Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi investasi: Foto: newsklikpositif.com

Ilustrasi investasi: Foto: newsklikpositif.com

5 Jenis Investasi Menurut Para Ahli Finansial

Jumat, 24 Juni 2022 | 16:16 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Kamu perlu tahu apa saja instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter investasimu. Karena investasi dapat membantu kamu bertahan pada saat ekonomi sedang tidak stabil. Investasi pun dapat memberi jaminan kesejahteraan yang lebih baik. Dan yang lebih penting dari semua itu, kamu terbebas dari ketidakpastian keuangan di masa mendatang.

Dikutip dari Pintu Academy, berikut ini adalah beberapa daftar investasi menurut para ahli finansial di dunia.

1.Deposito Berbunga Tinggi

Jenis investasi ini cocok untuk investor yang tidak ingin terlalu banyak mengambil risiko dan menginginkan return investasi yang tetap, serta seseorang yang membutuhkan dana dalam jangka waktu yang pendek. Akan tetapi, dibandingkan instrumen investasi yang lain, keuntungan yang ditawarkan oleh deposito berbunga tinggi memang relatif kecil. Namun untuk menyimpan dana darurat kamu, jenis instrumen investasi ini cukup cocok untuk dipilih.

Baca juga: BNC Gandeng Lakuemas Permudah Milenial Investasi Emas

2.Obligasi Pemerintah

Karena dijamin oleh pemerintah, maka obligasi pemerintah merupakan salah satu investasi paling aman yang bisa kamu pilih sebagai salah satu portofolio investasi kamu. Surat ini juga dapat kamu perjual belikan di pasar sekunder sehingga termasuk ke dalam instrumen investasi yang likuid. Obligasi pemerintah cocok untuk investor yang menghendaki keamanan dan pendapatan yang stabil. Kekurangannya adalah bunga yang ditawarkan tidak terlalu besar.

3.Logam Mulia

Menurut Robert Kiyosaki, logam mulia seperti emas dan perak akan memiliki nilai yang tinggi dikarenakan jumlah permintaannya yang selalu naik, baik untuk keperluan penggunaan pribadi maupun industri di bidang kesehatan, otomotif, dan elektronik. Itulah sebabnya investasi logam mulia adalah termasuk salah satu investasi yang aman untuk pemula.

Baca juga: 7 Manfaat Investasi Bagi Hidupmu, Sudah Mulai Belum?

4.Properti

Menurut Robert Kiyosaki dan Grant Cardone, properti adalah aset terbaik untuk dimiliki karena harganya yang terus naik diakibatkan jumlahnya yang terus berkurang namun peminatnya yang terus bertambah. Itulah mengapa properti merupakan salah satu investasi paling aman yang bisa kamu pilih.

5.Aset Crypto

Ray Dalio, salah seorang manajer hedge fund ternama di dunia mendeskripsikan Bitcoin sebagai “emas digital di abad ke-21.” Selain itu, Brett Messing dari SkyBridge, firma investasi global di New York bahkan mengungkapkan seiring dengan perkembangan regulasi dan infrastruktur seputar kripto, investasi bitcoin bisa dibilang seaman investasi obligasi dan komoditas seperti emas, yang dimanfaatkan untuk menyeimbangkan portofolio investasi.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com