Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para mitra merchant Grab. (IST)

Para mitra merchant Grab. (IST)

Grab Layani Lebih dari 2 Juta Merchant

Kamis, 27 Mei 2021 | 22:15 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Grab saat ini melayani lebih dari 2 juta mitra toko (merchant) di kawasan Asia Tenggara yang terdiri atas toko kelontong hingga brand multinasional. Teknologi dan platform Grab membantu para mitra merchant dalam mengelola operasional dan mengembangkan bisnisnya secara efisien.  

Grab membantu perkembangan bisnis para mitra merchant melalui berbagai teknologi inovatid dan terkini, antara lain artificial intelligence (AI), fitur-fitur self-service, analytics, dan masih banyak lagi.

Head of Product Merchants Grab Shashank Kohli pun berbagi informasi tentang bagaimana Grab mendukung bisnis para mitra merchant melalui fitur dan inovasi teknologi dalam gelaran ‘Grab Tech Insider: Terus Membangun Bagi Mitra Merchant Asia Tenggara, Kamis (27/5). 

Shashank menyampaikan, Asia Tenggara kini memiliki lebih dari 70 juta UMKM, atau mencakup sekitar 99% dari semua bisnis yang ada. Sebagai every day superapp, Grab telah bekerja sama dengan sebagian bisnis dari berbagai kategori dan ukuran tersebut.

“Grab memiliki misi untuk memberdayakan wirausahawan sebanyak mungkin setiap harinya. Kami percaya bahwa teknologi dan skala dari platform kami dapat mewujudkan misi ini,” ujar dia.

Grab pun saat ini memiliki GrabMerchant, sebuah platform terpadu untuk mitra merchant yang mengintegrasikan layanan pengantaran dan layanan keuangan Grab. Layanan ini memberikan pengalaman yang optimal bagi mitra merchant GrabFood dan GrabMart.

Sejumlah fitur GrabMerchant, termasuk fitur untuk mengelola operasi harian, onboarding, dan pengoptimalan pertumbuhan. GrabMerchant merupakan aplikasi super untuk para mitra merchant yang dapat diakses melalui perangkat seluler.

Kehadirannya untuk memudahkan operasional toko sehari-hari bagi kasir, manajer toko, dan pemilik toko, termasuk memproses pesanan makanan yang masuk dan menerima pembayaran digital.

“Aplikasi ini juga dilengkapi dengan alat layanan mandiri, seperti Menu Insights dan GrabAds untuk memberdayakan merchant guna lebih mengembangkan bisnis mereka,” imbuhnya.

Portal GrabMerchant

Selain itu, Grab menyediakan portal GrabMerchant sebagai solusi back office terpadu. Portal yang dapat diakses melalui web ini melayani mitra merchant dengan sejumlah toko besar dan memberikan mereka satu tampilan kinerja bisnis di seluruh gerai.

Portal GrabMerchant juga menyediakan sistem akuntansi yang mudah, rekonsiliasi, dan pelaporan keuangan, serta wawasan yang lebih mendalam untuk mengidentifikasi peluang pertumbuhan dan area peningkatan.

Terkait pendaftaran, saat ini, 95% merchant GrabFood dan GrabMart dapat bergabung ke dalam GrabMerchant dalam jangka waktu tiga hari. Dengan self onboarding, merchant baru dapat mendaftar melalui aplikasi GrabMerchant dan mengaktifkan toko dengan cepat.

“Merchant juga dapat mengaktifkan beberapa layanan sekaligus, seperti mendaftarkan restoran mereka di GrabFood dan mengaktifkan pembayaran OVO,” tutur Shashank.

Sistem Pembelajaran

Sementara itu, pelatihan rutin diyakini dapat meningkatkan kualitas tingkat layanan mitra merchant serta membantu pertumbuhan bisnisnya. Karena itu, Grab segera menghadirkan program pelatihan, yakni GrabAcademy, ke dalam aplikasi GrabMerchant, dengan peningkatan tambahan yang akan diluncurkan bertahap.

Beberapa di antaranya berisi materi rekomendasi konten yang dapat mengidentifikasi dan memberikan rekomendasi konten pelatihan yang relevan berdasarkan kinerja dan kebutuhan bisnis mitra merchant.

Selanjutnya, video menarik dan kursus berbasis teks menyerupai pelatihan1:1. Kemudian, adanya progress tracker untuk melacak kemajuan mitra merchant yang digunakan untuk mengetahui apa aspek yang berhasil.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN