Medco Power Bangun PLTGU 275 MW di Riau i

Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Oleh : Retno Ayuningtyas / GOR | Kamis, 8 November 2018 | 17:18 WIB

JAKARTA – PT Medco Ratch Power Riau (MRPR) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) kapasitas 275 Megawatt (MW) di wilayah dekat Kawasan Industri Tenayan (KIT) Pekanbaru, guna mengatasi krisis listrik setempat.

MRPR adalah konsorsium dari PT Medco Power Indonesia (MPI) dan perusahaan asal Thailand, Ratchaburi Electricity Generating Holding Plc. MRPR telah meneken perjanjian jual beli listrik (power purchase agreement/PPA) dengan PT PLN (Persero) untuk PLTGU 275 MW ini pada 2016 lalu. MRPR bertugas membangun dan mengoperasikan pembangkit ini selama 20 tahun. Nilai proyek ini diperkirakan sebesar US$ 300 juta.

“Sekarang kami sedang menyusun Detail Engineering Design (DED), dan pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB),” kata Dirut PT Medco Ratch Power Riau Hartono Indriyanto sebagaimana dikutip Antara, Selasa (6/11). Hal itu diungkapkannya usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemerintah Kota Pekanbaru terkait sewa lahan jalur pipa PLTGU di Rumah Dinas Walikota di Pekanbaru

Hartono Indriyanto menjelaskan, pihaknya lewat perusahaan PT MRPR berhasil mendapat kepercayaan dari PLN sebagai pemenang lelang pembangunan PLTGU 275 MW di Pekanbaru, tepatnya dekat kawasan KIT. Selanjutnya, pembangunan fisik pembangkit ini akan dimulai sekitar akhir Desember hingga awal Januari.

Karena itu, sebut Hartono, guna memenuhi kebutuhan air yang akan disalurkan dari Sungai Siak lewat pipa ke lokasi pembangkit PLTGU, pihaknya perlu melakukan penyewaan lahan Pemerintah Kota Pekanbaru. Dalam nota kesepahaman tersebut, pihaknya menyewa lahan Pemko Pekanbaru seluas tiga kilometer atau 2,4 hektare.

“Lahan tersebut digunakan untuk jalur pipa air dalam mengopersikan boiler ke stin mengubah air jadi uap. Kalau tak ada kendala akhir bulan ini kami sudah membersihkan lahan disana,” katanya.. (*)



Selengkapnya
 
MORE STORIES