Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi kejahatan  siber.yang bisa mengancam perangkat pintar dan jaringan teknologi informasi.(Sumber: blog.rackspace.com)

Ilustrasi kejahatan siber.yang bisa mengancam perangkat pintar dan jaringan teknologi informasi.(Sumber: blog.rackspace.com)

Layanan ManageEngine Jangkau Industri Besar

Senin, 2 November 2020 | 09:30 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - ManageEngine merupakan perusahaan penyedia solusi aplikasi dan keamanan siber bagi banyak organisasi, atau perusahaan, termasuk di Indonesia. Jasanya banyak digunakan perusahaan pada industri besar, antara lain keuangan, telekomunikasi, otomotif, serta minyak dan pertambangan. 

“Untuk sektor industri yang banyak menggunakan solusi ManageEngine adalah perbankan, keuangan dan asuransi (banking, financial service, and insurance/BFSI), telekomunikasi, otomotif, serta minyak dan pertambangan,” tutur Product Manager at ManageEngine Ananthakhrisnan Vaidyanathan kepada Investor Daily, Senin (2/11).

Menurut dia, untuk penguasaan pasar (market share), Indonesia saat ini masuk dalam tiga (top 3) pasar terbesar bagi ManageEngine di kawasan Asia Tenggara. Sedangkan kontribusi klien terbanyak berasal dari kalangan perusahaan besar (enterprise).

ManageEngine memiliki banyak alat dan solusi untuk mengelola dan mengamankan ujung akhir dari sebuah sistem jaringan. Desktop Central, produk andalan ManageEngine dalam manajemen endpoint, berguna untuk mengelola workstation, server, telepon genggam, dan perangkat lain di dalam sistem operasi.

Selain itu, ada produk mandiri yang mampu mengidentifikasi dan mengurangi kerentanan keamanan endpoint, seperti memperkuat workstation, melindungi perangkat seluler, mengontrol aplikasi dan perangkat USB, serta banyak lagi.

ManageEngine juga memiliki solusi perlindungan kata kunci (password), informasi keamanan dan managemen kejadian (security information and event mangement/SIEM), analisis perilaku entitas dan pengguna (user behaviour analysis/UeBA), ancaman tersembunyi, keamanan kata sandi, serta keamanan cloud dan data.

“Tujuan utama dari setiap pengaturan keamanan siber adalah untuk melindungi satu entitas, yaitu data perusahaan. Mengamankan data perusahaan dimulai dengan mengamankan titik akhir (endpoint) yang mengakses data ini,” tutur  Ananthakhrisnan.

Dia melanjutkan, solusi ManageEngine mencakup seluruh spektrum dari manajemen teknologi informasi, sehingga memungkinan klien perusahaan bergerak secara gesit saat melakukan transformasi digital.

“Hal ini termasuk untuk membantu pelanggan mengelola infrasatruktur cloud lokal, pribadi, dan publik mereka secara efektif,” tambahnya.

Dengan fleksibilitas, kustomisasi dan dapat diperpanjang, para pengguna bisa menggunakan rangakai solusi yang dimiliki ManageEngine sesuai dengan kebutuhannya.

Solusi bisa digunakan mulai dari organisasi/usaha skala kecil hingga besar yang membutuhkan lebih banyak teknologi terintegrasi, sehingga terbentuk manajemen teknologi yang efisien dan memenuhi kebutuhan secara spesifik.

Transformasi Digital

Solusi ManageEngine sangat diperlukan untuk menopang transformasi digital yang tengah sangat cepat berlangsung prosesnya akibat pandemi Covid-19, termasuk aktivitas bekerja dari rumah dan belajar daring.

Dengan banyaknya perusahaan yang beralih ke sistem bekerja dari rumah (work from home/WFH), muncul perhatian besar terhadap pengendalian jarak jauh dan manajemen komputer pribadi untuk menjamin keamanan bekerja jarak jauh.

Solusi yang memfasilitasi bisnis untuk tetap berjalan serta pengelolaan dan pemantauan jarak jauh (remote monitoring and management/ RMM) saat ini pun meningkat permintaannya.

“Tren tersebut akan tetap ada selama beberapa tahun ke depan karena perusahaan tidak bisa mengetahui secara pasti kapan krisis ini akan berakhir,” tuturnya.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com