Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para pembicara dan moderator di webinar WBAW Indonesia 2021. (IST)

Para pembicara dan moderator di webinar WBAW Indonesia 2021. (IST)

Kamis, Indonesia Gelar World Business Angel Investors Week 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:48 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Indonesia akan menggelar World Business Angel Investors Week (WBAW) pertama dengan tema besar ‘Diplomasi Bisnis untuk Kewirausahaan Internasional’ (Business Diplomacy for International Entrepreneurship) pada Kamis, 21 Oktober 2021, pukul 12.00-17.00 WIB.

WBAW merupakan platform global untuk mengampanyekan solusi atas isu-isu kritis pasar modal dan ekuitas tahap awal, ekonomi rintisan (start-up), dan kekhawatiran dunia lainnya di Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa, Asean Economic Komunitas, OECD dan di negara-negara G20, serta ekonomi regional dan lokal.

Gelaran WABW pada pekan ini tersebut dikemas dalam bentuk webinar dan dikoordinasikan secara global oleh World Business Angels Investment Forum, mitra terafiliasi dari G20 Global Partnership for Financial Inclusion (GPFI).

WBAW merupakan acara global tahunan yang memfasilitasi berbagai pelaku bisnis, pemerintah, dan angel investor, untuk bersinergi dalam berkontribusi terhadap perekonomian global dari perspektif People, Planet, and Prosperity (3P).

“WBAW 2021 akan menjadi tuan rumah lebih dari 80.000 pengusaha, start-up, investor, inovator, pembuat kebijakan, dan pemimpin pemikiran dari seluruh dunia,” ujar Baybars Altuntas, global chair of the week & executive chairman dari World Business Angels Investment Forum, dalam pernyataannya, Selasa (19/10).

Selama pekan yang spesial ini, lanjut dia, semua pemangku kepentingan dan peserta acara akan berhenti sejenak untuk menilai perjalanan cepatnya, untuk menganalisis mengapa dan bagaimana diplomasi bisnis dapat mengambil peran lebih aktif dalam memanfaatkan angel investment sebagai alat keuangan yang harus dimiliki untuk meningkatkan ekonomi.

Hal tersebut juga untuk menegaskan kembali, bagaimana ekosistem kewirausahaan dapat menciptakan lebih banyak pekerjaan, lebih banyak kekayaan, dan lebih banyak keadilan sosial dengan bekerja bersama sebagai pemain kunci di pasar ekuitas tahap awal.

“Saya dengan rendah hati menyambut Anda untuk bergabung dengan World Business Angel Investors Week 2021 di Indonesia untuk mendukung tujuan 3P yang berfokus pada inklusi keuangan digital bagi semua orang,” tambah Muliandy Nasution, chairman dari World Business Angels Investment Forum Indonesia.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengurai dan mengurangi ketimpangan bagi masyarakat, meningkatkan keberlanjutan dengan ekonomi sirkular untuk meningkatkan keberlanjutan planet bumi, inovasi dalam kewirausahaan, UKM, dan peran perusahaan rintisan untuk meningkatkan kemakmuran.

“Kami juga percaya, kontribusi kita semua akan mendukung Kepresidenan Indonesia G20 pada tahun 2022. Bersama-sama, kita bisa mewujudkannya,” ucapnya.

Muhammad Reza, chairman dari World Business Angel Investors Week 2021, mengatakan, ada tiga topik utama yang ditafsirkan atas maksud, tujuan, dan misi G20, GPFI, dan WBAF, yakni Inovasi Keuangan untuk Meningkatkan Perekonomian Indonesia, Meningkatkan Keberlanjutan Bisnis melalui Ekonomi Sirkular, dan Inklusi Keuangan Digital untuk Mengurangi Ketimpangan.

“Terakhir, saya ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait untuk bergabung dan berkolaborasi dalam acara ini sebagai salah satu langkah untuk mencapai kemakmuran yang berkelanjutan melalui kerja sama internasional dan untuk mendukung Presidensi Indonesia pada G20 tahun 2022,” tutur Reza.

Hadirkan Tokoh Terkemuka

Beberapa tokoh terkemuka dari pemerintahan, korporasi, dan modal ventura, dipastikan akan menyampaikan perspektif masing-masing dalam acara World Business Angel Investors Week pertama di Indonesia pada Kamis (21/10) ini.

Beberapa di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, pemodal ventura terkemuka Indonesia Nicko Widjaja, dan pemimpin komunitas kewirausahaan berdampak tinggi Indonesia Arif P Rachmat yang saat ini menjabat sebagai Ketua Endeavour Indonesia dan Direktur Triputra Group.

Ada tiga sesi dan tema besar webinar kali ini, yakni Inovasi Keuangan untuk Meningkatkan Ekonomi Indonesia, Meningkatkan Keberlanjutan Bisnis melalui Ekonomi Sirkular, dan Inklusi Keuangan Digital untuk Mengurangi Ketimpangan. Masyarakat umum dapat menghadiri acara ini secara gratis.

Beberapa negara lain yang tersebar di kawasan Eropa, Afrika, Asia, Amerika, Timur Tengah, dan Karibia, juga dipastikan akan menjadi tuan rumah acara serupa pada Oktober 2021.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara tersebut, pembaca bisa mengunjungi laman https://angelsweek2021.wbaforum.id.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN