Menu
Sign in
@ Contact
Search
Mantan Bos Gojek, Nadiem Makarim ke Istana Negara/Beritastu TV

Mantan Bos Gojek, Nadiem Makarim ke Istana Negara/Beritastu TV

Mendikbud Minta Google Prioritaskan Digitalisasi di Indonesia

Rabu, 20 Nov 2019 | 16:00 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem menitipkan pesan kepada Google  Indonesia terkait prioritas pembangunan teknologi dan digitalisasi bagi berbagai keperluan sehari-hari di Indonesia, tak terkecuali bidang pendidikan.

Menurut Nadiem, demi meraih cita-cita Indonesia yang maju dan punya sumber daya manusia (SDM) yang unggul, Indonesia memerlukan jalan pintas untuk mencapainya, atau shortcut digitalisasi lewat teknologi.

Ia pun meminta perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat itu untuk lebih berperan dan menjadikan Indonesia sebagai negara prioritas bagi kemajuan ekosistem digital melalui program terbaru Google bertajuk Bangkit yang baru saja diluncurkan di Jakarta, Rabu (20/11).

"Untuk Google, saya meminta agar menjadikan Indonesia prioritas pertama di dunia. Kita memiliki kabinet yang siap berkolaborasi. Kita punya animo dan OKR (objectives and key results) yang mulai kita implementasikan," kata Nadiem di sela acara Google for Indonesia.

Advertisement

Lebih lanjut, ia pun mengajak Google untuk bekerja sama lebih erat dengan pemerintah Indonesia. Menurut mantan CEO Gojek itu, pemerintah siap berkomitmen dan mendukung penuh program Google itu.

Nadiem juga meminta kepada perusahaan mesin pencarian secara daring terbesar di dunia itu untuk meningkatkan program dalam skala yang lebih besar agar teknologi digital dapat dijangkau oleh banyak anak-anak melalui kegiatan Bangkit.

"Skalanya jangan kecil. Jangan cuma 300 (anak). Kita harus berpikir bagaimana program ini bisa sampai 300 ribu anak. Jangan pesimistis," katanya.

Peran teknologi juga dinilainya memiliki keterkaitan yang dekat dengan anak-anak, sumber daya manusia, maupun pengguna teknologinya.

Karena itu, teknologi juga diharapkan dapat menggugah kapabilitas dan skalabilitas individu menjadi lebih berdampak luas, produktif, lebih efisien, dan juga berfokus pada penggunanya (user centric).

"Yang lebih penting dari perangkat lunak adalah bagaimana teknologi membentuk manusia, meng-enhance kapabilitas manusia untuk berkarya ke tingkat yang lebih tinggi," ujarnya.

Dalam membangun teknologi, lanjut dia, cara kerja kita juga harus berbeda. “Bukan hanya dari produk, tapi dari cara kita membangun, mengasah teknologi itu menjadi user centric," pungkas Nadiem.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com