Layani Transaksi Pembayaran Turis Tiongkok, BRI Gandeng Alipay i

Ilustrasi Turis Tiongkok

Oleh : Herman / WBP | Kamis, 3 Januari 2019 | 21:18 WIB
Kategori :

Jakarta - Untuk mendukung industri pariwisata Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Alipay, platform pembayaran digital yang didirikan di Tiongkok oleh Alibaba Group.

Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani menyampaikan, kerja sama ini untuk mempermudah transaksi pembayaran para wisatawan asal Tiongkok yang banyak ke Indonesia.

"Ini untuk men-support industri pariwisata, sementara mereka memiliki alat bayar kusus. Tentu kita harus bisa memfasilitasi agar mereka bisa bertransaksi di merchant kita," kata Handayani usai acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, di Jakarta, Kamis (3/1).

Handayani belum bisa memastikan kapan kerja sama ini bisa direalisasikan, mengingat masih ada beberapa hal yang perlu diselesaikan, termasuk urusan perizinan. BRI belum menghitung secara detail potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari kerja sama ini, sebab menurut Handayani fokus utamanya adalah mendukung pemerintah meningkatkan sektor pariwisata.

Karenanya, penggunaan produk yang nantinya akan dilahirkan bakal difokuskan di daerah-daerah tujan wisata, salah satunya di Bali. "Untuk mekanismenya, saat ini sedang kita sinkronisasikan. Kita coba develop, kira-kira bagaimana kita bisa mengakomodasi kebutuhan para turis asal Tiongkok. Tentunya akan ada development di sisi IT," jelas Handayani.



Selengkapnya
 
MORE STORIES