Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peter Molloy, presiden direktur  BP  AKR Fuels Retail. (foto: Investor Daily/Emral)

Peter Molloy, presiden direktur BP AKR Fuels Retail. (foto: Investor Daily/Emral)

PETER MOLLOY, PRESIDEN DIREKTUR BP AKR FUELS RETAIL

Hidup Hanya Bisa Dinikmati Orang yang Tak Pernah Menyerah

Senin, 23 Desember 2019 | 21:00 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Kebahagiaan seseorang ternyata bertali-temali langsung dengan perjalanan kariernya. Maka jika ingin menjalani kehidupan yang berbahagia, pilihlah karier yang bisa dinikmati dan sesuai panggilan hati.

Namun, karier dan kehidupan hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang tidak pernah menyerah pada kegagalan dan selalu berupaya untuk melakukan hal terbaik.

“Jadi, lakukan yang terbaik, jangan pernah menyerah pada apa pun sampai Anda melihat kemampuan terbaik Anda,” kata Peter Molloy kepada wartawati Investor Daily Happy Amanda Amalia di Jakarta, baru-baru ini.

Bagi presiden direktur BP AKR Fuels Retail ini, kegagalan merupakan hal yang wajar dalam hidup. Bahkan semua orang pernah gagal. Yang perlu dilakukan adalah bagaimana agar kegagalan itu tidak terulang.

“Anda bisa belajar dari kegagalan. Coba lagi, dengan cara yang berbeda. Kalau tidak pernah mengalami kegagalan, mungkin Anda belum mendorong diri Anda lebih keras sampai mana batasan Anda,” ujar pria kelahiran Yorkshire, Inggris Raya, 2 Januari 1963 tersebut.

Ayah dua putri ini selalu menekankan pentingnya semua orang untuk mencoba menikmati hidup. Jika seseorang tidak bisa menikmati hidup, ia sesungguhnya telah merugikan diri sendiri dan mungkin merugikan orang-orang di sekitarnya.

“Siapa sih yang mau ada di sekitar orang-orang yang menyedihkan? Pasti Anda ingin berada di antara orang-orang yang bahagia. Untuk bisa menikmati hidup, Anda harus memilih sebuah karier yang bisa Anda nikmati,” papar Peter Molloy, yang sudah tiga dekade berkarier di perusahaan minyak ternama asal Inggris, BP. Berikut petikan lengkapnya:

Bisa cerita perjalanan karier Anda di BP?

Setelah lulus kuliah dari jurusan geologi, saya bekerja sebagai geophysicist (ahli geologi) selama empat tahun. Sebagai seorang ahli geofisika di bisnis upstream, tugas saya adalah mencari minyak.

Tetapi selama menjalaninya, saya tidak terlalu menyukai bekerja di rig, offshore, di kapal pasokan, maupun kapal eksplorasi. Saya merasa sendirian, itu adalah kehidupan yang aneh bagi saya. Akhirnya saya bergabung dengan BP.

Apa yang membuat Anda betah di BP?

Bukan sekadar bisa jalan-jalan semata, tetapi banyak hal untuk dikerjakan. Saya sudah cukup beruntung bisa memiliki peran istimewa di perusahaan besar dengan 18 ribu karyawan yang beroperasi di hampir 70 negara.

BP menawarkan kesempatan fantastis. Di BP, Anda bisa menjadi apa pun dengan beragam pekerjaan, mulai dari keuangan, akuntan, linguistik, engineers, geologis, sampai bermacam-macam manajer. Di dalam organisasi seperti itu akan selalu ada suksesi bagi mereka yang sangat menginginkan, dan mengembangkan rencana yang bisa Anda pilih.

Di BP, saya juga baru menyadari bahwa pada awal karier, sepertinya saya sangat baik dalam mengatur orang dan saya dapat mengeluarkan sisi terbaik dari seseorang. Di samping itu, BP tidak begitu saja memberikan Anda pekerjaan dan menempatkan Anda di peran tertentu, jika Anda tidak memiliki rekam jejak yang baik.

Oleh karena itu, Anda harus mencapainya. Saya merasa bersyukur dapat melakukannya, tetapi itu juga karena didorong terutama oleh tim saya. Saya dapat memotivasi tim untuk meraih hasil.

Hal yang paling menarik dari BP?

Saya kira hal paling menarik bekerja di BP adalah orang-orang di dalamnya. Di sana, Anda akan temukan banyak perbedaan, mulai dari latar belakang orang-orangnya, tidak adanya batasan soal gender, ada keberagaman, sangat adil, dan hak karyawan sangat terorganisasi.

Setiap mendapat peran baru, saya selalu melakukan pekerjaan yang benar-benar berbeda. Seperti saat bekerja di Mozambiq, Afrika Selatan, pekerjaan yang saya lakukan benar-benar berbeda. Kemudian saat bekerja di Indonesia, pekerjaannya pun berbeda dengan kondisi sekitar yang juga berbeda. Jadi, setiap pindah ke tempat lain, saya seperti melakukan pekerjaan baru.

Yang paling berkesan dari Indonesia?

Hal pertama adalah dari sisi geologisnya. Ini negara yang yang indah, menakjubkan, karena ada hutan, pegunungan, dan keberagaman geografisnya yang fantastis. Indonesia adalah negeri yang sangat original, masyarakatnya sangat ramah, dan makanannya juga fantastis.

Jakarta memang kota yang sibuk, panas, dan penuh kemacetan. Tetapi itu semua tidak mengganggu apa yang saya lihat tentang Indonesia. Ini adalah tempat yang hebat dan saya sangat menikmatinya. Di sini ada restoran bagus, makanannya enak, dan Anda punya bioskop terbaik di dunia dengan harga yang masuk akal. Jadi, ini sangat menyenangkan.

Bisa dijelaskan apa itu BP AKR Fuels Retail?

BP pada 5 April 2017 menandatangani pembentukan perusahaan patungan (joint venture) dengan PT AKR Corporindo Tbk. Kami membentuk PT Aneka Petroindo Raya, dengan bendera BP AKR Fuels Retail.

Joint venture ini bertujuan mengembangkan dan menawarkan pengalaman berbeda pada konsumen dengan memanfaatkan kemampuan serta keahlian BP dan AKR di pasar ritel yang sedang berkembang di Indonesia.

Alasan BP bermitra dengan AKR?

BP tidak sekadar memilih AKR, begitu juga sebaliknya dengan AKR. Dari sudut pandang BP, kami menyukai pasar Indonesia karena memiliki pertumbuhan ekonomi yang stabil. Pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) Indonesia selama 10 tahun terakhir stabil di atas 5% dan outlook-nya terus memperlihatkan kemajuan. Kami meyakini golongan kelas menengah di Indonesia terus bertumbuh. Jumlah mereka akan naik dua kali lipat pada 2030 dibanding saat ini sekitar 70-75 juta.

Ditambah lagi dari sudut pandang bahan bakar minyak (BBM), Indonesia masih kekurangan SPBU. Sebagai perbandingan, di Indonesia kira-kira ada 7.000 SPBU yang melayani 260 juta orang. Nah, di Inggris ada 8.000 SPBU yang melayani 69 juta penduduk.

Kenapa kami memilih AKR? Karena BP senang menjalin kemitraan. Dalam filosofi ritel, semua pasar beroperasi dengan menjalin kemitraan karena hal itu mendorong penambahan keahlian yang tidak kami miliki. Misalnya di Inggris, SPBU BP bermitra dengan merek premium, M&S. Di Afrika Selatan, BP bermitra dengan convenient store terbesar, Pick n Pay. Keseimbangan itu sangat menguntungkan.

Filosofi ini kami terapkan juga untuk Indonesia. SPBU kami menghadirkan BBM berkualitas untuk Indonesia. Kami bermitra dengan AKR, karena mereka mempunyai layanan distribusi, logistik, dan kemampuan penyimpanan yang baik. AKR juga perusahaan dengan reputasi baik selama 59 tahun berada di Indonesia.

Kemitraan BP dan AKR hanya sebatas SPBU?

Kami juga mencoba memperluas tawaran berkualitas kami. BP menawarkan bahan bakar berkualitas, BP fuel active technology. Selain itu, kami telah bermitra dengan Alfamart sebagai the biggest convenient retail dengan reputasi yang baik. Kami pun bermitra dengan Kopi Tuku dan Kopi Kenangan. Selain itu, BP menghadirkan pelumas berkualitas, Castrol. Kami memiliki mitra lokal untuk mengoperasikan Castrol Bike Point.

Target ke depan?

Untuk jangka pendek, kami sudah punya 13 SPBU yang beroperasi sepenuhnya, dan masih ada dua SPBU lagi yang sedang dibangun. Pada Januari dan Maret tahun depan, kami akan membuka lagi SPBU. Dalam jangka pendek atau dalam dua tahun ke depan, kami akan membuka 30 SPBU. Sedangkan dalam jangka panjang, kami akan mengoperasikan dan memasok sekitar 350 SPBU dalam 10 tahun mendatang.

Strategi Anda untuk mencapai target?

Pertama, kami ingin membangun merek kami di wilayah-wilayah Indonesia. Hal pertama yang kami lakukan adalah mengantarkan merek BP ke Jakarta dan Surabaya. Kami juga ingin mengoperasikan SPBU company owned company operated (COCO). Namun, kami juga mengembangkan tawaran dealer owned dealer operated (DODO), yang sebenarnya kami sudah tandatangan kesepakatan dengan dealer pertama kami tahun ini.

BP juga akan mendukung mobil listrik di Indonesia?

Begitu pemerintah punya rencana soal kendaraan listrik, kami bisa langsung mengimplementasikannya. Itu karena di Inggris, kami telah memiliki infrastruktur electrical fast charging terbesar. Dalam hal ini, kami sudah melakukan joint venture besar di Tiongkok karena Tiongkok sangat progresif mengembangkan kendaraan listrik. Begitu pasarnya sudah siap, BP pasti siap.

Anda tipe pemimpin seperti apa?

Saya tipe pemimpin yang mengandalkan dan mempercayai kinerja tim. Saya berharap dapat mendorong tim saya untuk memiliki motivasi tinggi dalam memberi yang terbaik bagi perusahaan. Saya sangat berharap saya bukan pemimpin diktator.

Hal terbaik yang Anda rasakan selama bekerja di BP?

Yang membuat saya benar-benar bangga adalah ketika melihat wajah-wajah tim saya saat kami membuka SPBU baru. Mereka begitu bersemangat, mereka sangat senang karena telah berkontribusi. Kalau mundur ke belakang, ketika melihat foto-foto, membaca beritanya di surat kabar, itu bisa memberikan rasa bangga bagi saya.

Obsesi karier Anda?

Sejujurnya, saya senang berada di sini karena ada pekerjaan yang saya lakukan. Mungkin peran ini adalah yang paling menarik dan menantang dalam 30 tahun perjalanan karier saya. Untuk dua tahun mendatang saya pasti ada di sini. Dalam lima tahun mendatang, saya pun masih ingin berpikir untuk berada di sini. Saya sangat beruntung berada di sini.

Siapa tokoh yang menginspirasi Anda?

Idola saya sesungguhnya adalah kedua putri saya. Saya sangat bangga kepada mereka. Apa pun yang mereka lakukan adalah refleksi dari diri saya sendiri. Jika mereka adalah penjelmaan diri saya maka mereka telah melakukan pekerjaan yang hebat.

Filosofi hidup Anda?

Kita semua harus mencoba untuk menikmati hidup. Jika tidak bisa menikmati hidup, Anda telah merugikan diri sendiri dan mungkin merugikan orang-orang di sekitar Anda. Siapa sih yang mau ada di sekitar orang-orang yang menyedihkan, pasti Anda ingin berada di antara orang-orang yang bahagia. Untuk bisa menikmati hidup, Anda harus memilih sebuah karier yang bisa Anda nikmati.

Jadi, filosofi hidup saya adalah lakukan yang terbaik, jangan pernah menyerah pada apa pun sampai Anda melihat kemampuan terbaik Anda. Tidak masalah jika Anda gagal karena kegagalan adalah hal yang wajar dalam hidup. Kita semua pernah gagal, dan kita tidak perlu melihatnya lagi. Anda bisa belajar dari kegagalan dan mencobanya lebih baik di lain waktu.

Cara Anda bangkit dari kegagalan?

Jangan takut gagal. Kalau tidak pernah mengalami kegagalan, mungkin Anda belum mendorong diri Anda lebih keras sampai mana batasan Anda. Kegagalan adalah hal yang wajar dan belajarlah dari kegagalan, jangan mengulanginya.

Saya mengalami kegagalan berkali-kali dalam banyak hal, tapi jangan sampai itu membuat saya menyerah. Coba lagi, dengan cara berbeda.

Bagaimana Anda melihat hidup ini?

Saya senang tantangannya, saya senang dengan kenyataan bahwa saya bekerja dan tinggal di tempat dengan kebudayaan berbeda. Saya senang dengan kenyataan bahwa saya berharap bisa membawa sesuatu yang berbeda ke Indonesia melalui merek bahan bakar dan tawaran yang kami ajukan.

Saya suka dengan kenyataan bahwa dalam beberapa hal, saya mempekerjakan orang-orang yang yakin bisa diandalkan, sehingga saya merasa bertanggung jawab kepada mereka. Saya suka dengan kerja dan etika tim ini, sampai-sampai saya merasa kami sudah seperti keluarga.

 

Biodata

Nama Lengkap : Peter Molloy.

Tempat/tanggal lahir : Yorkshire, Inggris Raya, 2 Januari 1963.

Status : Menikah, dua putri.

Pendidikan:

University of Manchester, UK. Honour Degress in Geology.

Karier:

Oktober 2017 - sekarang: Presiden Direktur BP AKR Fuels.

2013 - 2017: BP National Retail Manager South Africa & Mozambique.

2006 - 2013: BP UK FVC Dealer Sales and Fuel Card Manager.

2000 - 2005: BP Retail Program Manager and Marketing Analyst.

1996 - 1999: BP Retail District Manager.

1989 - 1995: BP Territory Retail Portugal.

1985 - 1989: Ahli geofisika Amerika Serikat (AS).

 

Baca juga: Menonton Film Bersama Keluarga

 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN