Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pengunjung melihat pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pengunjung melihat pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Kedatangan 5 Pencatatan Saham Pekan Ini, BEI Jadi Bursa Paling Aktif di Asean  

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Pada pekan ini, terdapat pencatatan 5 Saham di PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Kehadiran kelimanya menggenapkan jumlah total perusahaan tercatat di BEI menjadi 800 emiten. Ini menjadikan BEI sebagai paling aktif di Asean.

Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono mengatakan, upaya tersebut, salah satunya yakni dengan melakukan sosialisasi kepada calon perusahaan tercatat di seluruh Indonesia dan penyesuaian beberapa peraturan guna mempermudah perusahaan melantai di BEI. Selain itu, pada tahun 2021, pasar modal Indonesia mencatatkan rekor nilai penggalangan dana tertinggi penawaran umum saham di kawasan ASEAN sebesar Rp 62,5 triliun.

"Tidak hanya itu, BEI juga merupakan bursa paling aktif di ASEAN dengan pencatatan saham baru terbanyak selama empat tahun berturut-turut. Sepanjang periode tahun 2018 s.d. 2021 telah terdapat 217 perusahaan tercatat baru di BEI dan pencapaian ini lebih tinggi dibandingkan dengan bursa-bursa lain dalam kawasan ASEAN," jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat (5/8/22).

Baca juga: Jangan Kaget! Empat Pendatang Baru Listing di BEI Hari Senin, Ada yang Raup Dana Jumbo

Adapun sampai dengan 5 Agustus 2022, telah terdapat 34 perusahaan yang mencatatkan sahamnya di BEI dengan dana yang berhasil dihimpun sebesar Rp 20,1 triliun serta terdapat 30 perusahaan dalam pipeline pencatatan saham BEI.

Pada pekan ini, pencatan saham diawali pada 2 Agustus 2022 oleh PT Utama Radar Cahaya Tbk (RCCC) resmi tercatat pada Papan Akselerasi sebagai Perusahaan Tercatat ke-30 di BEI pada tahun 2022.  RCCC bergerak pada sektor Transportation & Logistic dengan sub sektor Logistics & Deliveries. Adapun Industri dan sub industri RCCC adalah Logistics & Deliveries.

PT Aman Agrindo Tbk (GULA) mulai dicatatkan di Papan Pengembangan dan menjadi Perusahaan Tercatat ke-31 yang tercatat di BEI pada tahun 2022 pada 3 Agustus 2022. GULA bergerak pada sektor Consumer Non-Cyclicals dengan sub sektor Food & Beverage. Adapun Industri dan sub industri GULA adalah Processed Foods.

Baca juga: Dari UMKM ke Go Public, Kebab Baba Rafi (RAFI) Jadi Perusahaan Tercatat ke-800 di BEI

Selanjutnya, pada 4 Agustus 2022, saham dan waran PT Agung Menjangan Mas Tbk (AMMS) mulai dicatatkan pada Papan Akselerasi BEI. Sedangkan PT Jhonlin Agro Raya Tbk. (JARR) mulai mencatatkan sahamnya pada Papan Pengembangan BEI. AMMS dan JARR menjadi Perusahaan Tercatat ke-32 dan ke-33 yang tercatat di BEI pada tahun 2022.

AMMS bergerak pada sektor Consumer Non-Cyclicals dengan sub sektor Food & Beverage. Adapun Industri AMMS adalah Agricultural Products dengan sub industri Fish, Meat, & Poultry. JARR bergerak pada sektor Consumer Non-Cyclicals dengan sub sektor Food & Beverage. Adapun Industri JARR adalah Agricultural Products dengan sub industri Plantations & Crops.

Pada 5 Agustus 2022, PT Sari Kreasi Boga Tbk (RAFI) melakukan pencatatan saham dan waran RAFI pada Papan Pengembangan serta menjadi Perusahaan Tercatat ke-34 yang tercatat di BEI pada tahun 2022. RAFI bergerak pada sektor Consumer Cyclicals dengan sub sektor Consumer Services. Adapun Industri RAFI adalah Tourism & Recreation dengan sub industri Restaurants. Sampai dengan saat ini, telah terdapat 800 Perusahaan Tercatat Saham di BEI yang merupakan pencapaian baru pasar modal Indonesia.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN