Lion Air dan Wings Air Mulai Berlakukan Bagasi Berbayar i

Pesawat milik maskapai Lion Air.

Oleh : Thresa Sandra Desfika / GOR | Jumat, 8 Februari 2019 | 19:05 WIB

JAKARTA – Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air memastikan adanya penyesuaian tarif bagasi berbayar mulai Kamis (7/2). Dengan kebijakan tersebut, biaya yang ditanggung penumpang menjadi lebih murah.

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, sejak pemberlakuan layanan bagasi berbayar, ketepatan waktu operasional (on time performace/ OTP) kedua maskapai meningkat, dari rata-rata 65% menjadi rata-rata 88%.

“Oleh karena itu sebagai langkah mempertahankan tingkat OTP, kami tetap memberlakukan kebijakan bagasi berbayar untuk rute domestik. Dalam upaya memberikan pelayanan, mulai 7 Februari 2019 kami akan melakukan penyesuaian tariff bagasi berbayar,” jelas Danang di Jakarta, Kamis (7/2).

Kendati demikian, Danang belum menjelaskan detail penyesuaian tarif bagasi yang diterapkan Lion Air dan Wings Air. “Pada intinya ini adalah bentuk penyesuaian pada tarif bagasi berbayar,” imbuh Danang.

Seiring perkembangan pasar penerbangan, ungkap Danang, Lion Air dan Wings Air sudah memberlakukan penerapan bagasi 0 kg serta mengenakan biaya terhadap kapasitas (berat) bagasi tercatat untuk penerbangan domestik sejak 22 Januari 2019.

“Layanan bagasi tercatat nol kilogram merupakan kebijakan baru Lion Air dan Wings Air guna menjawab peluang dan tantangan bisnis seiring pertumbuhan tren perjalanan udara yang simpel, sesuai era kekinian, atau millennials traveling,” jelas Danang.

Sebelumnya, Citilink Indonesia memastikan penundaan penerapan bagasi berbayar. Hal tersebut setelah adanya koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Citilink mengapresiasi arahan dari Kemenhub dan akan menunda pemberlakuan kebijakan bagasi berbayar,” kata VP Corporate Secretary Citilink Indonesia Resty Kusandarina.

Pemberlakuan pengenaan biaya bagasi ini, lanjut Resty, akan menunggu hasil evaluasi atau kajian lebih lanjut dari Kemenhub untuk kemudian disosialisasikan kepada masyarakat. Penerapan bagasi berbayar Citilink ini semula akan diterapkan pada 8 Februari 2019.

Namun, ungkap Resty, sosialisasi mengenai rencana pengenaaan biaya bagasi berbayar masih terus dilakukan sebagai langkah edukasi kepada masyarakat atas kebijakan yang didasari oleh Peraturan Menteri Perhubungan No 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. (*)



Selengkapnya
 
MORE STORIES