Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Domain Indonesia (id) juara di kawasan Asia Tenggara. (IST)

Domain Indonesia (id) juara di kawasan Asia Tenggara. (IST)

Pandi Rayakan Domain .id Jadi Juara di Asia Tenggara

Senin, 23 Agustus 2021 | 15:52 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) merayakan keberhasilannya atas penggunaan domain kode negara Indonesia (.id) terbanyak di Asia Tenggara sebanyak 534.876 per 31 Juli 2021. Jumlah tersebut telah mengungguli pengunaan domain Vietnam (.vn) yang selama ini selalu mendominasi.

Sebagai perbandingan, pengguna nama domain.vn, menurut situs resmi Vietnam, berjumlah 531.672 per 31 Juli 2021. Data tersebut mengonfirmasi bahwa Indonesia kini telah menyalip Vietnam dalam penggunaan nama domain kode negara.

Keberhasilan tersebut pun dirayakan dalam acara tahunan ‘Pandi Meeting 12’ yang digelar secara daring pada Sabtu (21/8) pekan lalu. Acara digelar dengan tema ‘Langkah Kemajuan atas Ketahanan dan Kehadiran Digital Bangsa Indonesia’.

Keberhasilan .id menjadi domain nomor satu di Asia Tenggara dan pertumbuhan tercepat di dunia merupakan kerja keras keluarga Pandi. Hal tersebut dicapai bersama seluruh pemangku kepentingan serta mitra yang telah berusaha keras gar seluruh lapisan masyarakat merasakan manfaatnya.

"Jumlah pengguna domain .id sebenarnya baru mencapai 35%, atau posisi kedua dari jumlah domain yang ada di Indonesia. Kami pun mengajak pemangku kepentingan untuk menggunakan domain .id," ujar Ketua Pandi Yudho Giri Sucahyo.

Ke depan, lanjut dia, pihaknya berharap domain .id bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Karena itu, Pandi mengajak semua pihak, mulai dari pemerintah, swasta, dan masyarakat di Tanah Air, agar  mau menggunakan domain .id. 

Pada kesempatan yang sama tersebut, Pandi juga meresmikan Indonesia Anti-Phishing Data Exchange dan mengajak seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air untuk memerangi phising.

Yudho pun menekankan pentingnya memerangi phising. “Karena pertumbuhan internet yang semakin masif membuat kita perlu meningkatkan kemananan dan ketahanan di internet dari serangan phising yang semakin banyak,” imbuhnya.

Pandi Meeting 12

Pandi Meeting 12 merupakan acara tahunan Pandi yang terdiri atas berbagai program bermanfaat terkait dengan pengelolaan domain .id. Acara dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan tata kelola internet di Indonesia, yakni pemerintah, regulator, komunitas TIK, akademisi, industri, praktisi, mahasiswa, serta publik.

Kegiatan akan dilakukan secara daring pada Sabtu 21 dan 27 Agustus 2021. Pada acara Sabtu (21/8) pekan lalu, kegiatan utamanya perayaan pencapaian domain .id  menjadi juara di Asia Tenggara dan peresmian Indonesia Anti-Phishing Data Exchange.

Acara tersebut antara lain dihadiri oleh Deputi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof Agus Sartono dan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan.

Selain itu, hadir Vice President ICANN – Stakeholder Engagement and Managing Director Asia Pacific Jia-Rong Low, Deputy Director General APNIC – Asia Pacific Network Information Centre Sanjaya, Board Chair APTLD Ai-Chin Lu, dan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia Hammam Riza. 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN