Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mitra UMKM PT Oscar Mitra Sukses Sejahtera Tbk (OLIV). (Foto ilustrasi: Perseroan)

Mitra UMKM PT Oscar Mitra Sukses Sejahtera Tbk (OLIV). (Foto ilustrasi: Perseroan)

Tetapkan Harga Rp 100, Oscar Mitra (OLIV) Gelar IPO setelah Cuti Bersama

Kamis, 28 April 2022 | 11:04 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Perusahaan furnitur online PT Oscar Mitra Sukses Sejahtera Tbk (OLIV) bersiap melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) sebanyak 400 juta saham pada 9-12 Mei 2022.

Jumlah saham yang ditawarkan itu sebanyak 21,10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh penuh perseroan setelah penawaran umum. OLIV menawarkan harga IPO Rp 100 per saham.

Perseroan juga menawarkan waran seri I sebanyak 400 juta waran seri I yang mewakili sebanyak 26,67% dari jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Wow! Gara-gara Allo Bank (BBHI) Laba Bukalapak (BUKA) Terbang 4.593% ke Rp 14,54 Miliar

Waran seri I adalah efek yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk melakukan pembelian saham biasa atas nama yang bernilai nominal Rp 10 setiap sahamnya dengan harga pelaksanaan sebesar Rp 120. Sehingga, seluruhnya adalah sebanyak Rp 48 miliar yang dapat dilaksanakan dimulai pada enam bulan terhitung sejak waran seri I diterbitkan oleh perseroan, yaitu mulai tanggal 14 November 2022 sampai dengan 18 Mei 2023.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Danatama Makmur Sekuritas.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum ini, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, akan dipergunakan oleh perseroan sekitar 11,78% akan untuk belanja modal terkait renovasi gudang dan memperkuat jaringan perdagangan produk-produk furnitur dengan menambah armada own-fleet berupa truk. Adapun saat prospektus diterbitkan, perseroan masih dalam tahap penjajakan bagi pihak yang akan ditunjuk sebagai lawan transaksi dengan perseroan. Perseroan memperkirakan jangka waktu pelaksanaan penggunaan dana sekitar dua tahun.

Selain itu, sekitar 88,22% akan digunakan oleh OLIV untuk modal kerja dalam bentuk pembelian persediaan, gaji karyawan, serta kegiatan pemasaran. Penggunaan dana penawaran umum ini juga meliputi penyewaan gudang-gudang baru. Adapun saat prospektus ini diterbitkan, perseroan masih dalam tahap penjajakan beberapa pilihan lokasi gudang baru tersebut di mana lokasi gudang baru tersebut akan bertempat di berbagai kota di Indonesia.

Sedangkan, dana yang diperoleh perseroan dari pelaksanaan waran seri I akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja dalam bentuk pembelian persediaan, gaji karyawan, serta kegiatan pemasaran.

Baca juga: Lippo Karawaci (LPKR) Berpeluang Untuk Terus Lanjutkan Tren Positif di 2022

Untuk diketahui, Oscar Mitra Sukses Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan furnitur online. Sebagai salah satu pioner di penjualan online, perseroan diundang untuk bekerja sama dengan berbagai marketplace, salah satunya JD.ID di mana perseroan memperoleh penghargaan sebagai toko furniture pertama di marketplace tersebut.

Awalnya, perseroan menggunakan kesempatan tersebut sebagai saluran penjualan tambahan untuk kegiatan usahanya. Namun dengan meningkatnya tren belanja online dan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, pada saat ini penjualan online menjadi salah satu kontribusi terbesar terhadap penjualan perseroan.

Berikut jadwal lengkap IPO OLIV:

Tanggal efektif: 27 April 2022

Masa penawaran umum perdana saham: 9-12 Mei 2022

Tanggal penjatahan: 12 Mei 2022

Tanggal distribusi saham & waran secara elektronik dan refund: 13 Mei 2022

Tanggal pencatatan sahan dan waran seri i pada Bursa Efek Indonesia: 17 Mei 2022

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN