Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Komisaris Utama PT Jhonlin Agro Raya Tbk (JARR) Jhony Saputra. (Foto: Perseroan)

Komisaris Utama PT Jhonlin Agro Raya Tbk (JARR) Jhony Saputra. (Foto: Perseroan)

Besok, Jhonlin Agro (JARR) Listing di BEI, Komut Berusia 21 Tahun Bakal Tampil?

Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:32 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Jhonlin Agro Raya Tbk (JARR) dijadwalkan mencatatkan (listing) perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (4/8/2022).

Jhonlin Agro telah menggelar penawaran umumnya pada 29 Juli-2 Agustus 2022 dengan memasang harga penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) Rp 300 atau di harga tertinggi.

Advertisement

Baca juga: Anak Usaha ASII, Astra Digital Jual Merek Dagang Aplikasi Movic ke Perusahaan Bentukan Toyota

Perseroan melepas 1.222.950.000 saham baru dengan nilai nominal Rp 100. Jumlah saham itu setara dengan 15,29% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah IPO. Dari aksi ini, JARR meraup dana Rp 366,88 miliar.

Berperan sebagai lead underwriter adalah PT Investindo Nusantara Sekuritas. Selain itu, penjamin emisi efeknya ialah PT Panca Global Sekuritas, PT Binaartha Sekuritas, dan PT Lotus Andalan Sekuritas.

Seluruh dari IPO, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, rencananya sekitar 21% akan digunakan untuk pembayaran sebagian biaya pembangunan proyek pabrik kelapa sawit. Penggunaan dana ini dikategorikan sebagai capital expenditure (capex).

Sekitar 79% akan digunakan JARR untuk modal kerja, yaitu untuk pembeli CPO dan bahan baku lainnya. Penggunaan dana ini dikategorikan sebagai operating expenditure (OPEX).

Pemegang saham JARR sebelum IPO adalah PT Eshan Agro Sentosa 99,91% dan PT Sinar Bintang Mulia 0,09%. Eshan Agro Sentosa adalah subholding dari PT Jhonlin Group yang berkantor pusat di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Di mana, 98,5% saham Jhonlin Group dimiliki oleh Haji Samsudin Andi Arsyad atau Haji Isam yang juga dijuluki 'Crazy Rich Kalimantan Selatan'.

Dalam prospektus JARR ditegaskan pula bahwa pihak yang bertindak sebagai pemilik manfaat akhir (ultimate beneficial owner) perseroan adalah Haji Samsudin Andi Arsyad.

Baca juga: GOTO Umumkan Transaksi Afiliasi Terbaru, Ada Kaitannya dengan TBS Energi (TOBA)

Selain itu, komisaris utama (komut) Jhonlin Agro Raya adalah Jhony Saputra, berusia 21 tahun, yang mana merupakan anak dari Haji Isam. Pendidikan terakhirnya di SMA Al Azhar Jakarta pada tahun 2018. Menjabat posisi di Jhonlin Agro Raya sejak tahun 2022 sebagai komut. Apakah Jhony Saputra akan ikut tampil dalam seremoni virtual pencatatan perdana saham JARR besok?

Adapun pihak BEI sudah mengirimkan undangan kepada media massa pada Rabu (3/8/2022), terkait seremoni virtual pencatatan perdana saham PT Agung Menjangan Mas Tbk (AMMS) dan Jhonlin Agro (JARR) yang diselenggarakan pada Kamis (4/8/2022).

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN