Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate (kanan) dan PM Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yakoob (kiri) menyaksikan MoU LKBN Antara dengan Bernama di  Jakarta Selatan. (IST)

Menkominfo Johnny G Plate (kanan) dan PM Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yakoob (kiri) menyaksikan MoU LKBN Antara dengan Bernama di Jakarta Selatan. (IST)

Indonesia-Malaysia Perkuat Kerja Sama Bidang Media

Kamis, 11 November 2021 | 20:30 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan dukungannya untuk pengembangan hubungan kerja sama regional Indonesia dan Malaysia di bidang media. Kali ini, kerja sama dilakukan oleh Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara dan Kantor Berita Bernama.

“Saya tentu sangat mendukung kerja sama regional antara LKBN Antara dengan Bernama. Karena, ini banyak program yang bisa kita angkat, khususnya terkait dengan kehidupan masyarakat,” ujar Menkominfo, dikutip Kamis ( (11/11).

Menurut Johnny, Indonesia dan Malaysia memiliki aspek kultur yang sama sebagai dasar pegembangan dan pertukaran program agar hubungan masyarakat antarkedua negara makin erat. Karena itu, kerja sama antara keduanya tersebut pun perlu menerapkan adopsi teknologi digital dalam penyebarluasan informasi.

“Jadi, relasi tidak saja di antara pemerintah, tapi juga di antara masyarakat, itu juga bisa dibangun dengan baik. Saya juga menyampaikan dan mengingatkan agar baik LKBN Antara maupun Bernama perlu juga segera mengadopsi teknologi digital sebagai medium transmisi informasi,” jelasnya.

Menkominfo menyatakan, arti penting adopsi teknologi digital di era disrupsi teknologi saat ini sebagai wujud nyata tranformasi digital di tingkat masyarakat dan pemerintah. Pada saat bersamaan, Menkominfo menegaskan adopsi teknologi memungkinkan konvergensi media menumbuhkan ekosistem yang seimbang antara media konvensional dan media baru.

“Saat ini kita perlu membangun konvergensi dan playing field yang berimbang antara media-media konvensional dengan media-media baru, itu tidak ada pilihan yang lain selain adopsi teknologi,” tandasnya.

Perkuat Transformasi Digital

Menkominfo menyatakan Pemerintah Indonesia akan terus mendorong agar industri media, baik termasuk LKBN Antara maupun Bernama bisa mengembangkan media komunikasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Hal itu ditujukan agar masyarakat kedua negara juga mengambil peran dalam kerja sama yang berlangsung.

“Kita juga harus mendorong kerjasama regional, kerjasama regional di antara pemerintah dan bilateral Indonesia dan Malaysia perlu disampaikan pada masyarakat, agar masyarakat baik masyarakat Indonesia maupun masyarakat Malaysia bisa mengambil bagian di dalamnya,” ujarnya.

Menurut Johnny, peran masyarakat akan terbangun ketika masyarakat memahami, mengerti dan mendapat informasi yang cepat, akurat, dan cepat. Bahkan, pada gilirannya, masyarakat akan turut serta mengambil bagian dengan baik dalam mengisi program pembangunan di negara masing-masing.

Menurut Dirut Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat, MoU ditujukan untuk memperkuat pendistribusian berita dan penyiaran informasi melalui televisi dan media sosial. Keberadaan MoU juga dipercaya dapat menghadapi tantangan secara efektif yang dihadapi kantor berita resmi kedua negara.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN