Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Grab. Foto: IST

Grab. Foto: IST

Grab dan Ninja Van Kerja Sama Logistik di Asia Tenggara

Rabu, 1 Mei 2019 | 20:45 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA – Perusahaan logistik ekspres berbasis teknologi Ninja Van dan Grab Inc, super app terkemuka di Asia Tenggara, mengumumkan kemitraan strategis. Keduanya bersepakat akan mengintegrasikan layanan logistik Ninja Van dalam aplikasi Grab melalui GrabExpress, layanan pengiriman paket on-demand milik Grab.

Sebagai bagian dari kerja sama strategis itu, Grab pun telah berinvestasi di Ninja Van. Dengan menyatukan dua penyedia solusi logistik terkemuka di Asia Tenggara melalui aplikasi Grab, kemitraan bertujuan untuk dapat melayani kebutuhan usaha kecil dan menengah (UKM), social seller, dan pelanggan dengan lebih baik.

Layanan logistik Ninja Van akan tersedia dalam aplikasi Grab melalui GrabExpress pada paruh, atau semester kedua tahun ini. Layanan akan tersedia di kawasan Asia Tenggara yang akan diimplementasikan secara bertahap.

Co-Founder and CEO Ninja Van Lai Chang Wen mengatakan, pihaknya sangat senang dengan kerja sama tersebut, dan, bagaimana hal ini dapat membantu bisnis kecil dan komunitas social seller di Asia Tenggara. Bahkan, kerja sama juga akan bermanfaat bagi pelanggan yang ingin mengirimkan barang secara berkala.

“Melihat jumlah pengguna Grab yang sangat banyak, kami dapat menawarkan mereka cara termudah untuk menikmati layanan logistik kami yang lengkap, serta menawarkan layanan pengiriman barang andal dan mudah yang didukung oleh teknologi,” ujar Lai Chang Wen, dalam keterangannya, Senin (29/4).

Head of GrabExpress Adelene Foo menuturkan, e-commerce dan social commerce tengah bertumbuh di Asia Tenggara, dan, Grab berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan jutaan e-commerce dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Asia Tenggara untuk terus bertumbuh melalui GrabExpress.

“Kerja sama dengan Ninja Van akan memampukan kami untuk menawarkan berbagai pilihan pengantaran yang terlengkap di Asia Tenggara melalui aplikasi Grab, dan memudahkan penjual, pembeli, serta merchant untuk mengirim dan menerima barang mereka,” jelas Adelene.

Kerja sama regional itu pun akan memperluas jangkauan pengantaran GrabExpress di luar jasa layanan pengantaran menggunakan kurir ondemand dan same-day yang saat ini ditawarkan. Layanan terbaru akan menawarkan pilihan lain, seperti pengiriman terjadwal ke seluruh penjuru daerah secara nasional.

Grabexpress.
Grabexpress.

Kolaborasi

Kolaborasi keduanya juga akan memperluas jangkauan layanan GrabExpress secara signifikan dan memampukan pengantara antarkota. GrabExpress saat ini tersedia di 150 kota di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Indonesia.

GrabExpress merupakan sebuah bisnis yang bertumbuh secara signifikan dalam ekosistem Grab, memampukan pelanggan, platform perdagangan secara elektronik (e-commerce), dan social sellers, untuk mengirim dan menerima paket dengan mudah. Mulai Maret 2018 hingga Desember 2018, volume pengiriman barang instan dan same-day GrabExpress telah bertumbuh lebih dari tiga kali lipat.

Grab adalah salah satu mobile platform online-to-offline (O2O) yang paling sering digunakan di Asia Tenggara, menyediakan banyak layanan harian yang paling berarti bagi konsumen. Saat ini, aplikasi Grab telah diunduh sebanyak lebih dari 144 juta, memberikan pengguna Grab kemudahan untuk terhubung dengan 9 juta mitra pengemudi dan agen.

Grab memiliki armada transportasi darat yang besar dan telah mencapai lebih dari 3 miliar perjalanan sejak didirikan tahun 2012. Grab menyediakan layanan transportasi on-demand di Asia Tenggara serta layanan pengantaran makanan dan barang di lebih dari 336 kota di delapan negara.

Sementara itu, Ninja Van merupakan perusahaan logistik last-mile dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, melayani berbagai perusahaan, dan bisnis e-commerce. Menjangkau lebih dari 450 kota di Asia Tenggara, Ninja Van menghubungkan penjual dan pembeli dengan jangkauan luas miliknya di enam negara, yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Indonesia.

Sebagai perusahaan logistik ekspres berbasis teknologi, Ninja Van menyediakan solusi pengiriman tanpa repot untuk bisnis dari semua ukuran di Asia Tenggara. Diluncurkan pada 2014, Ninja Van mulai beroperasi di Singapura dan telah menjadi perusahaan logistik jarak jauh terakhir yang tumbuh tercepat di kawasan ini, memberi daya pada bisnis dengan solusi logistic yang inovatif.

Kerja sama regional dengan Grab itu akan meningkatkan kemampuan Ninja Van untuk menghadirkan layanan bagi pengguna Grab dengan jumlah yang banyak di enam negara tersebut, terutama bagi UKM dan komunitas social seller.

Keunggulannya, pelanggan pun segera dapat mengirimkan barang mereka dengan mudah melalui satu aplikasi dan menikmati pengalaman pengantaran terbaik dengan kenyamanan dan jangkauan luas pada jaringan Ninja Van.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN