Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam acara Virtual Milestone Day Startup Studio Indonesia Batch 2, yang disiarkan secara virtual  Jumat (6/8).

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam acara Virtual Milestone Day Startup Studio Indonesia Batch 2, yang disiarkan secara virtual Jumat (6/8).

Pandemi Covid-19, Penetrasi Layanan Digital di Indonesia Terus Meningkat

Jumat, 6 Agustus 2021 | 18:57 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengajak komunitas startup nasional untuk terus berinovasi dan lebih agresif dalam memberikan layanan digital  di Indonesia. Pasalnya, pandemi Covid-19 berimbas positif terhadap layanan digital di Indonesia.

Tak hanya itu, Kemkominfo  juga mengapresiasi peranan pelaku startup di masa pandemi yang semakin krusial dalam mendukung pemenuhan kebutuhan masyarakat, serta menggerakkan roda perekonomian daerah dan nasional.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan di masa pandemi, layanan digital dan e-commerce menjadi pilihan kebanyakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan harian.

Beberapa sektor startup seperti healthtech, e-groceries, marketplace dan logistik mengalami pertumbuhan permintaan yang signifikan. Tidak hanya startup retail, peranan startup berbasis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga sangat membantu sektor UMKM beradaptasi dengan perubahan.

“Untuk dapat menjaga momentum baik di industri startup ini, para pelaku startup perlu untuk terus berinovasi dan menciptakan produk dan layanan yang dapat menjawab permasalahan dan tantangan masyarakat yang semakin beragam ke depannya,” kata Semuel dalam acara Virtual Milestone Day Startup Studio Indonesia Batch 2, yang disiarkan secara virtual  Jumat (6/8).

Menurut Semuel, pemerintah Indonesia terus berupaya mendorong percepatan transformasi digital dalam tiga elemen esensial yaitu Pemerintahan, Ekonomi dan Masyarakat melalui sebuah framework Indonesia Digital Nation.

Dalam konteks ini, Kominfo tengah berfokus pada perluasan jaringan infrastruktur broadband dan pemanfaatan teknologi digital mencakup penyelesaian pembangunan BTS untuk koneksi 4G di seluruh Indonesia, dan persiapan implementasi 5G.

“Sementara infrastruktur aplikasi menyasar pada fasilitasi dan akselerasi pada sektor-sektor prioritas nasional dengan pengembangan solusi digital berbasis aplikasi.” ujar Semuel.

Co-founder & CTO of HappyFresh, Fajar A. Budiprasetyo menambahkan, kondisi pandemi telah mengubah perilaku konsumsi masyarakat. Studi Nielsen menyebutkan bahwa 49% konsumen menjadi lebih sering memasak di rumah akibat imbauan untuk tetap berada di rumah.

Hal itu, terlihat dari meningkatnya permintaan kebutuhan belanja rumah tangga seperti kebutuhan dapur dan kebutuhan harian lainnya di platform HappyFresh.

“Kami juga melihat tren pertumbuhan konsumen baru yang membuka akun di platform kami. Peralihan kanal belanja konsumen yang semakin nyaman dengan e-groceries ini merupakan sinyal positif yang harus terus dieksplor dan dijaga momentumnya oleh para pelaku startup e-groceries.

Caranya yaitu dengan menghadirkan lebih banyak solusi yang dibutuhkan konsumen dan memberikan groceries shopping experience terbaik. Juga dengan memastikan jaminan stok dan kualitas produk yang kita suplai; serta kecepatan pengiriman. Ketiga hal tersebut juga menjadi faktor terpenting untuk menjaga retensi pelanggan”, ungkap  Fajar.

Sementara itu, Co-Founder Moka & Head of Selly, GoTo Financial, Grady Laksmono melihat kondisi pandemi ini telah mengakselerasi sektor UMKM untuk bertransformasi digital. Untuk membantu transformasi digital ini, startup perlu untuk memahami karakteristik dan permasalahan tiap UMKM. Tujuannya agar dapat menyediakan solusi digital yang tepat dan mendukung kebutuhan bisnis mereka.

“Salah satunya adalah bagaimana memaksimalkan platform digital yang tersedia terutama di kanal offline-to-online. Berangkat dari permasalahan ini, Moka memfasilitasi para mitra UMKM kami melalui kerjasama dengan Gojek untuk memperluas kanal jualan onlinenya melalui fitur GoStore. Tidak hanya itu kami juga membantu UMKM untuk dapat berjualan di media sosial dan WhatsApp melalui platform Selly,” tutur Grady.

Program Startup Studio

Milestone Day merupakan tahapan akhir dari Startup Studio Indonesia (SSI). Program inkubasi intensif yang diinisiasi oleh Kemkominfo ini untuk pemberdayaan early-stage startup yang berfokus pada iterasi penyempurnaan produk dan model bisnis, serta retensi pelanggan awal sebelum masuk pada tahap perluasan pasar.

Mengusung tema “More Brainstorming, Less Classes”, 15 pendiri early-stage startup terpilih mengikuti serangkaian kegiatan coaching dan mentoring. Yaitu Founder’s Camp dan 1-on-1 Coaching oleh lebih dari 60 pendiri dan praktisi startup aktif terkemuka dari berbagai sektor bisnis yang telah berlangsung sejak Mei 2021.

Pada acara Milestone Day, tiap startup berkesempatan mempresentasikan bisnis dan pencapaiannya selama tiga bulan terakhir kepada para pemangku kepentingan seperti lembaga pemerintah, venture capital, korporasi terkemuka dan media. Para startup juga berkesempatan untuk membangun jejaring serta mengeksplor berbagai bentuk kolaborasi dengan para pemangku kepentingan.

“Berdasarkan diskusi pada talkshow ini, kita dapat melihat bahwa startup yang dapat berkembang adalah startup yang dapat menjawab permasalahan yang ada di masyarakat melalui inovasi produk dan layanannya,” tambah Semuel

Program inkubasi Startup Studio Indonesia lanjut Semuel, bertujuan untuk melahirkan lebih banyak early-stage startup yang kuat dalam sisi produk. Hari ini merupakan akhir dari program inkubasi Batch 2, namun tentunya dukungan Kominfo akan terus berlanjut bagi para alumni.

“Dan kami telah membuka pendaftaran Batch 3 sejak 15 Juli hingga 15 Agustus 2021. Kami mengundang early-stage startup di seluruh Indonesia untuk bergabung dalam Startup Studio Indonesia untuk bersama-sama membangun ekosistem startup nasional yang berdaya saing,” tandas Semuel.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN