VW), mengumumkan suntikan belanja baru senilai 15 miliar euro (US$ 17,5 miliar) ke pasar kendaraan listrik (electric vehicles/EV) Tiongkok yang memiliki potensi besar.

Produsen mobil tersebut menggantungkan harapan pada masa depan kendaraan listrik yang semakin tinggi di mana Tiongkok berada di garis depan sebagai basis pelanggan dan pusat manfaktur.

Pemerintah Tiongkok pun telah menargetkan penerapan 25% mobil hemat energi pada 2025.

Komitmen Volkswagen – yang dibuat dengan tiga usaha patungannya di Tiongkok – melihat bahwa perusahaan itu melipatgandakan produksi kendaraan listrik, dan infrastruktur terkait antara 2020 dan 2024, sehingga menjadikan total investasi di sektor ini hampir 40 miliar euro.

Tiongkok sendiri menyumbang sekitar 40% dari penjualan mobil yang berbasis di Wolfsburg, dan telah menjadi pasar mobil terbesar di dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Ada pun grup stabil dari 12 merek ini, termasuk nama-nama seperti Porsche dan Audi.

“Lima belas model di seluruh merek grup akan diproduksi secara lokal di Tiongkok pada 2025, dan 35% dari portofolio produknya di negara itu akan menjadi model-model kendaraan berbahan bakar listrik,” demikian menurut pernyataan Volkswagen, Senin (28/9), yang dikutip dari AFP.

Pada awal bulan ini, Presiden Xi Jinping berjanji bahwa Tiongkok akan menjadi negara karbon netral pada 2060. Dia juga berjanji mencapai puncak emisi pada 2030.

Produksi di dua fasilitas khusus “MEB” yang berlokasi di Tiongkok akan dimulai bulan depan. MEB, adalah sebuah platform bertenaga baterai yang membentuk dasar untuk berbagai macam kendaraan -

Sebagai informasi, kndaraan energi baru yang diproduksi secara lokal di Tiongkok bakal dilengkapi dengan baterai dari pemasok Tiongkok, yakni CATL mulai tahun ini.

Namun, masih ada pertanyaan yang menggantung seputar mahalnya kendaraan listrik di sebagian besar negara mengingat jenis kendaraan tersebut akan membutuhkan investasi besar dalam mendirikan pos-pos pengisian daya, serta mengalihkan para pembeli dari kendaraan-kendaraan berbahan bakar minyak (BBM). 


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN