Menu
Sign in
@ Contact
Search
Beberapa jenis koin kripto

Beberapa jenis koin kripto

Apa Itu White Paper di Kripto?

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:11 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - White paper kripto adalah dokumen penting yang membantu investor untuk memahami konsep dari proyek kripto dan dapat digunakan untuk membandingkan satu proyek kripto dengan proyek lainnya.

Dilansir dari laman Coinmarketcap, white paper biasanya dilengkapi dengan data statistik, diagram dan informasi tambahan untuk meyakinkan investor yang menunjukkan ketertarikan berinvestasi pada sebuah aset.

Dikutip dari Pintu Academy, white paper crypto adalah dokumen kunci yang berisi serangkaian informasi proyek kripto yang dibutuhkan investor. Menurut penulis “Writing white paper” Michael Stelzner, white paper kripto adalah dokumen yang diawali dengan pembahasan masalah yang dialami pegiat dan pengguna kripto dan diakhiri dengan penyajian solusi berupa proyek atau produk kripto.

Baca juga: Pasar Kripto Reli, Investor Kompak Jaga Harga Meski Dibayangi Inflasi AS

Tim Cointelegraph menambahkan bahwa white paper setidaknya harus memuat beberapa hal seperti pendahuluan, disclaimer, daftar isi, deskripsi pasar dan masalahnya, detail produk kripto dan cara mengatasi masalah, tim proyek, dan roadmap rencana pengembangan aset kripto.

Berbeda dengan litepaper yang relatif pendek dan mudah dipahami, white paper cenderung mengandung informasi yang lebih teknis dan lengkap.

Untuk bisa lebih memahami tentang apa itu white paper kripto dan susunannya, berikut beberapa contohnya.

Bitcoin white paper crypto adalah white paper pertama yang diterbitkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008. Dokumen tersebut berisi spesifikasi teknis, mekanisme transaksi, jaringan, privasi pengguna, serta ide tentang sistem uang elektronik peer-to-peer.

Baca juga: Wow, Ini 8 Cara Mendapatkan Keuntungan dari Kripto

White paper Ethereum diterbitkan pada tahun 2013 oleh pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, sebelum peluncuran proyek pada tahun 2015. Dokumen ini menjabarkan pengenalan terhadap konsep Ethereum, transaksi, coding, blockchain, mining, dan sistem desentralisasi aplikasi. Versi lengkap white paper Ethereum dapat diakses di laman resmi Ethereum.

Lalu ada White paper Pintu Token (PTU) yang didesain untuk mendukung ekosistem dan komunitas Pintu dapat dilihat di laman resmi Pintu. Dokumen ini merincikan tentang aplikasi Pintu, analisis pasar, hingga fungsi dan cara kerja Pintu Token.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com