Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo, (IST)

Jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo, (IST)

Silaturahmi Virtual Dorong Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 10%

Senin, 17 Mei 2021 | 19:17 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Tahun ini, tradisi mudik merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar di kampung halaman kembali harus ditunda seiring diterapkannya aturan pengetatan mobilitas masyarakat di tengah Covid-19. Silaturahmi secara virtual pun telah mendorong trafik data PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) naik 10% selama masa Lebaran tahun ini.

Semakin meningkatnya kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia, khususnya pada layanan data, pun telah diantisipasi oleh Indosat Ooredoo sejak awal tahun ini melalui penambahan kapasitas jaringan, pembangunan site baru, serta fiberisasi jaringan 4G berkualitas video.

Dampaknya, lonjakan kenaikan trafik data selama masa Lebaran tahun ini pun berhasil diimbangi dengan kualitas layanan prima. Hal ini ditunjukkan dengan kecepatan unduh rata-rata menjadi 9% lebih cepat dibandingkan hari biasa.

Di sisi lain, kualitas layanan telekomunikasi dasar lain, seperti telepon dan SMS, tetap dijaga di level tertinggi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengaduan pelanggan yang masuk ke call center dan kanal pelayanan digital Indosat Ooredoo turun 37% di masa Lebaran tahun ini. Lebih dari 90% tiket pengaduan pun berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam.

Jumlah pengguna aktif aplikasi myIM3 juga naik 8% dibandingkan hari biasa. Pelanggan Indosat Ooredoo tetap bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G berkualitas video meskipun terjadi tren peningkatan trafik, khususnya data.

“Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, senang rasanya Indosat Ooredoo bisa memberikan pengalaman terbaik di masa yang penuh tantangan ini dengan berbagai produk dan layanan yang berkualitas, transparan, dan dipercaya pelanggan,” ujar Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha, dalam pernyataannya, Senin (17/5).

Vikram pun mengaku turut bangga Indosat Ooredoo telah berperan aktif mendukung program pemerintah dalam mengendalikan penyebaran Covid-19, khususnya di masa Lebaran ini, dengan mengganti tradisi mudik menjadi silaturahmi virtual.

“Kami berkomitmen menjaga kualitas jaringan, produk, dan layanan Indosat Ooredoo tetap optimal untuk mendukung aktivitas #SilaturahmiTanpaHenti masyarakat Indonesia meskipun dilakukan secara virtual,” imbuhnya.

Telah Diantisipasi

Menurut dia, ditunjang dengan data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, Indosat Ooredoo telah berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data di masa Lebaran tahun ini, khususnya di wilayah Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Tim Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang tergabung dalam Command Center sejak H-4 Lebaran mencatat, masyarakat yang tinggal di Aceh, Banjarnegara, Cianjur, Cirebon, Jember, Kisaran Tebing Tinggi, Madura, Pati, Serang, dan Tegal sangat aktif memanfaatkan layanan data Indosat Ooredoo yang kualitasnya dipantau terus-menerus selama 24 jam dalam sehari.

Peningkatan trafik telekomunikasi dan pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis juga mampu diantisipasi melalui penerapan model operasi digital berbasis artificial intelligence dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun lalu.

Tercatat, pemakaian layanan mobile gaming naik sebesar 90%, media sosial naik 26%, messaging dan video call naik 21%, serta streaming video dan musik naik 1%. Penggunaan aplikasi TikTok, Instagram, dan WhatsApp pun meningkat tajam selama Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

“Keberhasilan menjaga kualitas layanan telekomunikasi di masa Lebaran tahun ini menjadi semakin spesial bagi kami. Video kampanye Ramadan IM3 Ooredoo, Bulan Yang Baik (feat. Sal Priadi), dinobatkan menjadi salah satu iklan Ramadan 2021 terbaik se-Asia Pasifik di platform YouTube,” tutup Vikram.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN