Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pejalan kaki melintas di depan Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS. Foto: Spencer Platt / Getty Images / AFP

Pejalan kaki melintas di depan Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS. Foto: Spencer Platt / Getty Images / AFP

Wall Street Menguat Ditopang Reli Saham Teknologi

Sabtu, 1 Agustus 2020 | 05:52 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id – Mengakhiri pekan terakhir Juli, indeks saham utama Wall Street menguat karena ditopang oleh reli saham tekonologi. Saham Apple melonjak 10% menyusul pengumuman perusahaan itu akan melakukan stock split (pemecahan saham).

Pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), Dow Jones Industrial Average naik 114,67 poin atau 0,4% menjadi 26.428,32. Indeks S&P 500 naik 0,7% atau 24,90 poin menjadi 3,271.12, sementara Nasdaq Composite naik 1,4% atau 157,46 poin menjadi 10,745,27, dipimpin oleh lonjakan saham Apple.

Saham perusahaan teknologi terbesar dan pemimpin pasar, seperti Amazon, Apple dan Facebook, melonjak setelah membukukan hasil kuartalan yang menggembirakan. Rata-rata saham utama juga membungkus bulan Juli dengan keuntungan yang solid dan membukukan bulan keempat berturut-turut yang positif. S&P 500 naik 5,5% pada Juli, sementara Dow dan Nasdaq Composite masing-masing naik 2,3% dan 6,8%.

Meski demikian ada sejumlah faktor yang membebani pasar:

1. Tunjangan pengangguran darurat akan berakhir Jumat dan Kongres dan Gedung Putih belum mencapai suatu kesepakatan. Kepala staf Gedung Putih Mark Meadows mengatakan para pemimpin Demokrat menolak empat penawaran mengenai RUU bantuan coronavirus.

2. Komponen Dow, Chevron turun 2,7% setelah raksasa minyak itu melaporkan kerugian $ 8,3 miliar pada kuartal kedua karena pandemi itu yang menggerus permintaan .

3. Sentimen konsumen memburuk bulan ini di tengah kebangkitan kasus coronavirus baru. Indeks sentimen konsumen Universitas Michigan berada di 72,5 untuk Juli, turun dari 78,1 Juni dan di bawah perkiraan Dow Jones 72,7.

4. Saham yang terkait dengan pemulihan ekonomi seperti bank dan pengecer rata-rata diperdagangkan lebih rendah karena investor menilai kontraksi PDB AS sangat besar, yakni 32,9% dan pertumbuhan pekerjaan yang terus-menerus lemah. Namun, bank investasi, JPMorgan dan Home Depot,diperdagangkan dalam zona positif.

Big Tech

Apple melaporkan hasil kuartal yang menggembirkan sehingga sahamnya naik 10,4%, rekor tertinggi baru sepanjang masa. Perusahaan mengatakan keseluruhan penjualannya meningkat 11%, dan juga mengumumkan pemecahan saham 4-untuk-1. Dengan reli hari Jumat, Apple mengambil alih Saudi Aramco untuk menjadi perusahaan paling berharga di dunia. Amazon melonjak 3,7% ketika menyusul laporan penjualan yang meroket selama pandemi coronavirus.

Saham Facebook menguat lebih dari 7% karena raksasa media sosial itu membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 11% bahkan di tengah perlambatan pandemi coronavirus.

Google-parent Alphabet juga memposting pendapatan yang lebih baik dari yang diperkirakan, tetapi pendapatan keseluruhan perusahaan menurun untuk pertama kalinya dalam sejarahnya. Pendapatan untuk Google Cloud juga tepat di bawah ekspektasi analis. Saham alfabet turun lebih dari 3% pada hari Jumat.

Big Tech telah menjadi pendukung di Wall Street tahun ini. Amazon dan Apple masing-masing naik 71% dan 44%, pada tahun 2020. Facebook dan Alphabet telah naik dua digit selama periode waktu itu.

Sementara itu, investor terus berduyun-duyun ke aset safe-haven di tengah ketidakpastian tentang pemulihan ekonomi. Emas berjangka melonjak ke tertinggi sepanjang masa dari $ 2.005,4 per ounce pada hari Jumat, melewati $ 2.000 untuk pertama kalinya.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : CNBC.com

BAGIKAN