Menu
Sign in
@ Contact
Search
Peluncuran program Kota Masa Depan di Kota Solo, Jawa Tengah. (IST)

Peluncuran program Kota Masa Depan di Kota Solo, Jawa Tengah. (IST)

Grab, Emtek, dan Bukalapak Hadirkan Program Kota Masa Depan di Kota Solo

Kamis, 23 Desember 2021 | 20:00 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  - Tiga raksasa digital Indonesia, yakni Grab, Emtek, dan Bukalapak, meluncurkan program akselerator Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan (Kota Masa Depan) di Kota Solo, Jawa Tengah, demi mewujudkan kota tersebut menjadi smart city, Kamis (23/12), setelah peluncuran perdana di Kupang, Oktober lalu.

Ada tiga kegiatan digulirkan, yakni digitalisasi UMKM, peluncuran GrabKitchen, dan serah terima sepeda motor listrik.

Lebih dari 1.500 pelaku UMKM di kota tersebut ditargetkan bisa terdigitalisasi (onboarding). Para pelaku UMKM yang bergabung pun diharapkan nantinya dapat menjangkau jutaan konsumen Grab dan Bukalapak di seluruh wilayah Indonesia, serta membuka peluang pendapatan baru dengan memiliki toko digital.

Pada kesempatan tersebut, Grab juga meluncurkan GrabKitchen di Pasar Gede, sebuah konsep cloud kitchen yang menyatukan UMKM kuliner dalam sebuah fasilitas terpusat untuk menjawab permintaan pasar yang belum terpenuhi.

Grab pun melakukan serah terima 400 unit sepeda motor listrik yang diperuntukkan bagi para mitra pengemudi GrabBike dan mitra pengantaran Grab di Solo. Serah terima dilakukan secara simbolis oleh  President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata kepada  Wali Kota Surakarta (Solo) Gibran Rakabuming Raka.

Ridzki Kramadibrata mengatakan, Grab bersama Emtek dan Bukalapak siap bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta untuk mengawal Solo menjadi smart city melalui program #KotaMasaDepan. Salah satu kegiatannya pelatihan agar pelaku UMKM bisa menjadi lebih kompetitif serta menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Semoga upaya kami membantu UMKM, khususnya yang berada di kota-kota kecil ini, dapat membantu pemerintah mencapai target digitalisasi 30 juta UMKM pada 2024 serta mempercepat upaya pemulihan ekonomi bangsa,” harap Ridzki.

Gibran Rakabuming pun memberikan apresiasinya atas kerja sama Grab, Emtek, dan Bukalapak, dalam menghadirkan program Kota Masa Depan di Kota Solo. Program tersebut ditegaskannya dapat membantu UMKM untuk naik kelas melalui fasilitas digitalisasi.

“Saya mengapresiasi inisiatif Grab, Emtek, dan Bukalapak, dalam menghadirkan program Kota Masa Depan. Ini momen yang baik di akhir tahun ini, di mana angka pencapaian vaksinasi sudah tinggi, angka Covid-19 sudah menurun drastis, dan hari ini, kita alhamdulillah bisa menjadi batu loncatan UMKM naik kelas,” ujar Gibran.

Dukungan Emtek dan Bukalapak

Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) Sutanto Hartono menuturkan, berkolaborasi dengan Grab dan Bukalapak, program tersebut diharapkan Emtek dapat memberikan peluang dan daya saing bagi UMKM lokal di era digitalisasi yang berkembang begitu cepat.

“Dengan tekad yang sama untuk membuat kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia menjadi lebih baik melalui teknologi, kami yakin kita bisa membangkitkan roda perekonomian lokal yang akan memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia,” imbuhnya.

Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk Rachmat Kaimuddin menyampaikan, kolaborasi Grab, Emtek, dan Bukalapak, melalui program #KotaMasaDepan merupakan sebuah contoh nyata dari bergabungnya pelaku ekosistem digital untuk meningkatkan UMKM di Indonesia.

“Kami berharap, program ini dapat menjadi langkah yang baik dalam mengakselerasi digitalisasi UMKM di Kota Solo dan juga kota-kota lainnya di Indonesia,” ucap Rachmat.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com