Penjualan Keramik Milan Tiles Capai 80% dari Target 2018 i

Pemaparan kondisi pasar keramik oleh Milan Tiles

Oleh : Mashud Toarik / MT | Kamis, 18 Oktober 2018 | 17:30 WIB
Kategori :

Jakarta - Produsen keramik lokal, Milan Tiles berhasil mempertahankan angka penjualan di tengah lesunya pasar keramik nasional. Banjirnya pasar impor, pelambatan industri properti nasional serta masalah daya saing akibat mahalnya harga gas dan tenaga kerja merupakan penyebab lesunya industri keramik lokal.

"Kinerja penjualan Milan Tiles tetap survive, tidak naik dan tidak turun meski kondisi pasar sedang lesu, " ujar Marketing Manajer Milan Keramik, Susan Anindita saat acara Media Gathering Milan Tiles di Jakarta, Kamis, (18/10).

Susan mengatakan dari dua fasilitas produksi yang dimiliki, yakni di Surabaya dan Cibitung, Milan memproduksi sebanyak 1,82 juta m2 keramik per bulan atau sekitar 22 juta m2 per tahun.

Dari total target produksi tersebut, hingga pertengahan Oktober 2018, Milan berhasil menjual sebanyak 80% produknya dari target produksi 1,82 juta m2 per tahun. Sebagian besar penjualan dikontribusi dari pasar domestik, sebagian kecil Milan mengekspor produk ke 25 negara.

Negara - negara tujuan ekspor dimaksud diantaranya Malaysia, Thailand, Korea, Australi, Dubai dan lainnya. "Kontribusi pasar ekspor hanya single digit sebab kami lebih fokus menggarap pasar dalam negeri," katanya.

Kemampuan Milan menjaga angka penjualan di tengah pelemahan industri dikatakan Susan didorong oleh upaya inovasi dengan menghadirkan produk - produk baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen kelas menangah - atas yang disasar Milan.

"Kami tidak bermain di volume produksi, lebih pada kualitas, desain dan inovasi. ini justru menguntungkan kami tatkala pasar sedang lesu begini, " ujarnya.

Karenanya, meski pangsa pasar yang dikuasai terbilang kecil, hanya satu digit dari sekitar 380 juta m2 kapasitas produksi keramik lokal secara nasional, Milan memiliki tidak kurang dari 600 varian produk dari sebanyak empat bran yang dipasarkan, yakni Herkules, Milan, Habitat dan Habitat Gress. Itu belum termasuk berbagai pilihan ukuran baik keramik lantai maupun dinding.

Tahun ini saja, anak usaha Wings Group yang berdiri pada tahun 1991 tersebut merilis tiga varian pada koleksi Habitat Gress yakni Pearl Effect, Tinkerbell Effect dan Glam Effect. Ada juga produk anyar, Alpha Series yang merupakan keramik lantai glossy Habitat yang dilengkapi dengan fitur anti slip juga monocalibre. Fitur-fitur itu melekat pada semua produk pada bran Habitat Gress maupun Habitat.

Meski angka produksi sesuai dengan kapasitas terpasang pabrik sebesar 1,82 juta m2 per bulan serta diyakini semuanya akan terserap pasar, Milan Tiles masih belum mau melakukan ekspansi penambahan kapasitas. “Panambahan kapasitas baru akan kami lakukan bila kondisi pasar sudah normal,” ujar Susan.



Selengkapnya
 
MORE STORIES