Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Co-CEO dan Co-Founder Xangle, Junwoo James Kim.

Co-CEO dan Co-Founder Xangle, Junwoo James Kim.

Junwoo James Kim, Co-CEO dan Co-Founder Xangle

Kesuksesan Hanya Milik Orang-orang yang Mau Berkolaborasi

Rabu, 19 Mei 2021 | 11:35 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

Kejujuran, integritas, keaslian (orisinalitas), ketekunan, dan ambisi. Lima hal itulah yang selalu dipegang teguh Co-Chief Executive Officer (CEO) dan Co-Founder Xangle, Junwoo James Kim, baik dalam berkarier maupun dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Berkat lima hal itu pula, Junwoo sukses menakhodai Xangle, perusahaan auditor aset (rating) dan penyedia konten keterbukaan yang telah mampu membangun aliansi global dengan lebih dari 60 bursa papan atas dan bekerja dengan lebih dari 700 proyek aset kripto (cryptocurrency) yang menggunakan Xangle sebagai IR management tool mereka.

Di luar kejujuran, integritas, orisinalitas, ketekunan, dan ambisi, Junwoo James Kim percaya bahwa kolaborasi merupakan elemen yang sangat vital dalam mencapai kesuksesan. Sebab pada hakikatnya, seseorang yang bekerja secara individual (lone wolf) hampir tidak pernah mencapai semua tujuan mereka.

“Itulah sebabnya seorang siswa membutuhkan masukan dari instruktur dan teman sekelasnya untuk menuju peningkatan diri dan aktualisasi diri. Trader dan developer di industri cryptocurrency pun harus berkolaborasi, baik secara langsung atau tidak langsung, dengan pihak lain,” papar dia.

Junwoo memandang karyawan sebagai bagian yang sangat sentral dalam perusahaan. Mereka turut menentukan kemajuan perusahaan. “Karyawan kami adalah jantung dari operasi kami. Xangle menjadi maju berkat kontribusi mereka,” tegas dia.

Junwoo tak bisa dipisahkan dengan industri aset kripto. Selain sebagai praktisi, pria asal Korea Selatan itu juga seorang akademisi di bidang tersebut. Junwoo mengajar kursus satu semester penuh tentang blockchain dan teknologi inovatif di Sekolah Bisnis Universitas Yonsei, Korea Selatan sebagai adjunct professor (profesor ajun).

Berikut penuturan lengkap Junwoo James Kim kepada wartawan Investor Daily, Imam Suhartadi di Jakarta, baru-baru ini.

Bisa dijelaskan apa itu Xangle?

Xangle berdiri pada 2018 di tengah masih terjadinya kesenjangan antara teknologi canggih seperti blockchain, aset digital, dengan kurangnya infrastruktur dan sistem yang mendukung potensi pertumbuhan dan pengadopsiannya.

Saat itu, bahkan hingga kini, masih banyak ditemui adanya disinformasi dan ketidakseragaman informasi dalam melakukan uji kelayakan dan penyesuaian dengan perkembangan terbaru terkait proyek atau token yang didanai oleh kripto.

Kami yakin disclosure system atau sistem keterbukaan akan membantu memecahkan masalah ini. Terlebih lagi sistem tersebut sudah teruji dalam pertarungan di bidang keuangan tradisional selama lebih dari satu abad.

Sejak awal 1900-an, perusahaan publik di Amerika Serikat (AS) telah diminta menyerahkan kesepakatan bisnis dan keuangan terbaru mereka kepada regulator keuangan terkait. Sistem ini akhirnya berkembang untuk mencakup semua jenis pembaruan mengenai perusahaan dan kemudian tersedia secara terbuka bagi setiap investor pasar saham.

Sistem tersebut secara efektif menyelesaikan ketidakseragaman informasi yang telah merugikan investor dan memungkinkan untuk melacak masing-masing perusahaan dan perkembangan mereka. Seiring berjalannya waktu, praktik ini telah diadopsi oleh banyak negara di seluruh dunia.

Ada makna simbolis pada nama Xangle?

Nama Xangle berasal dari X-angle (cross-angle) yang berarti menghubungkan sudut pandang berbeda untuk memahami blockchain dan potensinya. Menurut kami ini penting karena masih begitu banyak orang yang melakukan pendekatan terhadap pergeseran paradigma baru tersebut dengan satu pandangan tunggal dari sisi teknologi, bisnis, atau investasi. Dibutuhkan kombinasi dari semua perspektif. Untuk merespons hal itu, kami punya Xangle Disclosure Platform.

Apa aspek Xangle Disclosure Platform yang perlu diketahui oleh investor kripto, bursa aset digital, dan yang lainnya?

Xangle Disclosure Platform telah menggunakan sistem keterbukaan di dunia finansial tradisional yang ada dan mengadopsi jenis keterbukaan khusus kripto dalam ranah aset digital. Hal itu dimulai dari pengumuman perjanjian kemitraan hingga pembuatan atau pertukaran token dan keputusan tata kelola, siapa saja dapat mengetahui apa yang terjadi dengan proyek kripto tertentu dan aset digitalnya.

Keterbukaan dikirimkan langsung oleh masing-masing tim proyek, ditinjau dan diperiksa faktanya, kemudian tersedia melalui platform kami, aplikasi mobile, mitra bursa, dan lembaga-lembaga lain yang menggunakan application programming interface (API) data kami.

Platform ini juga menyediakan informasi profil, termasuk detail perusahaan, kepemimpinan, dan ekonomi token, yang membantu para investor dan bursa memahami proyek secara lebih baik.

Kami pun menerbitkan Xangle Credibility Ratings, layanan rating (pemeringkatan atau penilaian) aset digital gratis berdasarkan ulasan komprehensif atas kesepakatan bisnis dan tindakan historis tim proyek. Banyak proyek mengirimkan informasi pribadi mereka, termasuk laporan keuangan kepada kami untuk proses rating ini. Sebab, pelaku dan kompetitor jahat dapat menyalahgunakan informasi ini.

Xangle bertindak sebagai entitas terpercaya untuk menilai data dan hasil analisis tersebut tercermin dalam suatu rating. Jika pemilik proyek tidak mengirim informasi, rating dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi yang tersedia untuk umum tentang proyek tersebut. Banyak orang mengganggap bahwa proyek kripto adalah suatu penipuan (scam) yang mengambil keuntungan dari investor.

Bagaimana Xangle Disclosure Platform membantu investor untuk mengatasi hal itu?

Karena aset digital adalah jenis aset dan teknologi baru yang muncul abad ini, banyak upaya gagal menepati janjinya atau terbukti nyata-nyata sebagai penipuan. Namun, seperti halnya internet mengubah kehidupan semua orang, blockchain dan tim yang berinovasi berdasarkan teknologi ini memiliki potensi yang sama. Ini masalah mana yang dapat bertahan dan menjadi poster child teknologi, seperti halnya Amazon dan Google untuk internet.

Singkatnya, Xangle menyediakan wawasan untuk investor yang bagus ke publik dan cara kerja perusahaan kripto. Xangle Disclosure platform menyediakan banyak informasi resmi dan terverifikasi bagi investor sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih tepat, untuk memilih aset yang tepat yang bisa bertahan sejalan dengan waktu.

Informasi profil langsung berasal dari tim proyek dan dokumentasinya, dan keterbukaan terbaru diperiksa sesuai fakta dan diunggah ke blockchain sebagai bukti tak terbantahkan bahwa mereka yang membuat keterbukaan tersebut.

Dikombinasikan dengan layanan rating Xangle, kami secara efektif mengurangi pemborosan sumber daya yang diperlukan untuk menyisir, memeriksa, dan memantau proyek kripto.

Strategi dan positioning Xangle saat ini?

Kerja sama di seluruh industri sangat penting dalam mengatasi ketidaseragaman informasi yang mengganggu pasar. Dibutuhkan partisipasi dari semua pihak yang bertanggung jawab untuk memastikan para pelaku kejahatan terungkap.

Langkah pertama kami adalah bermitra dengan bursa aset digital (digital asset exchange) di seluruh dunia yang memiliki visi dan rencana jangka panjang yang jelas.

Transparansi yang lebih besar adalah tujuan bersama bagi pelaku utama di industri aset digital. Kami mampu membangun aliansi global dengan lebih dari 60 bursa papan atas.

Untuk mitra bursa, kami berperan sebagai auditor aset (rating) dan penyedia konten keterbukaan. Sebagai hasil ikatan yang kuat ini, kami sekarang bekerja dengan lebih dari 700 proyek kripto yang menggunakan Xangle sebagai IR management tool penting mereka.

Tim proyek ini mengkurasi halaman profil mereka dan membagikan perkembangan mereka melalui kanal distribusi kami untuk memberi tahu komunitas mereka tentang update terkini. Kami mengharapkan lebih banyak mitra perusahaan dan proyek untuk segera bergabung dengan aliansi kami.

Pendapat Anda tentang prospek bisnis aset kripto, khususnya di Indonesia?

Aset digital memiliki potensi luar biasa untuk memberikan dampak terhadap dunia dan kehidupan kita, termasuk di Indonesia. Tetapi industri ini masih sangat muda. Solusi praktis dan adopsi massal akan memakan banyak waktu, kesalahan, dan kekeliruan.

Meski demikian, industri ini tumbuh dan berkembang pada tingkat yang luar biasa. Begitu cepat sehingga terkadang tampak melampaui perkembangan solusi untuk masalah endemiknya.

Namun, ada kemajuan menakjubkan yang dicapai dalam teknologi, bisnis, dan adopsinya setiap hari di seluruh dunia. Orang lain boleh saja mengkritik dan kecewa terhadap industri ini dengan mencari-cari kekurangannya, tetapi kami lebih tertarik pada potensi positifnya dan ingin membantu orang lain untuk melihatnya juga.

Bagaimana pengalaman Anda bekerja dengan regulator untuk merancang regulasi investasi aset kripto yang aman di Indonesia?

Kami telah berkontribusi kepada para pemain utama yang melakukan pembicaraan langsung dengan regulator lokal, tetapi belum melakukan kontak langsung. Fokus kami saat ini adalah memberikan informasi setingkat institusi yang dapat dipercaya tentang aset digital. Semoga hal ini dapat membantu pemahaman regulator dan masyarakat tentang potensi industri ini.

Seperti yang kami katakan, mudah untuk selalu melihat atau fokus pada kekurangan, tetapi kami percaya bahwa potensi baik yang bisa datang dari penggunaan teknologi ini jauh lebih besar daripada kekurangannya.

Kami yakin otoritas lokal akan membuat keputusan demi kepentingan terbaik bagi masyarakat. Salah satunya yang kami yakini adalah dengan membangun atau menggunakan sumber informasi terverifikasi dan tepercaya yang dapat diakses siapa pun secara gratis. Kami adalah pelari terdepan di bidang ini dan akan dengan senang hati berbagi pengalaman dan keahlian kami pada tahun-tahun mendatang.

Saran Anda agar industri aset kripto di Indonesia berkembang lebih pesat?

Untuk perusahaan lokal yang dibiayai kripto, kami mendorong mereka untuk selalu berpegang pada tujuan dan prioritas jangka panjang. Kami juga mendorong mereka agar lebih siap untuk perkembangan masa depan industri ini. Jika kita secara aktif mempromosikan transparansi dan keadilan (fairness), kita dapat menikmati hasilnya lebih cepat dari yang kita harapkan.

Karena industri ini masih dalam tahap awal di mana perkembangan dapat muncul secara tiba-tiba atau tidak terduga, persiapan tersebut akan membutuhkan beberapa sentimen mengharapkan sesuatu yang tidak diharapkan (expect the unexpected).

Untuk trader dan bursa, kami mendorong mereka untuk fokus pada portofolio jangka panjang. Kami memahami bahwa peluang keuntungan langsung itu penting, tetapi saham di perusahaan ventura yang sangat sukses di masa depan akan menghasilkan bagian yang jauh lebih besar dari ‘kuenya’.

Apa yang membuat Anda tertarik bekerja pada industri aset kripto?

Salah satu keuntungan terbesar bekerja di industri yang ramai ini berasal dari penemuan ide-ide baru inovatif yang dapat mengubah dunia. Dari pendekatan yang brilian, banking the unbanking, dan cara baru dalam interaksi keuangan, kita dapat membayangkan kegembiraan sehari-hari, seperti apa dunia di masa depan.

Sumber motivasi saya yang lain berasal dari realitas yang mengusik bahwa industri ini tidak memberikan transparansi yang cukup kepada komunitas investornya. Saya sering melihat orang-orang melakukan trading hanya berdasarkan nama proyek atau dari saran rekan-rekan mereka, semuanya tanpa pemahaman yang tepat tentang apa yang mereka hadapi.

Xangle bertujuan memberi perangkat (tool) yang tepat kepada individu-individu untuk belajar dan membuat keputusan yang lebih baik.

Pada salah satu pekerjaan saya sebelumnya, saya secara aktif terlibat dalam akuisisi pertukaran aset digital untuk perusahaan induk. Perusahaan ini sangat percaya diri dengan masa depan yang dijanjikan oleh blockchain, dan itu adalah pertemuan pertama saya dengan kripto.

Kegiatan Anda selain sebagai praktisi aset kripto?

Saya mengajar kursus satu semester penuh tentang blockchain dan teknologi inovatif di Sekolah Bisnis Universitas Yonsei, sebagai adjunct professor. Fokus utama saya adalah membuka jalan bagi orang-orang dalam mengambil pendekatan nonteknologi untuk membuka potensi bisnis mereka dan memahami nilai-nilai sosial dalam blockchain dan kripto alih-alih menyerah pada konsep yang sukar dipahami dari teknologi itu.

Saya juga mendorong siswa dalam kursus tersebut untuk melihat ruang cryptocurrency sebagai salah satu dari banyak tantangan, baik internal maupun eksternal. Kami membuka mata mereka terhadap banyak tantangan yang kurang relevan dalam bisnis secara umum.

Menghadapi tantangan langsung dengan membongkar dan menggabungkan solusi kecil untuk setiap rintangan merupakan bagian dari membangun kredibilitas pekerjaan seseorang. Mempelajari pragmatisme semacam itu, yang dibutuhkan dalam bisnis dan teknologi, juga akan membangun karakter.

Arti karyawan bagi Anda?

Karyawan kami adalah jantung dari operasi kami. Xangle menjadi maju berkat kontribusi mereka. Tanpa tim kami yang sangat bertalenta, Xangle tidak akan mampu melakukannya.

Gaya kepemimpinan Anda?

Kami berpegang pada standar tertinggi dalam hal kepatuhan internal. Setiap keterbukaan yang kami publikasikan telah diverifikasi dan diperiksa silang oleh tim kami untuk memastikan validitasnya. Transparansi seperti inilah yang kami harap dapat diadopsi oleh para pemain di seluruh industri.

Filosofi dan nilai-nilai hidup yang Anda pegang?

Ini pertanyaan yang sulit. Saya akan mengatakan bahwa filosofi hidup saya secara langsung menginformasikan nilai dan prinsip saya.

Saya percaya seseorang yang bekerja secara individual (lone wolf) hampir tidak pernah mencapai semua tujuan mereka. Itu sebabnya, mengapa seorang siswa membutuhkan masukan dari instruktur manusia dan teman sekelasnya menuju peningkatan diri dan aktualisasi diri.

Juga mengapa trader dan developer di industri cryptocurrency harus berkolaborasi, baik secara langsung atau tidak langsung, dengan orang lain untuk menyelesaikan suatu pengembangan menarik yang melibatkan mereka.

Sudut pandang ini membuat saya menghargai kejujuran, integritas, keaslian, ketekunan, dan ambisi. Mungkin agak berlebihan, saya cenderung menganggap orang lain memiliki standar setinggi yang saya pikir kita semua bisa atau harus kita capai, baik sebagai individu maupun sebagai orang yang berinteraksi dengan orang-orang lain. Hasilnya, nilai yang saya pegang erat sejalan dengan apa yang kami coba capai di Xangle.***

Co-CEO dan Co-Founder Xangle, Junwoo James Kim.
Co-CEO dan Co-Founder Xangle, Junwoo James Kim.


Mengagumi Panorama Indonesia

Junwoo James Kim sangat mengagumi keindahan alam Indoneesia. Ia menganggap Indonesia adalah surga bagi penikmat keindahan alam. “Setiap sudutnya menyajikan beragam panorama yang sayang untuk dilewatkan,” tutur dia.

Junwoo paham betul bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dengan laut terluas di dunia. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak pulau dan pantai dengan panorama yang istimewa.

Selain itu, sebagai jalur pertemuan lempeng dunia yang dilintasi dua jalur pegunungan muda, Indonesia memiliki banyak wilayah dataran tinggi dan gunung berapi, termasuk air terjun, hutan, dan gua. Semua itu merupakan daya pikat bagi para wisatawan.

“Indonesia adalah tempat yang luar biasa. Meski cukup panas dan lembab, pemandangannya benar-benar indah. Di antara hutan, pegunungan, banyak pulau, dan buah-buahan lezat yang tampak di mana-mana, menurut saya ini adalah tujuan wisata utama,” kata Junwoo.

Bukan cuma keindahan alam Nusantara yang membuat Junwoo James Kim kesengsem. Ia juga terpikat oleh keragaman budaya, keramahan penduduk, dan kekayaan kuliner Indonesia. Setiap budaya dan kuliner mempunyai ciri khas yang membedakan dengan daerah lainnya.

“Orang-orangnya sangat murah hati dan sangat nyaman dengan saya dalam beberapa interaksi yang saya lakukan dengan mereka,” ujar dia. (is)

 

Biodata

Nama: Junwoo James Kim.

Karier:

- Co-CEO dan Co-Founder Xangle (Agustus 2018-sekarang).

- Council Member Forbes Business Council (September 2020-sekarang).

- Adjunct Profesor di Yonsei University, Korea Selatan (Mei

2019- sekarang).


 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN