Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo Ajak Operator Telko dan Lembaga Penyiaran Gemakan Presidensi G20 Indonesia

Selasa, 21 Desember 2021 | 21:05 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak operator telekomunikasi (telko) dan lembaga penyiaran untuk memperkuat penyebarluasan informasi Presidensi G20 Indonesia ke seluruh penjuru Tanah Air.  

Sejak 1 Desember 2021, Republik Indonesia memegang mandat Presidensi G20 selama setahun ke depan. Presiden Joko Widodo pun telah menyatakan bahwa kesuksesan Keketuaaan Indonesia dalam G20 ditandai dengan penyelenggaraan G20 Summit dan substansi.

“Kita perlu mengambil langkah-langkah agar Keketuaan Indonesia dapat diwujudkan, baik yang menggema ke dalam di Tanah Air maupun ke luar untuk manfaat kita semua,” ujar Johnny, dalam Rapat bersama operator telko dan lembaga penyiaran terkait ‘Dukungan Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia’ di Kantor Pusat Kementerian Kominfo (Kemenkominfo), Jakarta Pusat, Selasa (21/12).

Menurut Menkominfo, Presiden Joko Widodo selalu mengingatkan dua indikator kesuksesan Presidensi G20 Indonesia, yaitu penyelenggaraan G20 Summit dan subtansi dalam Sherpa, Finance Track, dan Working Group, serta event yang berlangsung.

“Kita sama-sama juga sudah tahu bahwa Indonesia sudah terima Presidensi G20. Itu telah disampaikan kepada masyarakat nasional dan global sejak 1 Desember yang lalu. Namun, masih ada satu hal yang perlu kita bicarakan bersama, yaitu resonansi Keketuaan Presidensi G20 Indonesia,” ungkapnya.

Karena itu, Johnny kembali menegaskan bahwa untuk menyukseskan Keketuaan Indonesia dalam G20 diperlukan resonansi dan penyebaran informasi kepada masyarakat. 

“Hal itu diperlukan agar Keketuaan Indonesia dalam penyelenggaraan G20 tahun depan dapat menggema di seluruh penjuru Tanah Air. Ini yang perlu kita bicarakan bersama, yaitu resonansi Keketuaan Presidensi G20 Indonesia,” tegasnya.  

Menkominfo menjelaskan, pelaksanaan diskusi bersama operator telko dan penyiaran ditujukan untuk berbagi kesamaan cara pandang dan langkah bersama agar membuat G20 menggema ke dalam dan ke luar negeri. 

“Evaluasi ini di bulan pertama keketuaan kita. Masih ada 11 bulan dalam perjalanan, bagaimana kita menggemakan itu. (Lewat rapat ini) supaya kita share kesamaan bahwa Indonesia perlu mengambil langkah-langkah yang lebih untuk membuat G20 menggema ke dalam dan luar negeri,” tutur dia.

Menurut Johnny, jika pesan Presidensi G20 Indonesia dapat tersampaikan dengan baik, bangsa Indonesia akan memiliki harapan agar kesuksesan keketuaan dalam G20 akan memiliki manfaat. Jika tidak, keketuaan Indonesia hanya bersifat seremonial.

“Tetapi, semangatnya adalah bagaimana kita dorong agar hasilnya jelas. Saya ingin meneruskan apa yang harus kita bangun. Karena, Bapak Presiden Joko Widodo menginginkan Indonesia harus mengambil kesempatan untuk menyampaikan tagline guna melompat lebih jauh dan mengambil keputusan lebih cepat,” tandasnya.

Promosi Indonesia

Menkominfo juga menyampaikan, penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia menjadi wahana mempromosikan Indonesia melalui kegiatan besar lain yang berlangsung.

Johnny menyontohkan penyelenggaraan Super Bike dan Moto GP, atau event sejenis. Karena itu, Menkominfo mengharapkan masyarakat dan dunia usaha bisa terlibat aktif dan memadukan semangat.

“Sekarang, kita mau industri telko, penyiaran, dan media memiliki semangat menjadi satu kekuatan yang besar. Kalau masyarakat tidak ikut, dunia enggak tahu yang mau kita buat, (bagaimana) bisa kita loncat? Ini menjadi satu paket sebetulnya, bagaimana mempromosikan Indonesia,” paparnya.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com