Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Seluruh kabupaten & kota di Indonesia sudah terhubung jaringan internet cepat

Seluruh kabupaten & kota di Indonesia sudah terhubung jaringan internet cepat

2025, Ekonomi Digital RI Diperkirakan US$ 146 Miliar

Kamis, 2 Desember 2021 | 13:58 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Ekonomi digital di Indonesia terus berkembang dan diperkirakan mencapai US$146 miliar pada tahun 2025. Skala kesuksesan ekosistem startup di Indonesia saat ini merupakan permulaan dari masa keemasan.

"Tanda-tandanya sudah ada, teknologi sudah didemokratisasi untuk khalayak luas, dengan penetrasi selular mencapai 64% di tahun 2020 dan diperkirakan bertambah mencapai 81% pada 2026," kata Managing Director Sequoia India Rajan Anandan dalam keterangan tertulisnya Selasa (30/11).

Rajan mengatakan, lebih 70% dari populasi Indonesia sebanyak 270 juta telah terhubung dengan internet dan 21 juta pengguna baru akhirnya terhubung untuk pertama kalinya sejak mulai pandemi. "Hal ini menciptakan peluang untuk para founder startup karena konsumen muda Indonesia yang melek digital berupaya meningkatkan segala aspek kehidupannya," kata dia.

Rajan mengatakan Silicon Valley tidak akan sampai seperti sekarang ini tanpa generasi pendiri yang membangun pembelajaran dan keberhasilan pendahulu mereka selama setidaknya 5 dekade. "Demikian pula, peningkatan volume dan kedalaman transfer pengetahuan institusional yang terjadi dalam ekosistem startup Indonesia memelihara kualitas startup yang kita lihat saat ini," kata dia.

Sebagai contoh, startup dan para founder yang sukses akan membangun institusi untuk mengembangkan bakat teknik dan teknologi lokal. Sekolah coding seperti Binar Academy dan Hacktiv8 adalah beberapa contoh yang saat ini bekerja di bidang ini. "Di Surge, program percepatan startup di Asia Tenggara dan India, kami berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, inisiatif dari Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi untuk membangun roadmap yang ditujukan kepada pengusaha muda melalui pembentukan kurikulum universitas dan pembimbingan untuk para mahasiswa oleh founder lokal yang sukses," kata dia.

Dia mengatakan infrastruktur yang baru membantu menempa jalur baru untuk startup, karena investasi dari pemerintah Indonesia dan swasta mulai membuahkan hasil. Ruang layanan keuangan yang kuat, dengan semakin banyak startup yang fokus pada pembiayaan konsumen serta inisiatif pembayaran yang dipimpin pemerintah seperti BI Fast dan Open API, menciptakan peluang besar bagi UMKM untuk berkembang.

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN