Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama PT Telkom Tbk, Ririek Adriansyah,. Foto: Investor Daily/David Gita Roza

Direktur Utama PT Telkom Tbk, Ririek Adriansyah,. Foto: Investor Daily/David Gita Roza

Telkom Siapkan IPO Perusahaan Data Center

Kamis, 25 November 2021 | 16:18 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) berencana mengembangkan bisnis data center (pusat data) dengan mengintegrasikan beberapa perusahaan. Setelah terintegrasi, perusahaan data center Telkom akan melangsungkan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham.

Direktur Utama Telkom Indonesia (Telkom), Ririek Adriansyah menerangkan, Telkom memiliki perusahaan data center, di antaranya Telkom Sigma yang fokus pada tingkat domestik serta Telkom Data Center yang mendistribusikan ke beberapa titik.

"Ada juga Telin di luar negeri, terutama di Singapura. Kami punya beberapa data center," kata Ririek pada Economic Outlook 2022 yang digelar Berita Satu Media Holdings (BSMH) di Jakarta, Kamis (25/11).

Menurut Ririek Adriansyah, perusahaan-perusahaan itu akan digabungkan dalam satu perusahaan data center yang nantinya menjadi perusahaan data center Telkom Group. Selanjutnya, perusahaan data center hasil penggabungan itu di-uncloking.

"Jadi, secara paralel, kami sedang membangun hyper scale data center di Cikarang. Lalu menambah edge data center di berbagai titik di Indonesia,” ujar dia.

Ririek mengungkapkan, Telkom punya belasan ribu lokasi di Tanah Air. “Jadi, sekarang banyak lokasi atau gedung-gedung yang mulai sinking pemakaiannya. Karena itu, kami perlu ada space yang bisa di-convert menjadi data center," papar dia.

Selain itu, kata dia, Mitratel sebagai anak usaha Telkom akan menyiapkan tower di beberapa lokasi sebagai bagian dari edge computing, khususnya untuk mendukung layanan 5G.

"Itulah yang akan kami lakukan ke depan. Suatu saat nanti tidak menutup kemungkinan perusahaan data center ini di-IPO-kan," tutur dia.

 

 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN