Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Seremonial peluncuran program Kota Masa Depan bersama Grab, Emtek, dan Bukalapak. (IST)

Seremonial peluncuran program Kota Masa Depan bersama Grab, Emtek, dan Bukalapak. (IST)

Grab, Emtek, dan Bukalapak Luncurkan Program Kota Masa Depan  

Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:36 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Grab, Emtek, dan Bukalapak meluncurkan Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan (Kota Masa Depan), sebuah program akselerator ekstensif yang menargetkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kota-kota kecil di Indonesia, pada Kamis (14/10).

Program tersebut berfokus pada tiga prioritas, yakni vaksinasi, adopsi platform digital (onboarding) ke aplikasi Grab dan Bukalapak, serta pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital.

Dimulai di Kota Kupang (Nusa Tenggara Timur), program tersebut akan dilaksanakan secara bertahap di Kota Solo (Jawa Tengah), Gowa (Sulawesi Selatan), Malang (Jawa Tmur), dan Pekanbaru (Riau), hingga akhir Desember 2021. Program  menargetkan 10.000 UMKM. 

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia Teten Masduki pun menyambut baik kemitraan Grab, Emtek, dan Bukalapak, yang merangkul UMKM di kota-kota kecil. Program ini diharapkannya dapat akan menciptakan  banyak peluang pendapatan bagi para wirausahawan dan mendorong pemulihan ekonomi di daerah. 

“Banyak kota-kota di Indonesia yang perlu mengejar ketertinggalannya dalam digitalisasi. Karenanya, peran sektor swasta dalam mendukung pemerintah sangat dibutuhkan dalam upaya percepatan transformasi digital,” ujar Teten, dalam konferensi virtual, Kamis (14/10).

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menambahkan, Grab bersama Emtek dan Bukalapak ingin merangkul UMKM, terutama yang ada di kota-kota kecil, sesuai harapan Presiden Jokowi agar Indonesia bisa menjadi raksasa digital di dunia.

“Kami percaya bahwa masa depan besar juga ada di kota kecil. Digitalisasi telah terbukti dapat membantu UMKM untuk bertahan di masa pandemi Covid-19,” kata Neneng. 

Dukungan Emtek dan Bukalapak

Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) Sutanto Hartono melanjutkan, kolaborasi strategis Emtek, Bukalapak, dan Grab akan memperluas penawaran digitalisasi bagi UMKM melalui platform di dalam ekosistem Emtek.

“Kolaborasi ekosistem digital yang dimiliki Emtek dan Grab akan memberikan akses lebih lengkap kepada para UMKM yang ada pada platform kami, mulai dari logistik, bahkan, hingga keuangan inklusif, melalui platform Mitra Bukalapak dan GrabKios,” tutur Sutanto. 

Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk Rachmat Kaimuddin menuturkan, kolaborasi bersama Emtek dan Grab melanjutkan komitmen untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia melalui digitalisasi.

“Program yang memprioritaskan kota-kota tier dua dan tiga di Indonesia ini sejalan dengan misi kami untuk menciptakan a fair economy for all, dengan fokus utama melakukan pemberdayaan UMKM dan melayani masyarakat yang selama ini kurang terlayani (underserved segments),” ucap Rachmat.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN