Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo Ajak Media Tak Sekedar Utamakan Rating 

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:40 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak industri media dan penyiaran di Indonesia untuk memperhatikan kualitas konten. Tolok ukur kualitas konten dinilainya tidak hanya dilihat dari rating, tapi juga memperhatikan sisi kebermanfaatan serta nilai informasi.

“Saya mengajak seluruh pelaku industri media dan penyiaran untuk meningkatkan praktik industri agar menambah acuan kualitas konten tidak hanya berdasarkan rating, namun juga pada kemanfaatan, tingkat informasi yang diberikan, serta nilai kebudayaan Indonesia,” ungkap Johnny, dalam webinar ‘Melawan Berhala Rating: Menguak Peran Rating dan Share dalam Industri’, dikutip Minggu (17/10).

Sebagai salah satu sarana penyebaran informasi, hiburan dan edukasi masyarakat, menurut Menkominfo, industri media penyiaran memiliki peran penting untuk membumikan Pancasila dan budaya bangsa Indonesia kepada masyarakat. 

“Peran penting tersebut sudah seyogyanya menjadi panduan bagi pelaku industri media dan penyiaran dalam pelaksanaan kegiatan komersial yang dilakukan, pemilihan konten, apresiasi, dan perlindungan terhadap produsen konten,” tandasnya.

Dia mengharapkan, berbagai kegiatan konten penyiaran harus mampu menghadirkan hiburan yang edukatif. Harapannya, dari sisi kebermanfaatannya, pelaku industri media dan penyiaran melaksanakan peran penting dalam menyebarkan konten berkualitas. 

Johnny meyakini, peluang itu bisa dikembangkan. Karena, negara Indonesia dianugerahi budaya yang sangat beragam dan menarik untuk diolah menjadi tayangan hiburan bagi masyarakat.

“Maka, pemanfaatan teknologi digital diharapkan bisa mentransformasi praktik industri eksisting agar menjadi semakin efisien dan edukatif untuk mewujudkan Indonesia Terkoneksi, Semakin Digital, Semakin Maju,” tuturnya. 

Pada kesempatan tersebut, Menkominfo menyampaikan, kehadiran media asing dengan konten berkualitas, termasuk konten di jaringan internet (over the top/OTT), bisa ekspansi ke Indonesia karena tidak semata untuk mencari rating. Mereka fokus pada bagaimana memotivasi potensi jumlah audiens serta pertimbangan komersial.

“Kondisi tersebut membuktikan bahwa rating pada suatu acara bukan hanya menjadi satu-satunya tolak ukur kualitas dan kesuksesan suatu program siaran televisi,” ujarnya. 

Johnny pun  mengingatkankan tentang tren perkembangan teknologi digital yang mewarnai dinamika kompetisi antara media konvensional dan media baru. Kehadiran media OTT disebutnya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

“Industri media kini dihadapkan dengan pendatang baru yaitu, media over the top yang menyajikan berbagai konten yang dapat dipilih sesuai dengan minat pengguna,” jelasnya. 

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN