Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi: Wall Streeters Rayakan Kemenangan Biden. Foto:yahoo.com

Ilustrasi: Wall Streeters Rayakan Kemenangan Biden. Foto:yahoo.com

Wall Street Reli Sambut Pengesahan Biden

Jumat, 8 Januari 2021 | 06:10 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id – Saham AS di bursa Wall Street reli dengan tiga indeks utama menguat ke level tertinggi sepanjang masa pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB). Pasar menyambut pengesahan presiden terpilih Joe Biden, dan mengabaikan kerusuhan yang terjadi di Washington

Nasdaq Composite memimpin kenaikan, melonjak 2,6% menjadi 13.067,48 yang ditopang saham Microsoft dan Alphabet masing-masing menguat 2%, dan Apple melesat 3,4%. Dow Jones Industrial Average naik 211,73 poin, atau 0,7%, menjadi 31.041,13, sedangkan S&P 500 naik 1,5% menjadi 3.803,79.

Nasdaq untuk pertama kalinya ditutup di atas 13.000. Ini juga pertama kalinya Dow dan S&P 500 mengakhiri perdagangan masing-masing di atas 31.000 dan 3.800.

Walgreens Boots Alliance naik 5,2% memimpin kenaikan Dow didukung hasil kuartalan mencatatkan pendapatan lebih baik dari perkiraan. Saham JPMorgan Chase menguat 3,3% setelah seorang analis di Bank of America menaikkan rekomendasi menjadi beli dari netral. Adapun sektor teknologi dan kebijakan konsumen masing-masing naik 2,7% dan 1,8%, mengangkat S&P 500.

Pada Rabu (7/1/2021), perusuh pro-Trump menyerbu Capitol AS ketika anggota parlemen memulai proses prosedural penghitungan suara Electoral College dan secara resmi mengumumkan kemenangan Biden.

Meskipun demikian, Dow dan S&P 500 ditutup menguat karena para investor mengesampingkan insiden tersebut di tengah meningkatnya prospek stimulus fiskal.

“Pasar tidak peduli dengan apa yang terjadi di Ibu kota (pada Rabu), betapapun itu mengganggu, memalukan, dan memalukan,” kata Kepala Investasi Bleakley Advisory Group., Peter Boockvar. “Itu karena tidak ada hubungannya dengan arah ekonomi, pendapatan, dan tingkat suku bunga. Sesederhana itu."

Kongres bertemu kembali untuk melanjutkan proses pengesahan kemenangan Biden Rabu malam setelah gedung Capitol diamankan. Penegasan itu terjadi Kamis pagi setelah DPR dan Senat menolak upaya penerimaan suara Electoral College dari Arizona dan Pennsylvania.

Setelah Kongres mengesahkan Biden, Presiden Donald Trump dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa akan ada transisi damai pada 20 Januari.

“Saya pikir alasan pasar adalah itu tidak akan mengubah transisi kekuasaan,” kata salah satu pendiri Fundstrat Global Advisors, Tom Lee.

Stimulus

Investor fokus pada kemungkinan bantuan fiskal tambahan setelah partai Demokrat menguasai kendali di Senat.

NBC News pada Rabu sore memproyeksikan bahwa Jon Ossoff dari Demokrat mengalahkan Republikan David Perdue dalam salah satu dari dua pemilihan putaran kedua di Georgia. Sebelumnya pada hari itu, NBC memproyeksikan Raphael Warnock asal Demokrat mengalahkan Senator Republik Kelly Loeffler dalam putaran kedua di Georgia.

Hasil Pemilu Georgia membuat posisi Senat 50-50 yang akan dikontrol oleh Demokrat. Dengan Senat dikuasai Demokrat akan mendorong paket stimulus lebih besar seingga memberi sentimen positif pada bursa saham Rabu, terutama saham yang paling terpukul selama pandemi Covid-19.

Di sisi data, klaim pengangguran awal mencapai 787.000 untuk pekan yang berakhir 31 Desember, kata Departemen Tenaga Kerja. Ekonom yang disurvei Dow Jones sebesar 815.000.

Sentimen di Wall Street juga mendapat dorongan setelah Institute for Supply Management mengatakan indeks aktivitas nonmanufaktur di AS naik menjadi 57,2 pada Desember dari 55,9 pada November. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan 54,5.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : CNBC.com

BAGIKAN