Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat Pasar Modal.

Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat Pasar Modal.

KOPI PAGI

IHSG Tembus 5300?

Selasa, 25 Agustus 2020 | 06:31 WIB
Oleh Hari Prabowo

Investor.id - Libur panjang pekan lalu ternyata cukup bisa menyelamatkan IHSG dari tekanan koreksi ketika bursa global dan regional memerah. Dan pada awal pekan ini IHSG mampu parkir di jalur hijau walau naik tipis sebesar 0,08% di level 5277.

Semalam perdagangan saham di bursa AS Wall Street dan bursa Eropa kompak menguat rata-rata 2%. Sentimen vaksin dan kemajuan medis dalam melawan pandemi virus corona (Covid-19) telah membawa optimisme pelaku pasar. Beberapa harga komoditas juga mengalami penguatan seperti gas, minyak, nikel, dan kakao.

Selain faktor eksternal yang positif dan memperhatikan pergerakkan beberapa harga saham kemarin dari "jurus" Bandarmologi, saya memprediksi IHSG masih bisa berlanjut menguat hari ini bahkan kemungkinan bisa ke 5300.

Sepertinya pasar sudah "pricing" dengan kondisi saat ini sehingga pergerakkan IHSG diperkirakan tidak lagi ekstrim, namun juga sebaliknya jangan terlalu berharap bisa naik signifikan

Saham BBKP dan MCOR yang sempat saya ulas khusus di Investor Daily beberapa waktu lalu karena aksi korporasi Right Issue (HMETD) akhirnya sesuai. prediksi.
Kedua saham tersebut melesat naik, bahkan BBKP sampai auto reject batas atas ARA) dengan melonjak 35%. Sementara itu, saham MCOR harganya naik 13%.

Tidak menutup kemungkinan kedua saham tersebut masih melanjutkan penguatan mengingat BBKP akan ada private placement dan MCOR harganya masih di bawah harga penebusan Right Rp 150.

Hari ini saham-saham yang bisa mendukung kenaikan IHSG menuju 5300 antara lain BBNI, ASII, JPFA, MAIN, INCO dan ELSA. Laporan keuangan kuartal kedua emiten tersebut yang sudah dipublikasikan tentu sudah banyak dibaca dan dianalisa termasuk penurunan labanya. Kini investor lebih memperhatikan terhadap prospek kedepannya.

Saham-saham tersebut menurut kajian saya cukup layak dimasukkan dalam komposisi portfolio untuk jangka pendek. Apalagi dari pergerakkan harganya kemarin cukup ada sinyal kuat untuk naik kembali.

*** Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal.
 

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN