Menu
Sign in
@ Contact
Search
Garda Siaga tengah membantu pelanggan Garda Oto. Garda Siaga memberikan layanan darurat gratis 24 jam untuk membantu pelanggan yang terkena dampak cuaca esktrem seperti banjir.

Garda Siaga tengah membantu pelanggan Garda Oto. Garda Siaga memberikan layanan darurat gratis 24 jam untuk membantu pelanggan yang terkena dampak cuaca esktrem seperti banjir.

Waspada Cuaca Ekstrem, Begini agar Aman Berkendara

Selasa, 27 Des 2022 | 20:30 WIB
Windarto (redaksi@investor.id)

Jakarta, Investor.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi cuaca ekstrem akan melanda beberapa wilayah di Indonesia, khususnya Jabotabek pada tanggal 28 Desember 2022 hingga pergantian tahun. Cuaca seperti ini pernah terjadi saat pergantian tahun 2019/2020 yang mengakibatkan banjir saat masuk kalender baru 2020. Selain banjir, cuaca ekstrem dapat pula mengakibatkan pohon tumbang dan tanah longsor. Karena itu, bagi masyarakat yang hendak beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi harus memperhatikan hal-hal berikut agar perjalanan nyaman, aman, dan terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Pertama, pastikan tubuh dalam kondisi fit. Cuaca yang tidak menentu membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit seperti flu, batuk, dan demam. Kondisi tubuh yang tidak fit dapat berpengaruh saat hendak mengemudikan kendaraan, apalagi untuk perjalanan jarak jauh. Karena itu, pastikan sebelum berkendara, tubuh dalam keadaan sehat, tidak mengantuk, tidak dalam pengaruh alkohol, dan fokus. Selalu gunakan sabuk pengaman agar pengemudi tetap aman bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Kedua, pastikan kendaraan berfungsi dengan baik. Sebelum berangkat, seharusnya kita memperhatikan kelayakan dan performa kendaraan (mobil) berfungsi dengan baik. Pastikan lampu indikator, rem, klakson serta wiper berfungsi. Cek pula bahan bakar mobil sudah terisi dan tekanan ban dalam kondisi batas aman. Ketika cuaca ekstrem terjadi, sebaiknya tidak memaksa untuk melaju dalam kondisi tersebut, dengan cara menunggu hujan sedikit mereda agar perjalanan lebih aman sampai tujuan.

Ketiga, pastikan berkendara dengan aman. Sebagai pengguna jalan umum kita tidak hanya memastikan keamanan untuk diri sendiri, juga untuk sesama pengguna lainnya. Cara membantu menjaga keamanan berkendara adalah dengan menaati peraturan lalu lintas yang berlaku seperti memastikan batas kecepatan normal, muatan mobil tidak melebihi kapasitas, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta menjaga jarak antar kendaraan secara aman.

Advertisement

Keempat, pastikan kendaraan dilengkapi dengan perlindungan yang dapat diandalkan. Selain tindakan pencegahan dengan menerapkan berbagai etika sebelum dan saat berkendara, hal lain yang seringkali terlupakan pemilik kendaraan adalah perlindungan maksimal yang dapat meringankan beban saat terjadi risiko di jalanan.

Head of Public Relation, Marketing Communication & Event Asuransi Astra Laurentius Iwan Pranoto menjelaskan, ada beberapa risiko yang dapat diprediksi dan dihindari, namun ada pula yang tidak. Risiko bencana alam menjadi salah satu yang sulit diprediksi dan dihindari oleh manusia. “Namun kita dapat meminimalkan risiko tersebut dengan mengasuransikan kendaraan hingga diri sendiri. Karena itu, pastikan polis asuransi sudah melakukan perluasan jaminan. Sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBII) pasal 3 ayat 3.2 risiko kendaraan akibat bencana alam termasuk pengecualian jaminan, sehingga tidak akan di-cover oleh polis asuransi mobil standar,” jelas Iwan.

Editor : Maswin (maswin@investor.co.id )

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com