Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT) raih dana segar sebanyak Rp 1,16 triliun dalam aksi Penawaran Umum Perdana Saham/IPO

PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT) raih dana segar sebanyak Rp 1,16 triliun dalam aksi Penawaran Umum Perdana Saham/IPO

Raih Dana Jumbo, Ini Rencana Cemindo Gemilang

Rabu, 8 September 2021 | 11:26 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT) raih dana segar sebanyak Rp 1,16 triliun dalam aksi Penawaran Umum Perdana Saham/IPO dengan melepas sejumlah 1.718.800.000 lembar saham baru atau setara dengan 10,04% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan. Dana jumbo ini digunakan membeli beberapa mesin baru untuk pabrik perseroan.

Wakil Presiden Direktur Perseroan Vince Erlington Indigo menjelaskan,  penambahan mesin-mesin yang dimaksud yakni Premix Crusher untuk pabrik yang berlokasi di Bayah, Coal Fired Gas Generator di pabrik Ciwandan, dan Coal Fired Dryer di pabrik Medan dan Bengkulu.

“Selain itu, seluruh dana yang diperoleh setelah dikurangi biaya penerbitan akan digunakan sebagai pembayaran sebagian utang bank sindikasi, sebagian utang pembangunan pabrik terak kedua di Bayah kepada Sinoma International Engineering Co Ltd dan PT Sinoma Engineering Indonesia,” jelasnya dalam listing secara virtual di BEI, Rabu (8/9).

Vince menambahkan, tingginya antusiasme masyarakat terhadap IPO perseroan juga menunjukkan kepercayaan dan harapan masyarakat yang tinggi terhadap pasar modal di Indonesia pada umumnya dan prospek usaha perseroan secara khusus.

Untuk diketahui, pada pada masa penawaran umum yang dilakukan tanggal 2-6 September 2021, total pesanan yang masuk mencapai 1,56x dari jumlah saham ditawarkan atau terjadi oversubscribed sebesar 9,65x dari total penawaran porsi pooling.

“Kami yakin, prospek usaha industri Semen di tahun-tahun mendatang seiring dengan pemulihan ekonomi global maupun ekonomi nasional,” ujarnya.

Adapun, PT Ciptadana Sekuritas Asia dan PT Mandiri Sekuritas ditunjuk sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan PT UBS Sekuritas Indonesia sebagai Penjamin Emisi Efek.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Komisaris Jacqueline Sitorus mengatakan, Cemindo sebagai produsen semen dan klinker dengan merk Merah Putih, merupakan salah satu kontributor terbesar ekspor semen dan klinker terbesar dari Indonesia. Hal itu, bisa dicapai lantaran perseroan memiliki fasilitas pelabuhan laut dalam terpadu yang terletak di Bayah, sehingga perusahan memiliki opsi luas dalam menanggapi dinamika persaingan di pasar domestik.

Selain itu, kegiatan operasional Cemindo yang substansial di Vietnam juga memberikan nilai unik dimana perseroan memiliki diversifikasi bisnis yang baik untuk menjaga stabilitas perusahaan secara keseluruhan.

“Kedepannya, kami berharap dapat menjadi perusahaan tercatat dengan kinerja baik dan bertumbuh berkelanjutan dengan tata kelola perusahaan yang baik,” ujarnya.

Sebagai informasi, Cemindo Gemilang berdiri sejak tahun 2011 merupakan produsen semen berkualitas premium dengan merek dagang Semen Merah Putih. Sejak awal berdiri, perseroan berkomitmen menjaga konsistensi kualitasnya melalui penyediaan bahan baku semen terbaik dan pembangunan pabrik-pabrik berteknologi mutakhir yang dioperasikan oleh tenaga kerja yang profesional.

Saat ini, Cemindo Gemilang telah memiliki enam pabrik di Indonesia yang tersebar di wilayah Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, dan Bengkulu. Dalam waktu limah tahun perseroan berhasil mendistribusikan Semen Merah Putih ke 17 provinsi di Indonesia dengan jaringan distribusi dan pemasaran di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Ke depannya, Semen Merah Putih akan terus meningkatkan area pendistribusiannya, sesuai dengan komitmen PT Cemindo Gemilang untuk menyediakan semen berkualitas premium di seluruh Indonesia. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN