Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Logo BiP, aplikasi perpesanan asal Turki. (IST)

Logo BiP, aplikasi perpesanan asal Turki. (IST)

BiP Hadirkan Fitur Migrasi Percakapan Lintas Aplikasi

Rabu, 19 Mei 2021 | 20:12 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - BiP, layanan aplikasi perpesanan asal Turki, memperkenalkan fitur baru yang bisa mengakomodasi kebutuhan migrasi percakapan individu dan grup dari aplikasi perpesanan yang lain, termasuk video dan foto sekaligus. Saat ini, BiP memiliki lebih dari 80 juta pengguna di dunia, 3 juta di antaranya di Indonesia.

CEO BiP Burak Akinci mengatakan, digitalisasi menjadi sebuah standar di dalam kehidupan sekarang. Aplikasi perpesanan kini bukan sekedar aplikasi, namun sudah menjadi sebuah ekosistem untuk berkomunikasi, pekerjaan, dan perdagangan. Para penggunanya pun perlu merasa aman dan terlindungi.

“Saat ini, seperti bisa kita lihat bahwa kejahatan dunia maya sangat membayangi bisnis dan individu. Bagi kami, perlindungan keamanan data pengguna menjadi prioritas. Hal inilah yang mendasari kami untuk membuat fitur migrasi terlindungi bagi para pengguna BiP,” ujar Burak, dalam permyataannya, Rabu (19/5).

Dia juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan pasar penting bagi BiP. Sejak pertama kali aplikasi tersedia di Tanah Air, BiP mendapatkan respons yang bagus. Dalam tiga bulan pertama peluncurannya, aplikasi pun sudah diunduh oleh lebih dari 3 juta pengguna.

“Sebagai penggerak ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menawarkan potensi yang sangat besar di mana para penduduknya sudah sangat terbiasa dengan teknologi digital,” imbuhnya.

Saat ini, BiP sedang membuat rencana untuk bekerja sama dengan operator telekomunikasi dan penyedia konten lokal Tanah Air. Tujuannya untuk lebih mengembangkan fitur BiP yang relevan dengan pengguna Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk investasi di Indonesia guna meningkatkan produktivitas masyarakat dengan tetap merasa aman dalam menggunakan aplikasi kami,” jelas Burak.

Saat ini, pengguna BiP di Indonesia menempati urutan pertama dalam penggunaan panggilan video (video call) dan perpesanan dalam grup (chat group) di antara pasar internasional BiP.

Untuk panggilan video grup, BiP bisa menampung hingga 10 pengguna. Terkait dengan pengunduhan aplikasi, hari Senin merupakan waktu tertinggi untuk pengunduhan dan kota Jakarta menempati urutan pertama.

Fitur Lain

Selain panggilan video, fitur penting lain yang sangat disukai oleh pengguna Indonesia adalah terjemahan instan dan pesan tersembunyi. Fitur terjemahan tersedia dalam 106 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, Melayu, Jawa, dan Sunda.

Melalui fitur terjemahan, teknologi yang dimiliki BiP bisa langsung menerjemahkan kata dan frase secara tertulis. Dengan teknologi terjemahan real-time, BiP telah berhasil memenangkan penghargaan Aplikasi Seluler Terinovatif (Most Innovative Mobile App) di ajang Global Mobile Awards 2020.

Fitur lain yang menjadi favorit di Indonesia adalah percakapan rahasia. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa menghilangkan percakapan dari layar setelah jangka waktu tertentu. Fitur ini memberikan pengguna perlindungan privasi karena tidak ada data yang disimpan oleh BiP maupun untuk diberikan kepada pihak ketiga.

Semua fitur yang dimiliki oleh BiP pun bisa diatur oleh pengguna, termasuk  percakapan rahasia, terjemahan secara real-time. BiP juga mengklaim sangat memprioritaskan privasi pengguna.

BiP kini telah beroperasi di 192 negara. Selain fitur terjemahan real-time, panggilan video hingga 10 pengguna, BiP mendukung hingga 1.000 anggota dalam sebuah grup percakapan.

Aplikasi ini juga menyediakan mode gelap, penggunaan huruf tebal, miring, coret, atau kata-kata yang diberi garis bawah. Saat ini, aplikasi BiP sudah tersedia di GooglePlay, AppStore, dan  Huawei AppGallery.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN