Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas melintas di depan monitor perdagangan saham Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Foto ilustrasi:  Beritasatu Photo/Uthan AR

Petugas melintas di depan monitor perdagangan saham Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Harga IPO Ladangbaja Rp 125, Listing 10 Juni

Senin, 31 Mei 2021 | 20:15 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Ladangbaja Murni Tbk (LABA) akan melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham pada 2–4 Juni 2021 dan menentukan penjatahan pada 8 Juni 2021. Harga pelaksanaan IPO Ladangbaja Rp 125.

Perseroan berencana melepas 200 juta saham atau 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Dengan demikian, total dana yang diraih perseroan Rp 25 miliar. Pencatatan saham (listing) di Bursa Efek Indonesia dijadwalkan pada 10 Juni 2021.

Ladangbaja telah menggandeng PT Indo Capital Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek bersama PT Panin Sekuritas Tbk dan PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk Perseroan juga akan menerbitkan waran seri I sebanyak 280 juta bersamaan dengan saham baru yang diberikan secara cuma-cuma, dengan asio 5:7.

Waran seri I memiliki exercise price Rp 150 dan akan dicatatkan bersamaan dengan pencatatan saham perdana perseoran pada tanggal 10 Juni 2021. Dana hasil IPO akan digunakan untuk modal kerja sebesar 50% dan sisanya untuk belanja mesin produksi dan perluasan divisi moulding untuk mendukung produk unggulan perseroan, yaitu mould base dan precision mould.

“Keputusan untuk ekspansi dengan penambahan divisi mould base dan pembangungan pabrik mould base juga akan menempatkan perseroan sebagai pemain pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI),” tulis manajemen Ladangbaja dalam keterangan resmi, Senin (31/5/2021).

Perseroan akan merelokasi pabrik di Sunter, Jakarta, ke pabrik dan gudang di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, yang akan dimulai kuartal IV tahun ini, dengan estimasi selesai pengerjaan pada kuartal I-2022. Hal ini akan meningkatkan efisiensi kinerja perseroan.

Relokasi pabrik itu dilakukan setelah melakukan analisis pasar dan kapasitas operasional perseroan. Perusahaan ini berharap ekspansi bisnis selama lima tahun berikutnya akan meningkatkan kinerja produksi.

Manajemen Ladangbaja optimistis terhadap prospek pasar mould base masih belum terjangkau. Selain itu, perseroan telah mendapatkan stand-by customer untuk produk mould base.

“Perseroan juga sedang melakukan uji coba pada lini bisnis baru berupa injection mould, yang akan menghasilkan barang jadi berbahan dasar plastik. Lini bisnis baru ini juga dapat menjadi sumber pendapatan baru perseroan yang akan memperbaiki kinerja,” tulis manajemen.

Adapun pelanggan Ladangbaja selama tiga tahun terakhir antara lain PT Astra Honda Motor, Panasonic, Epson Indonesia, PT Sepatu Bata Tbk, dan Ecco Shoes Indonesia. Mereka tertarik dengan produk-produk Ladangbaja, baik yang lama maupun baru.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN