Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Country Manager Amazon Web Services (AWS) Indonesia, Gunawan Susanto

Country Manager Amazon Web Services (AWS) Indonesia, Gunawan Susanto

AWS Berkomitmen Investasi US$ 5 Miliar dalam 15 Tahun ke Depan

Selasa, 14 Desember 2021 | 17:41 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Amazon Web Services Inc (AWS), perusahaan teknologi dan layanan data center asal Amerika Serikat, mengumumkan rencana investasi US$ 5 miliar (Rp 71,36 triliun) di Indonesia dalam 15 tahun ke depan melalui AWS Asia-Pasifik (Jakarta) Region yang baru. Rencana tersebut disampaikan seiring pengumuman dibukanya secara resmi AWS Asia-Pasifik (Jakarta) Region di Indonesia.

Sementara itu, belanja modal dari AWS tersebut akan digunakan untuk pembangunan data center, biaya operasional terkait dengan utilitas yang sedang berjalan dan biaya fasilitas, serta pembelian barang dan jasa dari pelaku bisnis regional.

“Investasi AWS di Indonesia yang masif ini bukan sekadar membawa lokasi data center di Indonesia agar pelanggan bisa menyimpan data dengan aman, tetapi juga dampaknya bagi perekonomian di Indonesia,” kata Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto, saat konferensi pers virtual, Selasa (14/12).

Berdasarkan studi AWS akan didapatkan dampak ekonomi besar dari investasi, pembangunan, dan operasional AWS Asia Pacific (Jakarta) Region baru tersebut. Sekitar 24.700 lapangan pekerjaan baru akan tercipta, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam setiap tahunnya selama kurun waktu tersebut.

Pekerjaan tersebut juga  akan menjadi bagian dari rantai pasokan AWS di Indonesia, seperti konstruksi, pemeliharaan fasilitas, teknik, telekomunikasi, dan pekerjaan-pekerjaan dalam perekonomian Indonesia yang lebih luas.

Pembangunan dan pengoperasian infrastruktur AWS di Indonesia pun diperkirakan akan memberikan tambahan lebih dari US$ 10 miliar (Rp 155 triliun) ke pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia selama 15 tahun ke depan.

Sementara itu, mulai hari Selasa (14/12), seiring pengumuman dibukanya secara resmi AWS Asia-Pasifik (Jakarta) Region di Indonesia, para pengembang, start-ups, wirausahawan, dan perusahaan-perusahaan berskala besar, serta pemerintah, dunia pendidikan, dan organisasi nirlaba pun dapat menjalankan aplikasi serta melayani pelanggannya dari kumpulan beberapa pusat data (data center) yang berlokasi di Indonesia.

Pada saat bersamaan, mereka juga dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi-teknologi AWS guna mendorong lahirnya inovasi-inovasi.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN