Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kesibukan kerja di Kantor AVOW. (IST)

Kesibukan kerja di Kantor AVOW. (IST)

AVOW Hadirkan Pemasaran Gim Lewat Pendekatan Appographic

Senin, 23 Aug 2021 | 21:47 WIB

JAKARTA, investor.id - AVOW, perusahaan pemasaran aplikasi dengan spesialisasi akuisisi pengguna on-device dan periklanan di berbagai app store, memberikan alternatif pemasaran periklanan untuk gim elektronik dengan pendekatan menargetkan berdasarkan ketertarikan spesifik setiap penggunanya (appographic).

Hal tersebut merupakan upaya pemasar gim agar dapat meningkatkan penargetan pengguna yang lebih tepat, selain tetap bisa dengan cara memanfaatkan cara  tradisional, seperti profil demografi, perangkat, atau sistem operasi.

Penargetan yang lebih dalam, khususnya bagi aplikasi gim, juga akan jauh lebih hemat biaya dengan menggunakan model appographic untuk menargetkan pengguna berdasarkan ketertarikan spesifik setiap pengguna.

Co-Founder dan CEO AVOW Robert Wildner mengatakan, pengguna aplikasi gim elektronik saat ini sangatlah beragam. Sebagai contoh, seorang pria muda, berusia 20-24 tahun, menggunakan perangkat Xiaomi.

Advertisement

Profil demografi seperti itu mungkin mengindikasikan bahwa  pengguna menyukai gim petualangan, role-playing game (RPG), atau gim olahraga. Tetapi, pada kenyataannya, tidak semua pria berusia 20-24 tahun memiliki ketertarikan yang sama.

Karena itu, pemasar game online menjadi jauh lebih baik seandainya bisa mendapatkan informasi bahwa pengguna lebih menyukai gim kasual, atau gim fashion yang lebih seringkali identik dengan pemain wanita.

“Dengan informasi seperti ini, pemasar dapat mempromosikan aplikasi gim fashion kepada pengguna yang kemungkinan besar akan melakukan instalasi, dan yang paling penting, akan tetap tertarik dan loyal,” kata Robert, dalam keterangannya, Senin (23/8).

Cara kerjanya, akses ke dataset perlu yang lebih lengkap dan tingkatkan kemampuan analisis untuk memahami data tersebut agar dapat memanfaatkan penargetan appographic dengan tepat.

Secara sederhana, proses tersebut membutuhkan dua langkah. Pertama, pengembang perlu membagi aplikasi gim menjadi berbagai elemen desain, interaktif, dan fungsional.

Misalnya, gim RPG menggabungkan format multiplayer dengan desain dan konten bertema abad pertengahan serta memiliki teka-teki. Elemen-elemen seperti tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi aplikasi yang dimiliki pengembang.

Kedua, libatkan penargetan berdasarkan elemen-elemen dengan appographic. Dengan informasi tentang jenis aplikasi yang ada di smartphone pengguna, AVOW pun dapat melacak minat pengguna berdasarkan jenis aplikasi yang digunakan, seberapa sering pengguna menggunakan aplikasi tersebut, jenis iklan yang diklik, dan sebagainya.

“Berdasarkan contoh di atas, pengguna yang memiliki banyak gim puzzle dan gim  multiplayer dapat ditargetkan secara lebih efektif,” tambahnya.

Selanjutnya, data tersebut dapat digunakan secara khusus untuk mempromosikan aplikasi ke kelompok pengguna melalui aplikasi lain dan untuk produsen peralatan asli (OEMs), misalnya perangkat smartphone, secara langsung ke perangkat pengguna.

OEMs dan Appographic

Pemanfaatan OEMs dikombinasikan dengan penargetan appographic pun diyakini akan menyediakan strategi yang kuat bagi pemasar aplikasi untuk menargetkan pasar yang belum dapat dijangkau.

App store alternatif seperti Oppo App Market dan GetApps Xiaomi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan publikasi dan akuisisi pengguna dengan CPI (biaya-per-instalasi) yang lebih rendah.

Faktanya bahwa Xiaomi kini memiliki lebih dari 500 juta pengguna dan Oppo beroperasi di lebih dari 40 negara di seluruh dunia mengindikasikan bahwa kedua brand menawarkan pasar baru yang menarik bagi para pengembang aplikasi.

“Ketertarikan pengguna yang beragam dan kompleksitas ekosistem aplikasi yang meningkat hanyalah dua dari banyak sekali tantangan di luar sana. Tetapi, penargetan appographic dan akses ke OEM akan menawarkan dua jalur yang menarik untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut,” tutup Robert.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com