Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
 Lana T Koentjoro, SH, Ketua Umum DPP Perempuan Indonesia Maju (PIM)

Lana T Koentjoro, SH, Ketua Umum DPP Perempuan Indonesia Maju (PIM)

Mengelola Ekonomi Rumah Tangga dengan 3R

Oleh Lana T Koentjoro, Jumat, 24 Januari 2020 | 11:35 WIB

JAKARTA, Investor.id -Saat ini, pemerintah sangat gencar menyosialisasikan beberapa program untuk melindungi lingkungan. Salah satunya adalah program yang dikenal dengan sebutan 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle. Ini dipercaya sebagai salah satu solusi mengurangi kerusakan lingkungan hidup yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Reduce adalah mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. Reuse berarti pemakaian kembali barang-barang yang masih layak digunakan, sedangkan recycle berarti mendaur ulang barang-barang.

Reduce bisa dimulai dengan mengurangi belanja barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Reuse dengan menyumbangkan barang-barang yang masih layak digunakan tapi sudah tidak dipakai lagi, sedangkan recycle dengan mengolah sampah menjadi barang-barang yang bisa digunakan kembali.

Banyak yang percaya program tersebut akan memberi dampak besar jika menyasar perempuan. Ini berdasarkan fakta bahwa perempuan memiliki keterkaitan yang erat dengan lingkungan. Dalam perannya sebagai ibu rumah tangga, perempuan banyak berinteraksi dengan lingkungan dan sumber daya alam. Perempuan juga pendidik dan juga pelaku pertama yang bisa menciptakan lingkungan hidup sehat di keluarga. Beberapa penelitian menunjukkan perempuan merespons perubahan lingkungan lebih baik dibanding laki-laki karena perempuan mempunyai sifat memelihara.

Ada banyak yang bisa dilakukan perempuan dalam kaitannya dengan program 3R. Seorang perempuan sangat dekat dengan penggunaan air bersih, penggunaan bahan bakar, pemakaian kosmetik, dan memilih atau membeli barang-barang, baik untuk keperluan rumah tangga maupun lingkungan tempatnya bekerja.

Reduce berarti perempuan diajarkan agar hemat menggunakan air bersih, membeli kosmetik secukupnya, juga tas, sepatu, dan pakaian. Perempuan juga diberi pengetahuan tentang membeli barang dengan kemasan yang dapat didaur ulang, menghindari produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar, menggunakan produk isi ulang (refill), dan mengurangi bahan sekali pakai.

Reuse berarti memanfaatkan baju, tas, sepatu yang masih bagus tapi sudah tidak terpakai, dengan menyumbangkan ke pihak-pihak yang membutuhkan. Cara lain adalah memilih wadah atau kantong yang bisa digunakan berulang-ulang. Menggunakan saputangan daripada tissu atau tas belanja bukan plastik.

Seorang perempuan juga bisa mendaur ulang sampah organik di rumah, menggunakan bekas botol plastik air minum atau apapun sebagai pot tanaman, dan mendaur ulang kertas. Hal lain yang bisa ditanamkan kepada perempuan adalah memisahkan sampah organik dan non-organik.

Kepedulian perempuan dalam mengelola lingkungan juga bisa diwujudkan dengan memilih alat-alat rumah tangga yang ramah lingkungan seperti membeli alat pendingin atau AC hemat energi dan kulkas yang non-CFC karena bahan tersebut berpotensi merusak ozon.

Semua itu bisa dimulai dari akar rumput seperti di PKK, Posyandu, dan kelompok-kelompok perempuan lainnya. Di era digital, perempuan mempunyai kemampuan untuk menggerakkan masyarakat yang membuat membuat mereka bisa menjadi duta gerakan perbaikan lingkungan hidup. Perempuan Indonesia Maju (PIM) sangat berkepentingan mengenai program 3R untuk melindungi lingkungan.

Reduce, Reuse, dan Recycle jika dilakukan secara masif dan menyasar perempuan, akan berdampak besar pada perbaikan lingkungan hidup sehingga target mengurangi kerusakan lingkungan hidup benar-benar terjadi. Dan, sangat layak untuk dikatakan bahwa perempuan adalah duta bagi perbaikan lingkungan hidup.

*** Lana T Koentjoro, SH, Ketua Umum DPP Perempuan Indonesia Maju (PIM)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA