ITDC Optimistis Mandalika bakal Jadi Destinasi Wisata Dunia i

Acara Ulang Tahun ITDC ke 45 di Kuta Mandalika Lombok, Minggu (18 November 2018).

Oleh : Imam Muzakir / GOR | Minggu, 18 November 2018 | 16:12 WIB

MATARAM- PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata the Nusa Dua Bali dan the Mandalika Lombok-NTB optimistis Mandalika bakal menjadi destinasi wisata dunia ke depan.

“Berbekal pengalaman dan kesuksesan mengelola dan mengembangkan the Nusa Dua di Bali, ITDC optimis menjadikan kawasan pariwisata The Mandalika menjadi tujuan utama wisata dunia,” kata Direktur Utama PT ITDC Abdulbar M Mansoer, di sela acara Ulang Tahun ITDC ke 45 di Kuta Mandalika Lombok, Minggu (18/11).

Hal ini dalam rangka mendukung program pemerintah yang membidik angka pertumbuhan wisatawan 20 juta orang pada 2019.

“Guna mendukung capaian pemerintah yang menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan pada 2019, ITDC tidak hanya fokus kepada pembangunan dan penataan fisik, tetapi juga pembangunan kualitas masyarakat di dalam kawasan sebagai pelaku wisata,” katanya.

ITDC terus berupaya meningkatkan standar pelayanan warga sekitar kawasan selaku wisata sehingga mereka mampu memberikan layanan optimal kepada wisatawan melalui beragam pelatihan dan pendidikan yang digelar antara lain, pelatihan memasak, pelatihan dan sertifikasi Hygine Sanitasi Personal bagi pedagang kawasan, Sertifikasi Tenaga Konstruksi, Pelatihan Sadar Wisata untuk Pedagang Asongan, Workshop Guru-Guru SD ke Nusa Dua, Sertfikasi Safety Driving, Beasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata, Pelatihan Bahasa Inggris, Pelatihan Nursery.

Dia mengatakan, sejak tiga tahun lalu, ITDC memperlihatkan kemajuan pesat dalam menggarap pembangunan fasilitas pendukung pariwisata bertaraf internasional di atas lahan seluas 1.175 hektar. “Komplek pariwisata yang terkoneksi itu akan dibangun dengan konsep ‘hijau’ yang antara lain ditopang fasilitas hotel, lapangan golf, rumah sakit, theme park, hingga gedung pertemuan kelas dunia,” katanya.

Lebih dari itu, pembangunan the Mandalika juga mempunyai konsep berbeda dari the Nusa Dua. Sejak semula, the Mandalika akan menawarkan konsep wisata alam yang dipadu dengan sport entertainment. (*)



Selengkapnya
 
MORE STORIES