Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
GoFood, layanan pesan antarmakanan dari Gojek, meluncurkan GoFoodieland secara virtual, Selasa, 16 November 2021

GoFood, layanan pesan antarmakanan dari Gojek, meluncurkan GoFoodieland secara virtual, Selasa, 16 November 2021

GoFoodieland, Cara Gojek Gairahkan Bisnis Kuliner UMKM

Selasa, 16 November 2021 | 20:56 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Didit Helditia, pemilik Nasi Kuning Roemah Naskoen yang merupakan salah satu mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) GoFood, mengaku bahwa festival kuliner daring (online) merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu kehadirannya di tengah pandemi Covid-19.

Karena itu, pengumuman oleh GoFood, layanan pesan antarmakanan dari Gojek, yang akan menghadirkan GoFoodieland, festival rasa UMKM virtual terbesar di Indonesia yang menghadirkan 30.000 mitra UMKM kuliner, itu disambutnya dengan gembira dan penuh harapan.

“Format yang kreatif yang dihadirkan GoFoodieland saya harap dapat membantu kami untuk menarik dan menjangkau pelanggan lebih luas lagi dan membantu bisnis kami untuk terus berkembang di masa yang penuh tantangan ini,” jelas Didit, dalam peluncuran GoFoodieland secara virtual, Selasa (16/11). 

Ya, GoFood telah mengumumkan GoFoodieland. Festival tersebut tidak hanya akan memanjakan pelanggan dalam menikmati ragam kuliner terbaik, tetapi juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan bisnis mitra UMKM, terutama di lini usaha kuliner.

Festival daring tersebut akan hadir di sembilan kota, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Medan, Bali, dan Palembang, mulai 9 hingga 28 November 2021.

GoFoodieland merupakan bagian dari gerakan #BangkitBersama dari Gojek untuk mendukung mitra UMKM lokal terus tumbuh di tengah pandemi Covid-19 dengan meningkatkan visibilitas untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Kebutuhan Masyarakat

Global Head Marketing GoFood Ichmeralda Rahman mengatakan, di GoFood, pihaknya terus mencari cara baru untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin mengandalkan layanan pesan antarmakanan online, di antaranya melalui gelaran GoFoodieland.

“Di saat yang sama, kami juga mengajak masyarakat untuk turut mendukung bisnis mitra UMKM di masa pandemi,” ujar Ichmeralda, dalam konferensi virtual yang sama.

Senada yang disampaikan Ichmeralda, laporan e-Conomy SEA 2021 yang dikeluarkan Google, Temasek, dan Bain Company, juga menyebutkan adanya peralihan gaya hidup konsumen, termasuk dalam layanan pesan antarmakanan yang sebagian berubah ke ranah online.

Pengguna platform yang telah menjadi konsumen sebelum pandemi disebut menggunakan layanan digital rata-rata 3,6 lebih banyak sejak pandemi Covid-19 melanda.

Sebagai tambahan informasi, layanan GoFood kini telah menjadi andalan bagi jutaan pelanggan dalam menjelajah lebih dari 20 juta menu kuliner yang disediakan oleh sekitar 750.000 mitra UMKM GoFood.

Manjakan Pengunjung

Sementara itu, pengunjung GoFoodieland pun dapat menemukan lima kategori rekomendasi kuliner dari mitra UMKM yang siap dinikmati secara aman dari rumah, antara lain Rekomendasi Juara, berisi kurasi mitra UMKM pilihan yang paling banyak dipesan atau terlaris.

Kemudian, Rekomendasi Terbaru, berisi seleksi para mitra UMKM baru yang tak kalah menarik dan patut untuk dicoba. Rekomendasi Populer, berisi mitra UMKM yang banyak disukai oleh pelanggan dengan rating tinggi.

Rekomendasi Legenda, berisi kurasi mitra UMKM ikonik yang menjadi kebanggaan lokal di setiap kota. Terakhir, Rekomendasi Viral, berisi seleksi kuliner yang lagi tren dan sedang naik daun dari mitra UMKM.

Sementara itu, beragam aktivitas dalam GoFoodieland antara lain meliputi kurasi merchant pilihan dalam Foodiecourt dan pertunjukan musik dengan bintang tamu Pamungkas dan Rendy Pandugo dalam Foodie Music.

Kemudian, ulasan makanan bersama Chef Hamzah Ghani Arifin, Gerry Girianza, dan Genki Banget dalam Foodie Review, makan malam virtual bersama artis idola dalam Foodie Star, hingga talk show seputar kuliner dalam Foodie Show bersama Dimas Beck dan Ncess Nabati. 

Para pengunjung GoFoodieland pun akan dimanjakan dengan sejumlah promo menarik. Promo yang dihadirkan mulai dari diskon sampai dengan Rp 70 ribu,  gratis ongkir, diskon Rp 40 ribu khusus pelanggan baru dengan kode GOFOODINAJA, serta kode voucher total ratusan juta setiap hari. 

Selain itu, pelanggan dengan pemesanan terbanyak berkesempatan meraih hadiah voucher senilai Rp 500 ribu untuk 50 yang terpilih. Tak kalah seru, pelanggan juga berkesempatan untuk menikmati makan bareng virtual dengan artis papan atas dengan bertransaksi senilai Rp 300 ribu pada periode 9-23 November 2021.

Diapresiasi

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Siti Azizah  pun mengapresiasi langkah dukungan yang dihadirkan GoFood untuk mitra UMKM melalui gelaran GoFoodieland. Kreativitas di tengah masa pandemi disebutnya menjadi angin segar bagi konsumen untuk melakukan petualangan kuliner.

Karena itu, Kemenkop UKM berharap, GoFoodieland yang dikemas secara menarik dapat menjadi sarana pelepas rindu penikmat kuliner yang juga akan berdampak positif bagi para UMKM kuliner untuk bertahan dan terus tumbuh di masa penuh tantangan.

“Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus mendorong pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Siti Azizah.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN