Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Konferensi pers virtual investasi Init 6 di IDCloudHost. Tampak Ahmad Zaky (dua dari kiri bawah) ikut konferensi pers. (IST)

Konferensi pers virtual investasi Init 6 di IDCloudHost. Tampak Ahmad Zaky (dua dari kiri bawah) ikut konferensi pers. (IST)

Investasi US$ 5 Juta di IDCloudHost

Achmad Zaky Rambah Bisnis Solusi Cloud

Selasa, 23 Maret 2021 | 19:20 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id, Achmad Zaky, melalui perusahaan modal ventura (venture capital) besutannya, Init 6, menginvestasikan dana US$ 5 juta di IDCloudHost, start-up besutan anak bangsa yang bergerak di bidang solusi komputasi awan (cloud). Zaky dikenal sebagai founder dari perusahaan teknologi dan e-commerce Bukalapak.

Dana segar tersebut akan digunakan IDCloudHost untuk memperkuat teknologi, pengembangan sumber daya manusia (SDM), serta mengembangkan pasar cloud, khusunya pada segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia dan Asia Tenggara.

Selain itu, IDCloudHost menargetkan untuk menambah jumlah pelanggan menjadi 1 juta pelanggan dalam waktu dua tahun ke depan. Saat ini, start-up ini memiliki 100 ribu pelanggan yang sebagian besar UMKM.

“Sesuai dengan komitmen kami, sejak awal berdiri 2015, kami akan fokus memperkuat teknologi dan SDM untuk mendukung eksekusi dari seluruh rencana dan strategi bisnis yang sudah ditetapkan,” kata CEO IDCloudHost Alfian Pamungkas Sakawiguna, melalui virtual conference, Selasa (23/3).

Menurut dia, pihaknya sangat yakin dengan adanya pendanaan dari Init 6, termasuk dukungan keahlian dari pengalaman Achmad Zaky yang akan memperkaya dan memperkuat IDCloudHost.

IDCloudHost pun akan terus berinovasi serta melahirkan berbagai produk dan layanan terbaik yang dibutuhkan oleh pasar. Perusahaan yang dipimpinnya akan menjadi solusi dalam mempercepat digitalisasi di Indonesia dan kawasan Asia lainnya.

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asean, lanjut Alfian, Indonesia merupakan pasar yang sangat menarik. Perkembangan infrastruktur digital selama delapan tahun terakhir di berbagai sektor, seperti UMKM, korporasi, dan start-up juga semakin cepat.

“Melihat berbagai peluang di industri digital dan potensi pertumbuhan yang akan terus meningkat di masa depan, kami yakin IDCloudHost akan bertumbuh dan berkembang lebih pesat lagi,” imbuhnya.

Sebagai perusahaan rintisan, IDCloudHost fokus memberikan layanan infrastruktur cloud. Visi perusahaan yang dipimpinnya menjadi cloud provider di Indonesia yang terbesar, terlengkap, dan terpercaya, dengan membawa nilai-nilai sosial dalam mendukung ekosistem digital.

“Misi kami menjadi one stop solutions. Kami ingin menjadi bagian dari proses percepatann transformasi digital di Indonesia,” jelas Alfian.

Dia melanjutkan, selama lima tahun terakhir, ribuan pelanggan IDCloudHost telah mampu mengembangkan bisnis dengan baik menggunakan platform digital. Pasar mereka juga meluas seiring dengan sebaran internet dan pemahaman masyarakat yang semakin baik dalam ekosistem digital.

Start-up Unik

Sementara itu, Achmad Zaky mengungkapkan, IDCloudHost merupakan start-up besutan anak bangsa yang unik. Pasalnya, para pendirinya telah mendalami dan mengoprek clolud sejak di bangku SMA.

Selain itu, karena fokus pada pasar UMKM. Zaky pun akhirnya memilih untuk memasukkan IDCloudHost dalam portofolio investasi Init 6 yang dibesutnya.

“Kita tahu, cloud ini sangat berkembang. Banyak pemain dari seluruh dunia, seperti Amazon, Google. Sedangkan IDCloudHost  memiliki market yang sangat unik, yaitu small medium enterprise (SME/UMKM). Dan, SME cocok untuk negara berkembang seperti Indonesia,” tuturnya.

Karena itu, dengan pertimbangan tersebut, IDCloudHost bisa ekspansi ke negara berkembang lainnya di Asia. “Produk IDCloudHost pun cocok di-scale up tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia,” ungkap Zaky.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN