Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi karyawan perusahaan

Ilustrasi karyawan perusahaan

Membangun Masa Depan Pekerjaan dengan Google Cloud Platform

Senin, 8 November 2021 | 14:21 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Google meluncurkan Google Cloud pada tahun lalu, platform ini mendukung transformasi digital di Indonesia. Masih baru, penggunaan juga mendorong terlaksananya Google Cloud Training guna memaksimalkan penggunaan Google Cloud untuk mendukung produktivitas kerja dalam sebuah perusahaan. 

Cloud atau awan merupakan tempat penyimpanan di internet dengan kapasitas besar yang dapat diakses menggunakan berbeda komputer. Berikut beberapa hal penting penggunaan Google Cloud dalam sebuah perusahaan untuk meningkatkan penjualan melalui digital.

Serta ulasan mengenai Google Cloud Training yang dapat memberikan pemahaman mengenai cara kerja cloud serta sistem pengoperasiaannya dalam manajemen data, infrastruktur, dan modernisasi aplikasi.

Penting Google Cloud Training Bagi Perusahaan

Untuk melakukan migrasi data website atau aplikasi ke Gloud perlu mengikuti beberapa rangkaian google cloud training.

Pelatihan ini dirancang untuk memahami pemanfaatan teknologi cloud. Melalui pelatihan cloud, akan mendapatkan pemahaman manfaat yang diberikan oleh google cloud terhadap perusahaan. Selain itu juga mengetahui berbagai model penerapan dan layanan cloud utama dengan studi kasus penggunaan teknologi cloud.

Benefit training google cloud lainnya yaitu memahami potensi manfaat google cloud. Di antara lain lebih hemat biaya dibandingkan dengan penggunaan fixed machine dari vendor cloud. Serta lebih hemat dibandingkan dengan data warehouse dari vendor lain.

Selain itu solusi yang diberikan google cloud diantaranya modernisasi infrastruktur, manajemen data, modernisasi aplikasi, analisis yang pintar, kecerdasan buatan, keamanan data, dan kolaborasi yang berdampak pada produktivitas.

Basic skill yang diperoleh ketika mengikuti Google Cloud Training

Selain dapat mengetahui penggunaan google cloud mendukung perusahaan di era digital, pelatihan google cloud setidak memiliki beberapa capaian untuk staf IT dan Staf manajemen ketika mengikuti pelatihan. Pertama mendapatkan pemahaman tentang komputasi cloud, manfaat, dan  konsep utama.

Serta strategi yang komprehensif tentang cara migrasi ke cloud. Hal ini bisa mendorong para pengambil kebijakan di perusahaan untuk memutuskan poin apa yang paling berpengaruh dari perpindahan ke cloud dalam produktivitas sebuah perusahaan. 

Pelatihan Cloud dengan Real Use Case

Pelatihan cloud dibutuhkan tidak hanya karena tantangan teknis yang akan dihadapi. Migrasi data ke cloud juga mempengaruhi cara kerja seluruh bisnis.

Saat perusahaan memutuskan melakukan migrasi ke cloud dapat mempengaruhi operasi dan kerja internal dalam sebuah sistem perusahaan dan organisasi. Artinya ketika karyawan upgrade dan memanfaatkan teknologi cloud ada pertumbuhan dan dinamika bisnis yang terjadi.

Sebagai contoh manfaat cloud untuk bisnis, sebuah bisnis dalam setahun mungkin memiliki masa waktu di mana orderan meledaknya. Seperti ketika Ramadan tingginya belanja pakaian atau fenomena promo di bulanan seperti saat tanggal penting atau promo di saat akhir bulan dan waktu gajian. Pada waktu-waktu ini, mungkin saja sebuah bisnis akan mengalami orderan yang meledak.

Nah biasanya, kendala yang dihadapkan oleh perusahaan dan pelaku bisnis ketidaksiapan server untuk penyiapan data. Oleh karena itu, perlu menyediakan penyimpanan komputasi, dan kapasitas jaringan untuk lalu lintas data yang lebih besar dari hari biasanya. Antisipasi hal tersebut, perlu biaya tambahan untuk penyediaan database, penyimpanan komputasi untuk lalu lintas data.

Hal ini tidak efektif karena perusahaan mengeluarkan biaya tambahan untuk penggunaan yang hanya dalam beberapa bulan saja. Penggunaan komputasi cloud merupakan salah satu solusi yang tepat, lantaran dapat digunakan untuk menangani lalu lintas tambahan data serta dapat digunakan saat waktu tertentu. Ketika masa atau waktu campaign bulanan atau tahunan berakhir, perusahaan pun dapat sementara tidak membayar cloud.

Pelatihan Google Cloud di Gits.id

Pelatihan pengoperasian google cloud dapat diikuti melalui pelatihan dan kursus yang diadakan oleh Gits.id. Gits.id merupakan mitra google untuk google cloud platform. Google Cloud Training di Gits dilakukan dalam 2 hari dengan menggunakan 6 modul tentang cara kerja cloud.

Dalam modul pertama peserta pelatihan akan dikenalkan dengan google cloud dan manfaat penggunaannya. Selanjutnya peserta dapat membedakan perbedaan antara infrastruktur-as-a-service (laaS) dan Platform as-a-Service (PaaS).

Di materi dalam modul kedua peserta akan diberikan materi mengenai virtual machines di cloud. Selain itu dapat mengidentifikasi tujuan dan penggunaan kasus untuk mesin komputasi di Google. Serta memahami dasar-dasar jaringan di Google Cloud. Dalam modul ketiga, peserta dapat memahami cara kerja komputasi awan meliputi tujuan dan penggunaan kasus untuk penyimpanan awan dan cloud SQL serta cara memilih berbagai pilihan penyimpanan di Google Cloud.

Selanjutnya dalam pelatihan yang dirancang dua hari ini, di modul keempat peserta pelatihan akan memulai simulasi penggunaan Google Cloud. Input dari materi ini peserta dapat memahami tujuan dan menggunakan kasus untuk manajemen akses.

Sedangkan di modul kelima peserta pelatihan mampu mengidentifikasi penggunaan google cloud dan contoh kasusnya dalam Google Kubernetes Engine. Terakhir dalam modul ini mengajarkan cara insfrastruktur kode dan melakukan pemantauan. 

Gits.id sebagai pilihan Google Cloud Training

Seluruh rangkaian cara kerja. Manfaat google cloud secara terperinci dengan contoh use case yang riil dapat diperoleh dengan pelatihan Cloud bersama Cloud Expert GITS.id. Kenapa memilih Gits.id? Salah satunya Gits.id merupakan mitra google terpercaya.

“GITS.id telah menjadi mitra google sejak tahun 2018. Saat ini memiliki Cloud expert yang telah memiliki sertifikasi google cloud dari Google dan memiliki kapasitas untuk memberikan google cloud training. Selain itu Gits juga menawarkan pelatihan dengan paket yang terjangkau serta diskon harga pelatihan,” jelas CEO GITS.id, Ray Rizaldy.

GITS.id sendiri merupakan agensi digital yang bergerak di bidang IT Consulting. Layanan Gits meliputi pengembangan aplikasi seluler, pengembangan situs web, audit aplikasi, penemuan & pembuatan bersama. Gits juga dapat membantu perusahaan atau bisnis agar semakin berkembang. Klien Gits diantaranya institusi dan perusahaan pemerintah, dari berbagai skala bisnis yang membutuhkan penggunaan teknologi informasi.

Cara mendapatkan training Google Cloud di GITS.id

Akses untuk pendaftaran Google Cloud training dapat dilakukan di  bit.ly/gits_course. Untuk periode bulan November 2021, pelatihan akan digelar tanggal 29-30 November. Dalam pelatihan ini peserta akan dibimbing langsung oleh CTO Gits.id Sudaryatno dan Farhan Naufal Ghani arsitek Google Cloud profesional yang telah memiliki sertifikasi.

Untuk biaya sendiri pelatihan ini dikenai dengan harga 1.600.000, namun mendapatkan diskon hingga hanya perlu membayar senila RP299.000 saja. Akan tetapi, kapasitas pelatihan ini sangat terbatas. Jadi bagi perusahaan yang ingin melakukan peningkatan bisnis melalui google cloud dapat segera mendaftarkan tim IT dan manajemen untuk mendaftarkan diri pada pelatihan google cloud.

Pelatihan ini diselenggarakan GITS.id sebagai Google Cloud Partner. Dalam training akan ada program intensif modernisasi cloud. Peserta akan mengikuti pelatihan selama 2 hari dengan penggunaan modul. Akan ada tanya jawab dengan pelatih yang telah berpengalaman serta simulasi praktis langsung. Sehingga materi dapat dilakukan praktiknya melalui panduan yang praktis.

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com