Menu
Sign in
@ Contact
Search
Logo aplikasi media sosial TikTok terpampang di layar ponsel. ( Foto: OLIVIER DOULIERY / AFP )

Logo aplikasi media sosial TikTok terpampang di layar ponsel. ( Foto: OLIVIER DOULIERY / AFP )

Interaksi Pengguna TikTok Indonesia Naik saat Ramadan

Selasa, 16 Mar 2021 | 21:01 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - TikTok, platform video pendek, menyampaikan bahwa keterlibatan dan interaksi aktif (engagement) penggunanya di Indonesia cenderung mengalami peningkatan jelang dan saat bulan suci Ramadan.

"Sebanyak 71% pengguna TikTok merayakan Ramadan dengan caranya masing-masing. Salah satunya dengan melakukan aktivitas di rumah," kata Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini, dalam diskusi media ‘TikTok Ramadan Insight 2021’ yang digelar secara daring, Selasa (16/3).

Menurut dia, tren tersebut terlihat dari Ramadhan tahun lalu, di mana terdapat 29% peningkatan engagement selama bulan tersebut dibandingkan rerata harian. Platform TikTok dimanfaatkan pengguna untuk memberikan makna lebih bagi kebersamaan dengan berbagi inspirasi yang membuat Ramadan lebih berkesan.

Lebih lanjut, Sitaresti memaparkan bahwa di tahun ini, sebanyak 96% pengguna TikTok menyatakan ingin lebih aktif di platfrom daring dan akan mengunggah konten dalam platform digital selama bulan Ramadan nanti dengan berbagai konten tren, seperti kebersamaan bersama keluarga dan kerabat.

Advertisement

Selain menyampaikan tren pengguna pribadi, ‘TikTok Ramadan Insight 2021’ juga menyoroti berbagai jenis konten yang dapat dimanfaatkan pemilik merek (brand), atau UMKM untuk menarik audiens baru.

Dari survei tersebut, tahun ini, sebagian besar pengguna menantikan konten religi, makanan, informasi terbaru dari keluarga dan kerabat, konten keseharian, serta fesyen dan kecantikan.

Konten-konten tersebut biasanya dijadikan sebagai inspirasi dan rekomendasi untuk menemukan produk-produk tepat yang diinginkan oleh para pengguna TikTok.
Pemilik brand pun memiliki kesempatan besar untuk terhubung dengan para pengguna TikTok yang sangat engaged selama bulan Ramadan dengan cara yang autentik.

“Para pengguna dapat secara langsung terlibat dalam kampanye brand dengan cara membuat konten sendiri sesuai dengan kreativitas mereka," jelas Sitaresti.

Pengguna TikTok di Indonesia pun sangat reseptif terhadap iklan. Sebanyak 90% mengaku untuk mengambil tindakan lanjutan, mencari tahu lebih lanjut tentang produk, mengetuk tautan iklan/akun brand, berkomentar, dan lainnya, setelah melihat iklan yang tayang di platform.

Untuk membantu para UMKM dalam melakukan kampanye pemasaran di bulan Ramadan mendatang, TikTok pun menghadirkan platform layanan mandiri (self-serve) untuk solusinya, yakni TikTok For Business.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com