Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Alternative Coin (Altcoin) Season

Ilustrasi Alternative Coin (Altcoin) Season

Altcoin Season, Ini Pengertian dan Cara Mengetahuinya

Selasa, 18 Januari 2022 | 06:15 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Musim altcoin atau Altcoin season adalah sebuah periode waktu di mana koin-koin kripto alternatif mengalami kenaikan performa pasar karena harga dan volume perdagangannya yang meningkat. Altcoin (alternative coin) adalah sebutan yang digunakan ketika menyebut aset-aset kripto selain Bitcoin seperti Cardano, Polkadot, Polygon, Ethereum, dan sebagainya.

Lantas apa yang menyebabkan terjadinya Altseason? Berikut rangkuman yang dilansir dari situs pintu.co.id, Selasa (18/1).

Baca juga: Peretas Korut Curi Aset Kripto Senilai US$ 400 Juta di 2021

Apa yang menyebabkan terjadinya Altseason?

Setelah terjadi kenaikan harga yang cukup tinggi, harga Bitcoin akan cenderung menjadi lebih stabil. Akibatnya, investor akan mencari peluang investasi yang lebih menguntungkan. Mereka umumnya memperdagangkan Bitcoin mereka untuk Ethereum dan altcoin potensial lainnya.

Mengapa siklus ini penting?

Mengetahui musim cryptocurrency yang sedang berlangsung bisa memberikan banyak kesempatan bagi kamu yang ingin memilih aset kripto yang tepat. Musim ini bisa menjadi penanda penting tentang aset kripto mana yang harganya akan meningkat dan mana yang akan mengalami penurunan atau pun stagnan.

Kapan terjadi altcoin season dan bagaimana mengetahuinya?

Altcoin season adalah periode saat aliran investasi lebih banyak masuk ke dalam altcoin daripada Bitcoin. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya, Bitcoin baru saja menyelesaikan dominasinya di pasar setelah melalui kenaikan signifikan dan investor mulai menjual aset Bitcoin mereka untuk mendapatkan keuntungan. Dalam waktu yang sama, performa beberapa altcoin yang lain mulai terlihat membaik dengan volume perdagangan dan aliran uang yang meningkat. Pada momen itu, kita bisa melihat bahwa musim ‘altseason‘ akan dimulai.

Selain memperhatikan pasar dan melihat analisis dari komunitas kripto, terdapat sebuah situs intuitif yang bisa membantu kamu menentukan kapan altseason dimulai. Situs Blockchain Center memiliki sebuah halaman berisi indeks altcoin season yang bisa mempermudah kamu melihat apakah altcoin season sudah terjadi.

Baca juga: Yuk Pahami 9 Perbedaan Saham dan Kripto untuk Investasi!

Bagaimana kamu bisa memanfaatkan siklus altseason dalam cryptocurrency?

Strategi pertama, musim altcoin bisa menjadi kesempatan bagimu untuk memiliki beberapa altcoin yang memiliki potensi besar dalam jangka menengah dan panjang. Seperti yang sudah dijelaskan, musim ini membuka banyak potensi bagi cryptocurrency yang memiliki masa depan yang menjanjikan. Hal paling penting yang bisa kamu lakukan adalah melakukan riset dan analisis sebelum memasuki altcoin season.

Selain itu, altcoin memberikan potensi diversifikasi portfolio dari aset kripto yang kamu miliki. Strategi diversifikasi ini sangat penting untuk dilakukan karena volatilitas pasar cryptocurrency bisa membuatmu kehilangan uangmu terutama kalau kamu mengumpulkan semua investasimu dalam satu aset kripto saja. Apabila kamu memilih aset yang tepat, diversifikasi ini juga bisa membawa keuntungan dalam jangka waktu yang panjang.

Strategi kedua, melakukan trading pada musim ini. Pada musim ini, banyak altcoin akan mengalami kenaikan harga yang drastis dalam waktu singkat dan apabila kamu ingin mengambil resiko, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan tersebut. Hal ini bergantung kepada analisis dan riset tentang altcoin yang kamu lakukan terutama melihat volume perdagangan, kepercayaan publik terhadap altcoin, dan popularitasnya.

 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN