Menu
Sign in
@ Contact
Search
Konsumen membayar menggunakan mobile banking sebuah bank di Jakarta. Foto ilustrasi:  BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Konsumen membayar menggunakan mobile banking sebuah bank di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Jurus Jitu Anti Kena Tipu Agar Rekening Aman

Senin, 21 Februari 2022 | 04:17 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Penipuan mengatasnamakan bank marak terjadi dan tak kunjung usai. Penipu pun masih ada dimana-mana. Biasanya mereka akan mengatasnamakan Bank dengan menelepon atau mengirimkan SMS berisi link scam dan meminta data pribadi dengan iming-iming manfaat-manfaat produk perbankan atau blokir transaksi yang sebenernya tidak Anda lakukan. Kejadian seperti ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Atau bahkan Anda pernah mengalaminya sendiri?

Digital Business Head Bank OCBC NISP Rudy Hamdani mengatakan, untuk menghindari hal seperti berikut terjadi lagi,ada tips cara menjaga rekening agar aman dan membedakan tautan yang palsu dan asli, yaitu :

Tips agar rekening aman adalah:

1. Jika menerima telepon/SMS/email/pesan di media sosial, pastikan akun tersebut telah terverifikasi. Contoh jika di platform Instagram ada tanda centang hijau di nama akun tersebut. Jika ada keraguan, maka bisa menghubungi call center resmi bank tersebut.

Baca juga: Mau Tau Tips Mengatur Keuangan Untuk Bebas Finansial, Ini Caranya…

2. Pastikan Anda berada di alamat situs resmi Bank sebelum bertransaksi internet banking. Agar lebih aman, Anda dapat melakukan transaksi melalui aplikasi resmi Bank tersebut. Di OCBC NISP, situs resmi kami adalah online.ocbcnisp.com dan aplikasi Bernama ONe Mobile, sebuah aplikasi yang juga mempunyai fungsi tumbuhkan uang Anda.

3. Jangan membocorkan informasi pribadi, seperti:

a. User ID & password mobile banking/internet banking

b. PIN kartu ATM

c. One Time Password (OTP)

d. CVV Kartu Kredit atau Kartu Debit

e. Tanggal masa berlaku kartu.

Baca juga: Ini Tips Investasi Kripto Ala Sribu dan Lagi Cuan

“Nah ini ya yang terpenting, jangan pernah memasukkan informasi diatas ke dalam tautan (link) suatu situs yang dikirimkan melalui email, aplikasi chat (seperti WhatsApp), maupun SMS,” tambah Rudy.

4. Pantau dengan cermat notifikasi transaksi Anda, dan laporkan pembayaran yang tidak sah sesegera mungkin. Lalu, modus penipuan online dengan mengatasnamakan Bank, saat ini bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya dengan mengklik link atau tautan tertentu. Setelah mengklik tautan tersebut, Anda bisa kehilangan akun media sosial, data pribadi bahkan dana di rekening tabungan.

Selain itu, lanjut Rudy, ada tiga cara membedakan tautan, yaitu :

1. Periksa Kembali Tautan.

Hati-hati jika ada salah penamaan kata pada link tersebut seperti hilang satu huruf atau mengganti hurus yang lain. Jangan sampai terkecoh. Penipu bisa membuat website dengan tampilan yang serupa dengan website asli, dan alamat link bisa sangat mirip. Misalnya sebagai contoh website resmi OCBC NISP adalah https://www.ocbcnisp.com. Jangan terkecoh dengan link yang mirip: https://bankocbcnisp.com; www.obcbnisp.com, bukan OCBC NISP.

Baca juga: 4 Tips Investasi Astra Life di Tahun Macan Air

“Selalu ingat ya, jangan pernah memasukkan user ID, password, PIN atau SMS OTP  di tautan (link) yang dikirimkan melalui email, aplikasi chat (contoh WhatsApp) maupun SMS,” tambahnya.

2. Perhatikan Pengirim Tautan.

Jangan sembarangan mengklik link dari pesan mencurigakan melalui SMS/ Whatsapp/Email atau Sosial Media dari orang yang tidak Anda kenal atau akun mencurigakan.

3. Ketik Ulang Tautan.

Untuk bertransaksi perbankan yang aman, ketik ulang link langsung di browser. Sebagai contoh selalu ketik link www.ocbcnisp.com lalu Login untuk mengurangi risiko penipuan.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com