Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
IST

IST

HIPMI Jabar Investment Festival Genjot Pengusaha Pahami Pasar Modal dan Go Public

Senin, 20 Juni 2022 | 10:37 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Bidang 2 BPD HIPMI Jawa Barat (Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan) gelar program HIPMI Jabar Investment Festival yang berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jawa Barat dan Mirae Asset Sekuritas di Investor & Trader Community Center Mirae Asset Sekuritas Indonesia di Galeri Dago Bandung, baru-baru ini.

HIPMI Jabar Investment Festival sendiri merupakan program yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan seperti Sekolah Pasar Modal, Workshop Go Public (Road To Initial Public Offering), Private Coaching Clinic (IPO Academy), dan Peresmian Galeri Investasi HIPMI Jawa Barat. Untuk kali ini, kegiatan yang dilakukan adalah Sekolah Pasar Modal dan Workshop Go Public.

Baca juga: Penuhi Modal Inti, DPR Dukung BPR Go Public

“Antusias peserta sangat luar biasa untuk mendalami pasar modal, banyak yang datang dari luar kota Bandung. Tidak menutup kemungkinan kami akan membuat batch berikutnya. Tujuan program ini adalah membantu pengusaha di HIPMI Jabar untuk mendapatkan akses permodalan melalui IPO di pasar modal dengan memfasilitasi mereka untuk bertemu dengan profesi penunjang pasar modal terbaik mulai dari underwriter, auditor, konsultan hukum dan notaris, penilai independen, dan biro administrasi efek. Kami juga akan membantu transformasi perusahaannya untuk menjadi perusahaan besar yang lebih proper dengan go public,” ucap Ketua Kompartemen Investasi UKM dan Ketua OC (Organizing Committee) HIPMI Jabar Investment Festival, dan CEO HIPMI Jabar Investment & Loan Corner Muhammad Reza Alkhawarismi dalam keterangan resmi dikutip Senin (20/6/2022).

Ketua Bidang 2 BPD HIPMI Jawa Barat Fardi N. Annafi menambahkan bahwa saat ini semakin banyak perusahaan yang semakin teredukasi, bahwa permodalan tidak hanya dari perbankan, tetapi juga dari pasar modal.

“Saat ini ada tiga perusahaan yang merupakan anggota HIPMI Jabar yang serius dan bersiap melakukan IPO. Ketiganya bergerak di industri tekstil. Kami berterimakasih juga kepada Bursa Efek Indonesia yang telah menghadirkan papan akselerasi sehingga dapat membantu rekan-rekan pengusaha yang usahanya berada di skala kecil dan menengah untuk dapat melantai di bursa," sebut Fardi.

Baca juga: Mengakselerasi Proses Go Public Perusahaan Startup

Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Barat, Surya Batara Kartika, dalam sambutannya pun juga menyatakan bahwa HIPMI dapat bertindak sebagai supply dan demand di pasar modal. “Di sisi supply HIPMI memberikan dorongan terhadap pengusaha-pengusaha muda di Jawa Barat untuk segera IPO. Sedangkan di sisi demand, minat para pengusaha muda yaitu untuk berinvestasi dan membeli perusahaan-perusahaan yang sudah IPO pun cukup besar. Jadi, HIPMI dapat memberikan kontribusi besar pada pasar modal di Indonesia," katanya.

Saat ini, jumlah investor pasar modal, khususnya saham, di Jawa Barat mengalami pertumbuhan pesat. Selama tahun 2021, terjadi pertumbuhan sebesar 153% sedangkan investor saham nasional tumbuh 103%. Di Jawa Barat, dari angka 267 ribu investor naik menjadi 765 ribu investor saham. Sedangkan pada 2022, hingga Juni sudah menembus 800 ribu investor.

Sementara itu, Senior Area Manager Mirae Aset Sekuritas Ilham Muslim mengatakan, dengan mengikuti Sekolah Pasar Modal diharapkan pengusaha muda lebih melek investasi.

“Kami ingin mengembangkan melek investasi untuk komunitas-komunitas ataupun perusahaan yang ada di HIPMI maupun masyarakat Jawa Barat, karena kami yakin perkembangan investor Jawa Barat itu akan berkembang pesat. Sekolah Pasar Modal juga merupakan literasi dan inklusi pasar modal, dengan target meningkatkan jumlah investor yang terdaftar di Mirae Asset Sekuritas sebanyak 50%", kata Ilham.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN