Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Papan digital raksasa terlihat di kampus kantor pusat perusahaan Facebook di Menlo Park, California  ( Foto: JOSH EDELSON / AFP )

Papan digital raksasa terlihat di kampus kantor pusat perusahaan Facebook di Menlo Park, California ( Foto: JOSH EDELSON / AFP )

Facebook Gandeng Pemuka Agama Hentikan Penyebaran Misinformasi Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 19:48 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Facebook, platform jejaring sosial berkomitmen untuk mengatasi misinformasi yang berkaitan dengan Covid-19. Facebook berupaya menghubungkan orang-orang dengan informasi dari otoritas resmi, agar mereka dapat memanfaatkan media sosial dengan aman dan nyaman untuk berinteraksi dengan komunitas.

Melalui kampanye #TahanDulu, Facebook kembali berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) serta pemuka agama dan kreator konten untuk menghadirkan roadshow virtual di 5 kota di Indonesia. Melalui roadshow virtual ini, Facebook mengajak masyarakat untuk berpikir kembali dan memeriksa kebenaran sebuah informasi sebelum membagikannya ke orang lain.

“Sejak awal pandemi, Facebook telah secara proaktif memerangi misinformasi Covid-19 dan menghubungkan orang-orang dengan informasi yang akurat dari sumber terpercaya termasuk otoritas kesehatan. Melalui kampanye #TahanDulu, yaitu mengingatkan orang-orang di Indonesia untuk membuat keputusan yang tepat tentang apa yang ingin mereka baca dan bagikan secara online sehingga semua orang dapat turut ambil bagian untuk bersama-sama melawan Covid-19,” kata Rahimah Abdulrahim, Kepala Kebijakan Publik, Asia Tenggara, Facebook melalui siaran pers, Kamis (23/9).

Mengawali roadshow virtual ini, Facebook bersama tiga tokoh muda lintas agama, Habib Husein Ja’far, Pendeta Yerry Pattinasarany, dan Yan Mitha Djaksana, Tokoh Muda agama Hindu, menggelar sesi diskusi bertajuk “TahanDulu Hoaks itu Dosa” yang disiarkan secara langsung melalui Facebook pada Kamis, 23 September 2021 pukul 19.00 WIB.

Ketiga pemuka agama ini akan mengulas secara mendalam tentang pandangan agama terhadap tindakan menyebarkan hoaks yang membahayakan masyarakat, klaim-klaim yang salah seputar Covid-19, serta tips agar terhindar dari jebakan misinformasi.

Tak hanya bersama pemuka agama, Facebook dan Kemkominfo juga berkolaborasi dengan kreator konten di beberapa kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Medan, Pontianak, Surabaya, dan Makassar untuk berbincang-bincang bersama mengenai misinformasi seputar Covid-19 yang kerap terjadi di kota-kota tersebut.

“Kami berharap melalui roadshow virtual #TahanDulu ini, masyarakat akan semakin memahami bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari misinformasi seputar Covid -19 dan dapat berpikir ulang serta memeriksa kebenaran informasi yang mereka terima sebelum dibagikan di media sosial. Kami percaya, kolaborasi dan peran serta dari seluruh masyarakat menjadi kunci untuk meredam peredaran misinformasi Covid-19 dan mempercepat langkah kita untuk keluar dari pandemi ini,” tandas Rahimah.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN