Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi investasi. Foto: Nattanan Kanchanaprat (Pixabay)

Ilustrasi investasi. Foto: Nattanan Kanchanaprat (Pixabay)

Ini Dia 10 Cara Alokasi Gaji Bulanan Agar Tidak Cepat Habis

Jumat, 12 Agustus 2022 | 13:07 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Tanpa memahami cara alokasi gaji bulanan yang baik dan benar, berapapun gaji bulanan kamu, bisa terasa sedikit, kurang untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan bahkan cepat habis. Dengan membuat alokasi gaji, kamu akan bisa tahu pos-pos mana saja perlu kamu optimalkan. Berikut 10 cara alokasi gaji bulanan agar tidak cepat habis dilansir dari Pintu Academy.

1.Pahami Rumus Alokasi Gaji

Sebenarnya rumus alokasi gaji jenisnya beragam. Namun yang paling sering digunakan adalah 40/30/20/10 dan 50/30/20. Rumus yang pertama, 40/30/20/10, maksudnya adalah 40% dari gaji dialokasikan untuk kebutuhan, 30% untuk cicilan, 20% untuk investasi dan 10% untuk donasi. Sementara itu, ada juga rumus 50/30/20, yang mana maksudnya adalah 50% dari gaji digunakan untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk investasi.

2.Cara Alokasi Gaji Bulanan 2 Juta

Alokasi gaji 2 juta bisa menggunakan rumus 50/30/20, terlebih jika kamu masih tinggal sendiri, belum berkeluarga dan tidak memiliki tanggungan. Untuk gaji 2 juta, berfokuslah untuk meningkatkan jumlah penghasilan dan menabung. Dari segi kebutuhan, kamu bisa berfokus pada kebutuhan primer terlebih dahulu.

Baca juga: Ajaib Group Gelar Edukasi Investasi untuk Anak Muda di Jawa Tengah

3.Cara Alokasi Gaji Bulanan 3 Juta

Tidak terlalu berbeda dengan sebelumnya, alokasi gaji 3 juta juga bisa menggunakan rumus 50/30/20, yang mana kewajiban dan kebutuhan tetap harus diutamakan. Kalau masih ada sisa dana di akhir bulan, sebaiknya ditabung sebagai dana darurat jika terjadi hal yang tidak diinginkan suatu saat nanti.

4.Cara Alokasi Gaji Bulanan 5 Juta

Untuk gaji bulanan 5 juta, kamu bisa menggunakan rumus alokasi gaji 5 juta dengan pembagian 40/30/20/10. Persentase alokasi gaji bulanan ini sudah mencakup investasi, tabungan, dan bahkan donasi.

5.Pisahkan Rekening Berdasarkan Kebutuhan

Untuk kamu yang sudah memiliki gaji bulanan 10 juta, sebaiknya memiliki beberapa rekening terpisah supaya lebih mudah mengatur keuangan pribadi. Usahakan sisihkan 30% dari total gaji kamu atau sekitar 3 juta untuk ditabung. Tagihan dan utang tetap jadi prioritas utama dan harus dibayar begitu menerima gaji. Baru kemudian kamu membagi-bagi dana sisanya untuk pengeluaran lain.

6.Cara Alokasi Gaji Bulanan Pekerja Freelance

Pekerja freelance tentu punya cara alokasi gaji yang berbeda dengan pekerja tetap. Oleh karena itu, penting sekali bagi pekerja freelance untuk mencatat pengeluarannya per bulan. Lebih baik lagi kalau ada laporan harian. Kalau pendapatan bulan ini dirasa kurang, pekerja freelance bisa mencari pekerjaan ekstra agar kebutuhan bisa tercukupi.

Baca juga: Waran Terstruktur: Investasi Mini, Keuntungan Maksi

7.Alokasi Gaji untuk Investasi

Untuk yang masih memiliki gaji relatif kecil, investasi yang paling mudah adalah menyisakan sisa gaji untuk tabungan, berapapun jumlahnya. Bentuk investasi lainnya adalah deposito, reksadana, emas digital, hingga saham. Prinsip investasi adalah high risk high return, begitu juga sebaliknya low risk low return. Pastikan kamu memahami konsep ini sebelum mulai berinvestasi.

8.Alokasi Tabungan dari Gaji

Tabungan adalah bentuk investasi yang paling mudah. Berapapun gaji kamu, sebaiknya sisakan sedikit dana untuk tabungan. Semakin besar gaji bulanan, seharusnya jumlah tabungan menjadi semakin besar. Alokasi gaji yang ideal untuk tabungan adalah sekitar sebesar 30% dari gaji. Namun untuk gaji 3 juta ke bawah, jumlahnya tidak harus 30%.

9.Alokasi Gaji untuk Dana Darurat

Saat ini, memiliki investasi dan tabungan nyatanya belumlah cukup. Tabungan diharapkan digunakan untuk kebutuhan dan keinginan di masa depan.

10.Alokasi Gaji untuk Asuransi

Banyak yang belum memahami pentingnya asuransi. Padahal dengan asuransi, kamu bisa melindungi diri sendiri dan keluarga. Sebaiknya, alokasikan sebagian gaji kamu minimal untuk asuransi kesehatan.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com