Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi perang aset kripto dan mata uang konvensional. (ist)

Ilustrasi perang aset kripto dan mata uang konvensional. (ist)

Ini Dia Perbedaan Analisis Fundamental, Teknikal dan On-chain

Rabu, 19 Januari 2022 | 06:11 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Untuk memaksimalkan keuntungan yang bisa didapatkan, sebelum melakukan trading ada baiknya investor memahami analisis fundamental, teknikal dan on-chain. Pemahaman ini dibutuhkan agar setiap keputusan yang kamu ambil saat trading sudah didasari oleh riset dan prediksi harga di masa depan. Apa sebetulnya contoh dan perbedaan analisis fundamental, teknikal dan on-chain?

Analisis Fundamental

Dilansir dari pintu.co.id dikutip Rabu (19/1) analisis fundamental adalah analisis yang bertujuan untuk memahami suatu aset dengan mempertimbangkan beberapa aspek, seperti dasar kegunaan aset kripto tersebut, jumlah orang yang menggunakannya dan juga tim di balik pembuatan aset tersebut.

Baca juga: Bitcoin (BTC) Pagi Ini Berhasil Menguat Sendirian di Posisi Lima Teratas

Melakukan analisis fundamental berguna untuk menentukan apakah harga suatu aset dinilai terlalu tinggi atau terlalu rendah, dan juga diperlukan untuk mengetahui bahwa potensi masa depan suatu aset tidak hanya dinilai dari kinerja aset tersebut di periode sebelumnya. Namun juga dengan cara memperhitungkan kondisi mikroekonomi dan makroekonomi.

Analisis Teknikal

Selain analisis fundamental, ada Teknik lain yaitu analisis teknikal. Berbeda dari analisis fundamental, analisis teknikal berarti menganalisa aset dengan memprediksi masa depan pasar berdasarkan data-data di periode sebelumnya. Berikut adalah contoh analisis teknikal yang bisa diaplikasikan saat hendak memprediksi nilai bitcoin sebelum membelinya.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan analisis teknikal adalah hubungan antara bitcoin dengan koin-koin lainnya atau altcoins. Sebagai investor, penting untuk mengetahui bahwa cryptocurrency, meskipun berbeda dalam banyak hal, masih sangat bergantung satu sama lain. Sehingga ketika satu aset kripto naik atau turun dalam hal ini misalnya bitcoin, aset kripto yang lain hampir pasti akan mengikutinya juga. Hal ini juga perlu kamu perhatikan sebelum memulai trading.

Baca juga: Ini Dia Langkah Awal Trading Kripto untuk Pemula

Analisis On-chain

Analisis on-chain adalah metode analisis yang biasa dilakukan oleh trader profesional, dan ini adalah yang membedakan analisis yang dilakukan untuk membaca pasar saham dan pasar kripto. Analisis ini pada dasarnya metode analisis yang dilakukan berdasarkan kumpulan informasi mengenai transaksi suatu aset.

Analisis on-chain biasanya dilakukan oleh trader professional karena informasi seperti inflow volume dan outflow volume hanya bisa diketahui melalui portal berbayar.

 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN