Rukun Raharja Peroleh Fasilitas Pinjaman HSBC US$ 40 Juta i

Ilustrasi PT Rukun Raharja Tbk

Oleh : / GOR | Kamis, 6 Desember 2018 | 19:37 WIB

JAKARTA– PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) menyatakan bahwa perseroan telah memperoleh fasilitas pinjaman dari HSBC sebesar US$ 40 juta untuk pelunasan utang anak usaha.

Demikian dikemukakan Oka Lesmana, direktur finance PT Rukun Raharja Tbk pada Paparan Publik Tahunan Perseroan 2018 melalui keterangan tertulisnya yang diterima Rabu (5/12).

Dalam paparannya Oka menyampaikan bahwa kenaikan laba bersih (entitas induk) terutama disebabkan oleh adanya pendapatan lain-lain terkait dengan transaksi akuisisi atas Raharja Energi Cepu (REC) di Blok Cepu.

Dari segi kinerja PT Rukun Raharja Tbk mengalami penurunan perdagangan gas terutama berkurangnya penyerapan gas oleh PLN dikarenakan sebagian kebutuhan energi PLN telah dipenuhi oleh pembangkit Sumsel V.

Seiring dengan menurunnya pendapatan, perusahaan terus melakukan efisiensi biaya operasional. Adapun peningkatan pendapatan perseroan karena adanya peningkatan pengunaan kompresor Cilegon.

Selain itu peningkatan pendapatan toll fee karena naiknya penyaluran gas melalui pipa Gresik, Jawa dan PLN Jambi. Ekuitas perusahaan pun meningkat karena adanya perolehan laba periode dan adanya penambahan modal.

Untuk rencana Operasi dan Pengembangan Bisnis PT. Rukun Raharja Tbk di 2019, Oka Lesmana menjelaskan perseroan akan memperluas jaringan pipa gas ke area yang lebih potensial yang memiliki sumber gas, serta mengembangkan sistem distribusi yang terintegrasi, melakukan studi dalam rangka akuisisi perusahaan infrastruktur gas yang sudah beroperasi.

“Untuk perseroan akan melakukan permohonan pengembangan usaha dalam bidang utilitas dan perusahaan melakukan investasi pada proyek-proyek potensial sehingga akan berpengaruh terhadap meningkatkan total asset,” katanya.

Lebih lanjut Oka memaparkan bahwa perseroan memproyeksikan laba bersih (entitas induk) tahun 2019 sebesar US$ 2,65 juta, di samping itu perusahaan merencanakan untuk pembayaran dividen ke pemegang saham sebesar US$ 1,3 juta.

Rencana belanja modal di 2019 PT. Rukun Raharja Tbk berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan usaha secara berkelanjutan selain itu akan menjalin kerja sama dengan bank untuk pembiayaan proyek – proyek potensial dan total belanja modal perseroan direncanakan sebesar $ 36,4 juta.

Dengan rincian pengembangan bisnis secara organik $ 3,3 juta, dukungan terhadap proyek baru yang potensial $ 31.5 juta dan pengembangan bisnis secara non organik sebesar $ 1.6 juta. (*)



Selengkapnya
 
MORE STORIES