Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Indonesia Jabat Presidensi G20, Kemkominfo Siapkan Dukungan Komunikasi

Rabu, 15 September 2021 | 19:40 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, untuk mendukung pencapaian agenda dan penyelenggaraan Forum G20, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menyiapkan dukungan komunikasi, media, dan teknologi.

Sebagai Presidensi G20 tahun 2022, Pemerintah Indonesia akan membawa tiga agenda prioritas sektor digital. Ketiganya mencakup isu pemulihan pascapandemi Covid-19, literasi digital dan kecakapan digital, serta terkait arus data lintas batas negara (cross-border data flow).

“Sebagai ketua Bidang Komunikasi dan Media Presidensi G20, kami mendukung penyelenggaraan G20 Summit, termasuk di antaranya mengoordinasikan kegiatan bidang komunikasi dan media, mengelola dan melaksanakan pelayanan informasi media, serta jurnalis,” ujar Johnny, dalam keterangannya, Selasa (14/9).

Menurut dia, persiapan telah mulai dilakukan, baik persiapan logistik, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK), maupun keamanan. Secara khusus, untuk mendukung G20 Summit/KTT G20, Kemkominfo akan memanfaatkan semua jalur komunikasi yang ada untuk menyukseskannya.

“Jadi, pelibatannya secara besar-besaran dengan menggunakan semua kanal komunikasi,” imbuhnya.

Melalui penyelenggaraan G20 Summit 2022, Johnny mengharapkan Indonesia akan berperan di dalam panggung dunia kepemimpinan global. Karena itu, semua pihak terkait harus bekerja secara bergotong-royong dan bersama-sama agar Forum G20 nanti menjadi panggung Indonesia.

Dia menjelaskan, Forum G20 tidak hanya rapat yang diikuti oleh para pemimpin Indonesia dan 19 negara dengan ekonomi dalam 20 besar dunia lainnya. Lebih dari itu, event ini merupakan ajang komunikasi guna menyampaikan pandangan pemerintah untuk kepentingan di dalam negeri, regional, maupun tingkat global.

Lebih lanjut, Johnny menuturkan, pemerintah menekankan lima pembahasan yang menjadi prioritas dalam penyelenggaran G20 Summit, atau Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang akan digelar di Bali.

Pertama, meningkatkan produktivitas. Kedua, membangun ekonomi dunia yang tangguh dan stabil. Ketiga, mendorong pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan. Keempat, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi ke kemitraan antarpemangku kepentingan. Kelima, memperkuat kepemimpinan kolektif global.

“Jadi, yang ditekankan adalah Presidensi Indonesia melalui prinsip inklusivitas dan kerja sama yang tercermin dalam lima strategi prioritas,” pungkas Menkominfo.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN